Review Huawei Watch Fit Elegant Edition

Desain Lebih Mewah, Fitur Kebugaran Tetap Lengkap

8.6

Huawei Indonesia baru saja meluncurkan jam tangan pintar terbarunya, Watch Fit Elegant Edition. Hadir sebagai varian dengan desain yang lebih mewah dibanding Watch Fit standar, Huawei Watch Fit Elegant Edition tetap dibekali konfigurasi hardware dan fitur kebugaran yang sama lengkapnya dengan saudara tuanya.

Dengan penawaran yang menurut saya cukup menarik di kisaran harga 1 jutaan rupiah, Huawei Watch Fit Elegant Edition bisa jadi merupakan smartwatch terjangkau yang Anda cari selama ini. Penasaran seperti apa keunggulannya? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Sesuai namanya: Elegan

Jika Huawei Watch Fit mengedepankan tampilan yang sporty, Watch Fit Elegant Edition sesuai namanya terlihat lebih elegan. Huawei menggunakan frame berbahan stainless steel dengan dua pilihan warna, yaitu Frosty White dengan strap putih serta frame beraksen emas, dan Midnight Black dengan strap hitam serta frame silver.

Dari tampilan eksteriornya, menurut saya Frosty White yang saya ulas di artikel kali ini akan terlihat lebih stylish jika dipakai oleh kaum Hawa. Walaupun sebenarnya sah-sah saja dikenakan oleh pria karena desainnya sendiri memang unisex. Dimensi bodinya lumayan memanjang, jadi akan cocok untuk Anda yang memiliki pergelangan agak besar, tapi bakal kurang ideal jika pergelangan tangan Anda mungil.

Satu hal lainnya yang membedakan Watch Fit Elegant dengan versi sebelumnya adalah keberadaan strap berbahan fluoroelastomer. Apa bedanya dengan silikon standar? Material ini lebih tahan panas, tidak lembab, tidak mudah menempel minyak, dan tidak mudah renggang. Fluoroelastomer juga diyakini lebih aman untuk kulit karena tidak akan menimbulkan reaksi alergi.

Jika dilihat dengan seksama strap ini tampak lebih premium dan sama sekali tidak ada kesan murahan. Sejauh pengujian yang saya lakukan, terbukti strap pada Huawei Watch Fit Elegant terasa begitu nyaman di pergelangan tangan. Ketika dipakai berolahraga dengan cuaca cerah pun sama sekali tidak gerah.

Huawei Watch Fit Elegant hanya memiliki satu tombol yang berfungsi untuk kembali ke Home atau untuk membuka menu. Selebihnya pengendalian hanya melalui layar sentuhnya, misalnya fungsi Back yang bisa dilakukan dengan cara menyapu layar dari kiri ke kanan.

Sementara pada bodi bagian bawah Anda akan menemukan sensor untuk mendeteksi detak jantung. Sensornya tampak agak menonjol tapi tidak mengganggu kenyamanan maupun estetika. Di bagian bawah pula Anda akan menemukan pin magnetic untuk charging dan akses untuk melepas strap. Perlu diketahui bahwa sambungan strap-nya tidak universal. Jadi kalau Anda ingin menggantinya, Anda wajib membeli yang memang ditujukan untuk Watch Fit.

Sedikit membahas soal pin magnetic-nya, menurut saya ketika terhubung dengan kabel charger magnet-nya kurang kuat sehingga charger agak mudah lepas atau bergeser secara tidak sengaja. Sekadar informasi tambahan, Huawei watch Fit punya sertifikasi tahan air 5ATM (hingga kedalaman 50 meter) sehingga aman diajak berenang.

Layar sentuh dengan panel AMOLED

Jam tangan ringan dengan bobot hanya 34 gram ini hadir dengan layar AMOLED berukuran 1.64 inci dan memiliki resolusi 280 x 456 pixel 326 ppi. Tingkat kecerahannya cukup baik dan konten bisa terlihat lumayan jelas meski saya berada di bawah sinar matahari yang terik. Anda juga bisa mengatur tingkat kecerahannya hingga 5 level atau otomatis.

Selain itu, layar Huawei Watch Fit Elegant juga tajam dengan sajian warna yang kaya. Konten yang ditampilkan tampak menawan. Oh iya, layar pada Watch Fit Elegant mengadopsi desain 2.5D curved, bukan 100 persen flat, dan menawarkan rasio screen-to-body 70 persen.

Lalu bagaimana dengan respon terhadap sentuhan? Sejauh pengujian saya cukup menyenangkan. Menggeser layar ke kiri dan kanan atau memanggil Quick Settings dengan cara menyapu dari atas ke bawah pun terasa mulus. Untuk melihat notifikasi, Anda bisa menyapu layar dari bawah ke atas.

Watch face? Melimpah! Anda bisa mengganti watch face sesuai selera dengan beragam pilihan yang sudah tersedia secara built-in, atau bisa juga mengunduh opsi lainnya melalui aplikasi Huawei Health. Anda pun dapat mengaktifkan Always-On Display meski pilihan tampilannya tidak terlalu banyak.

Fitur kesehatan cukup lengkap

Huawei Watch Fit Elegant dipersenjatai chipset Kirin A1 dan menjalankan sistem operasi Lite OS dari Huawei. Chipset tersebut mampu memberikan kinerja yang cukup responsif dan hemat daya. Lite OS pun terasa begitu ringan meski dari segi kelengkapan fitur maupun ekosistemnya tidak semegah Wear OS.

Anda akan menemukan sederet fitur kesehatan yang menurut saya cukup komplit di kelas harganya. Yang pertama ada heart rate monitoring dengan teknologi Huawei TruSeen 4.0 yang akan mendeteksi detak jantung Anda secara berkala selama 24 jam.

Yang paling saya suka dan tentunya amat dibutuhkan di masa pandemi seperti sekarang ini adalah Continuous SpO2 untuk memantau saturasi oksigen di dalam darah. Bersifat continuous yang artinya akan terus memantau SpO2 sepanjang hari, bukan hanya ketika Anda menekan tombol seperti pada kebanyakan smartwatch lainnya.

Kombinasi fitur pemantau detak jantung dan SpO2 bisa menjadi pertanda untuk Anda yang mengalami masalah kesehatan. Tingkat akurasinya memang belum bisa saya pastikan, meski huawei mengklaim fitur pemantau SpO2 di Watch Fit Series merupakan perpaduan dari optimalisasi hardware, optical technology, dan algoritma pintar. Tapi setidaknya, dengan fitur tersebut Anda bisa mendapatkan peringatan dini untuk selanjutnya berkonsultasi dengan dokter.

Tidak ketinggalan ada fitur Huawei TruSleep 2.0 untuk memantau pola tidur Anda, lengkap dengan berbagai saran agar Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, ada pula Huawei TruRelax untuk memantau tingkat stres selama beraktivitas, dan Breathing Exercise untuk melatih pernapasan untuk melepas stres. Khusus untuk kaum Hawa, Huawei menyediakan fitur pemantau siklus bulanan.

Fitur kebugaran dengan private trainer

Untuk yang gemar berolahraga, Huawei Watch Fit bisa jadi partner yang menarik. Ada 12 animasi panduan olahraga seperti Burn Fat Fast, Full-Body Streatch, Neck & Shoulder Relaxation, Exercise at Work, dan sebagainya. Karena ada animasinya, saya bisa langsung mengikuti gerakan dengan benar dan seolah-olah seperti ditemani oleh pelatih pribadi.

Bukan cuma itu, secara total ada 96 pilihan mode olahraga termasuk 11 olahraga populer dan profesional antara lain berlari, berenang, bersepeda, hingga yoga. Selama Anda melakukan olahraga tersebut, semua data-data terkait denyut jantung, kalori yang terbakar, jarak, dan durasi akan terekam di aplikasi Huawei Health.

Yang menarik, Huawei Watch Fit Elegant dibekali internal GPS untuk melacak ketika Anda berolahraga di outdoor. Itu artinya, Anda tidak perlu membawa smartphone saat jogging atau bersepeda. Ada juga fitur Auto-Detect Workouts yang kalau diaktifkan maka secara otomatis akan mendeteksi jenis olahraga yang sedang Anda lakukan.

Daya tahan baterai dan fitur lainnya

Sama seperti smartwatch pada umumnya, Huawei Watch Fit Elegant juga bisa menampilkan notifikasi yang masuk ketika terhubung dengan smartphone. Pesan WhatsApp bisa ditampilkan, tapi tidak ada notifikasi untuk panggilan telepon yang masuk melalui WhatsApp (hanya notifikasi missed call). Untuk panggilan telepon biasa akan muncul notifikasi di layar Watch Fit, namun sayangnya, hanya ada tombol untuk menolak panggilan dan tidak ada opsi untuk menjawab telepon.

Huawei Watch Fit Elegant juga bisa Anda gunakan untuk mengontrol musik. Syaratnya adalah harus terhubung ke smartphone dan tidak bisa menyimpan musik di dalam jam tangan. Cukup disayangkan padahal kapasitas storage-nya lumayan besar, 4 GB. Ya setidaknya Anda bisa menyimpan banyak pilihan watch face.

Dari informasi yang saya telusuri di website Huawei, ternyata Watch Fit Elegant menyediakan fungsi shutter camera untuk memudahkan Anda mengambil gambar tanpa harus memegang ponsel. Tapi setelah saya cari tahu lebih lanjut, fitur ini hanya kompatibel dengan smartphone Huawei berbasis EMUI 8.1 ke atas saja.

Baterai? Awet! 180 mAh bisa bertahan hingga 10-12 hari tergantung pemakaian. Waktu charging-nya pun tergolong cepat. Ketika baterai tersisa 10 persen, hanya butuh waktu kurang dari 1 jam untuk dapat terisi penuh.

Smartwatch stylish sebagai penunjang gaya hidup sehat

Menurut saya, Huawei Watch Fit Elegant Edition adalah smartwatch yang menggabungkan tampilan mewah, hardware mumpuni, dan fitur yang lengkap untuk mendukung gaya hidup sehat. Jam tangan ini bisa menjadi partner Anda ketika berolahraga sekaligus sebagai penunjang fashion saat beraktivitas sehari-hari dan menghadiri berbagai acara formal maupun santai.

Bagi yang berminat, Huawei Watch FIt Elegant Edition dijual dengan harga Rp1.699.000. Pre-order dibuka mulai 24 Maret hingga 2 April 2021 baik secara online melalui e-commerce ternama seperti Tokopedia, Lazada, Blibli.com, JD.ID, Shopee, dan Eraspace.com, maupu secara offline di Huawei High-End Experience Store.

Huawei Watch Fit Elegant Edition cocok untuk:

  • Penggemar Olahraga bisa memanfaatkan 96 mode yang ada pada Huawei Watch Fit Elegant untuk memantau data-data seperti denyut jantung, kalori yang terbakar, dan sebagainya. Karena sudah 5ATM, artinya jam tangan ini juga bisa digunakan untuk berenang.
  • Pekerja Profesional yang sibuk dan mobile di masa pandemi COVID-19 juga cocok menggunakan Huawei Watch Fit Elegant. Fitur Continous SpO2 sangat bermanfaat untuk memantau saturasi oksigen dan sebagai peringatan dini terhadap happy hypoxia.
  • Wanita yang ingin tampil stylish bisa memakai Watch Fit Elegant sebagai penunjang fashion-nya di berbagai acara baik formal maupun non-formal. Frame berbahan stainless steel dalam balutan warna gold akan terlihat menawan jika dipadu padankan dengan atasan yang pas.
  • Karyawan yang sedang WFH dapat mengandalkan jam tangan ini untuk tetap aktif bergerak. Ada 12 animasi latihan sehingga Anda bisa melakukan olahraga ringan di dalam rumah. Seperti punya private trainer sendiri.
  • Pelajar/mahasiswa yang membutuhkan jam tangan pintar untuk menemani aktivitas sehari-hari juga cocok memilih Huawei Watch Fit Elegant. Harganya yang terjangkau merupakan salah satu alasannya.

Kelebihan Huawei Watch Fit Elegant:

  • Desain bagus dan premium di kelasnya
  • Strap terasa sangat nyaman di tangan
  • Tingkat kecerahan layar AMOLED cukup baik, termasuk untuk penggunaan outdoor
  • Mendukung Always-On Display
  • Ada sensor detak jantung 24 jam dengan teknologi Huawei TruSeen 4.0
  • Ada fitur continous SpO2 monitoring untuk memantau saturasi oksigen sepanjang hari
  • Huawei TruSleep 2.0 untuk menganalisa pola tidur
  • Mode olahraga cukup lengkap, dan ada 12 animasi sebagai private trainer
  • 5ATM: tahan air hingga 50 meter
  • Baterai awet
  • Charging tergolong cepat
  • Harga cukup kompetitif

Kekurangan Huawei Watch Fit Elegant:

  • Dimensi bodi kurang ideal untuk pengguna dengan pergelangan tangan kecil
  • Tidak ada opsi untuk mengangkat panggilan telepon
  • Tidak ada opsi mengirim pesan singkat ketika menolak panggilan
  • Magnetic pin kurang oke sehingga charger mudah lepas
  • Akan lebih menarik jika menggunakan strap yang lebih universal, atau setidaknya, Huawei menyediakan beragam pilihan strap yang bisa dibeli terpisah
  • Fungsi shutter camera hanya untuk smartphone Huawei
  • Tidak ada opsi untuk menyimpan lagu di storage internal
Huawei Watch Fit Elegant Edition
Huawei Watch Fit Elegant Edition adalah smartwatch yang menggabungkan tampilan mewah, hardware mumpuni, dan fitur yang lengkap untuk mendukung gaya hidup sehat
8.6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Baterai
Harga
Final Score

Artikel lain