AMD Umumkan Ryzen Mobile 5000 Pro untuk Laptop Bisnis

Menyasar segmen bisnis atau komersial AMD mengumumkan kehadiran prosesor AMD Ryzen Mobile 5000 Pro. Di versi Pro ini tersedia tiga pilihan prosesor yakni AMD Ryzen 7 Pro 5850U, Ryzen 5 Pro 5650U dan Ryzen 3 Pro 5450U.

Spesifikasi AMD Ryzen Mobile 5000 Pro

Ketiganya hadir dengan mengusung arsitektur Zen 3 dengan fabrikasi 7nm dan TDP 15W. Secara spesifikasi ketiga prosesor ini mirip dengan versi consumer yang lebih dulu diluncurkan yaitu Ryzen 7 5800U, Ryzen 5 5600U dan Ryzen 3 5400U.

Mengadopsi arsitektur Zen 3 prosesor ini menawarkan peningkatan perform. Secara keseluruhan performanya 15% lebih kencang jika dibandingkan Ryzen 4000 Pro sebelumnya dengan arsitektur Zen 2. Dengan GPU terintegrasi Vega 8 sektor kinerja grafisnya pun akan lebih baik. Konsumsi daya juga lebih hemat. Jadi, laptop kelas bisnis kedepannya akan menawarkan performa bertenaga dan waktu guna yang lebih lama. Semakin ideal untuk para pengguna yang mobilitasnya tinggi.

Fitur AMD Ryzen Mobile 5000 Pro

Sebagai prosesor untuk laptop bisnis Ryzen Mobile 5000 Pro mengedepankan teknologi AMD Pro yang terdiri dari 3 fitur utama yaitu, keamanan, manajemen yang mudah, dan skalabilitas di ekosistem bisnis. Untuk fitur keamanan AMD kini memperkenalkan teknologi Shadow Stack. Sistem keamanan tingkat hardware ini hadir untuk mencegah serangan malware. Sistem keamanan ini merupakan bagian dari program Secured Core PC yang merupakan hasil kerjasama Microsoft bersama dengan Intel, AMD dan Quacomm di akhir tahun 2019 lalu. Shadow Stack juga telah sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh United States National Institute of Standards and Technology (NIST) dan Federal Information Processing Standards (FIPS).

Ketersediaan AMD Ryzen Mobile 5000 Pro

Menurut Klaim AMD, Ryzen Mobile 5000 Pro tahun ini akan hadir di 63 model laptop. Pabrikan Lenovo dan HP akan menjadi yang pertama mengadopsi teknologi Ryzen Mobile 5000 Pro pada laptop bisnis mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain