Review Huawei X Gentle Monster Eyewear II

Kacamata Hitam Canggih untuk Gaya dan Mendengarkan Musik

Di kategori wearable kacamata pintar memang belum sepopuler smartwatch dan earbud nirkabel. Kendati demikian, teknologi pada kacamata pintar tetap selalu mengulik rasa penasaran. Nah, kali ini kami kedatangan kacamata pintar Huawei X Gentle Monster Eyewear II. Apa saja fitur yang ditawarkan kacamata canggih ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Huawei X Gentle Monster Eyewear II

Huawei X Gentle Monster Eyewear II hadir dengan model sunglasses atau kacamata hitam. Gentle Monster sendiri bukanlah pemain baru di segmen eyewear. Pabrikan asal Korea Selatan ini sudah sangat populer di dunia fesyen dengan desain-desain kacamata hitam atau kacamata baca yang unik.

Secara keselurahan rancangan kacamata ini sangat solid dan terasa premium. Ukuran frame relatif cukup lebar, tapi masih ideal untuk beragam model wajah. Bobotnya juga cukup ringan meski di kedua lengannya tersemat sepasang modul speaker.

Rancangan kedua lengannya ini juga wajib diacungi jempol. Rata seperti kacamata hitam pada umumnya dan tidak terlalu tebal. Speaker yang dibawanya bisa tersembunyi dengan sangat rapih di lengannya ini tanpa terlihat satupun elemen speaker yang menonjol. Ini menjadikannya sangat nyaman sekali saat digunakan.

Bergeser ke bagian engsel, engselnya terbuat dari paduan material titanium. Seperti yang kita ketahui material titanium memang lebih kuat dari material logam biasa. Jadi, durabilitas engselnya bisa diandalkan untuk penggunaan jangka panjang. Untuk navigasi, di bagian lengan sebelah kiri Huawei menyematkan sensor yang mendukung perintah sapuan, tap dan cubit.

Satu nilai tambah Huawei X Gentle Monster Eyewear II juga telah dirancang tahan debu dan percikan air dengan peringkat IP54.

Fitur Huawei X Gentle Monster Eyewear II

Huawei X Gentle Monster Eyewear II memang bukan kacamata pintar dengan konsep AR atau Augmented Reality. Fitur paling utama dari kacamata ini adalah speaker yang dibawanya. Jadi, Anda bisa langsung mendengarkan musik atau menjawab panggilan telepon saat terhubung ke smartphone. Tidak perlu lagi menggunakan headset atau earbud nirkabel.

Selain itu, berkat mikrofon yang dibawanya kacamata ini bisa digunakan untuk berinteraski dengan asisten virutal. Mikrofonnya juga bisa untuk perekaman audio. Jadi, cukup ideal untuk mendukung kegiatan penciptaan konten.

Huawei X Gentle Monster Eyewear II bisa tersambung ke smartphone Android dan iOS. Untuk smartphone iOS Anda bisa mengunduh aplikasi Huawei Eyewear dari AppStore. Sementara, untuk Android bisa dikendalikan lewat aplikasi Huawei AI Life. Dengan konektivitas Bluetooh 5.2 kacamata ini bisa terhubung ke smartphone dengan singkat. Proses pairing tergolong sangat mudah. Sekalipun untuk pengguna awam.

Performa Huawei X Gentle Monster Eyewear II

Di review ini kami menghubungkan Huawei X Gentle Monster Eyewear II ke smartphone Huawei P40 Pro. Untuk mencoba kualitas audio speakernya kami memutar beberapa lagu dari Spotify.

Kualitas audio dari speakernya tergolong lumayan. Karakter suaranya cenderung flat. Suara yang dihasilkan cukup jernih walau terasa agak kurang bertenaga. Kurang cocok untuk para pengguna yang gemar mendengarkan lagu yang mengedepankan bass. Untuk mendengarkan musik saat bermobilitas sudah lebih dari cukup.

Di pengaturan volume maksimum kami cermati masih ada sedikit suara bocor. Cukup wajar memang untuk speaker dengan rancangan terbuka seperti ini. Jadi, untuk penggunaan di tempat umum pengaturan volume ideal ada di kisaran 30-50%. Saat kami coba untuk menjawab panggilan telepon, kualitas mikrofonnya juga cukup lumayan.

Untuk navigasinya juga sangat mudah. Di lengan sebelah kiri terdapat serangkaian sensor yang mendukung perintah tap, sapuan, dan cubit. Saat mencobanya sensor tersebut sangat respon dengan sentuhan jari jadi navigasinya menjadi terasa lebih mudah.

Lalu bagaimana dengan daya tahan baterainya? Sekali isi ulang baterai, baterainya bisa digunakan hingga 5 jam untuk mendengarkan musik. Cukup rata-rata seperti earbud nirkabel pada umumnya. Pengisian baterainya juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu menempatkan kacamata ini kembali ke kotak pelindungnya. Untuk mengisi daya Anda tetap perlu menghubungkan kotak pelindungnya dengan kabel USB-C.


Memang agak kurang praktis tapi bisa dimaklumi karena kotak pelindungnya belum dilengkapi dengan baterai. Berkat fitur fast charging pengisian baterainya juga bisa berlangsung lebih singkat.

Kesimpulan

Patut diakui dengan harga jual yang ada di kisaran 6 jutaan, Huawei X Gentle Monster Eyewear II memang tidak bisa dibilang murah. Kacamata pintar ini tergolong premium. Walau begitu, konsep yang ditawarkannya tetap cukup menarik. Selain kacamata hitam untuk gaya berkat speaker dan mikrofon yang dibawanya kacamata ini bisa diandalkan juga untuk mendengarkan musik, menjawab panggilan telepon hingga merekam audio.

Jika tidak keberatan dengan harga jual dan cocok dengan desainnya, Huawei X Gentle Monster Eyewear II kami rekomendasikan untuk Anda pecinta fesyen dan gadget yang ingin mencicipi teknologi kacamata pintar. Kacamata ini juga bisa jadi solusi untuk pengguna yang tidak ingin repot membawa kacamata hitam dan earbud nirkabel saat berpergian.

Huawei X Gentle Monster Eyewear II Cocok Untuk:

Sosialita dan sultan: Desain yang keren dan harga yang premium, kacamata ini cocok untuk pengguna berkocek tebal yang gemar fesyen dan teknologi.

Pengguna yang suka gadget canggih: Fitur yang ditawarkan Huawei X Gentle Monster Eyewear II memang wajib untuk dicoba siapa saja yang suka gadget dengan teknologi terbaru.

Para profesional atau Eksekutif muda yang mobilitasnya tinggi: Selain sebagai kacamata hitam untuk gaya, berkat speaker yang dibawanya kacamata pintar ini bisa jadi teman mobilitas yang praktis saat keluar meeting untuk mendengarkan musik hingga menjawab panggilan telepon.

Kelebihan Huawei X Gentle Monster Eyewear II

+ Desain keren
+ Mudah dan Nyaman digunakan
+ Bobot ringan
+ Rancangan solid, tahan debu dan air dengan rating IP54
+ Kualitas audio lumayan
+ Case pelindung tebal dan kokoh

Kekurangan Huawei X Gentle Monster Eyewear II

– Harga relatif mahal
– Kotak pelindung belum dilengkapi baterai
– Speaker agak kurang bertenaga
– Daya tahan baterai rata-rata

Jika tidak keberatan dengan harga jual dan cocok dengan desain kacamata ini, Huawei X Gentle Monster Eyewear II kami rekomendasikan untuk Anda pecinta fesyen dan gadget yang ingin mencicipi teknologi kacamata pintar.
8

Satu komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score

Artikel lain