[Tips] 5 Cara Memindahkan Kontak Antar Ponsel Android

Ada banyak cara untuk memindahkan kontak yang tersimpan pada ponsel Android ke ponsel lainnya yang juga berbasis Android. Ada yang membutuhkan koneksi internet, ada pula yang tidak. Tinggal Anda pilih mana yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan.

Nah, kalau Anda baru saja membeli ponsel Android dan ingin memindahkan kontak dari ponsel yang lama, berikut 5 cara yang bisa Anda pilih:

1. Sinkronisasi akun Google

svg%3E

Ini cara yang paling umum dan paling praktis, tapi membutuhkan koneksi internet. Yang harus Anda pastikan adalah semua kontak sudah tersimpan di akun Google Anda. Jika ada kontak dari SIM-card, Anda bisa melakukan import terlebih dahulu ke akun Google. Setelah itu, masuk ke akun Google di Settings lalu pilih Sync.

Pada smartphone yang baru, login ke akun Google Anda lalu lakukan kembali sinkronisasi. Kalau bingung, berikut cara menemukan fitur Sync: Settings > Accounts > Your Google Account > Account sync.

2. Pindahkan kontak dengan file VCF

Cara lama ini masih sangat efektif untuk digunakan, khususnya ketika Anda sedang tidak terhubung dengan internet. Semua kontak yang ada di ponsel Anda harus lebih dulu diubah menjadi file dengan format VCF. Caranya: masuk ke aplikasi Kontak > Settings > Export > pilih sumbernya (contoh: akun Google) > lalu pilih salin kontak ke Internal Storage.

Anda akan menemukan file VCF tersebut di dalam file explorer ponsel lama Anda. Pindahkan file itu ke ponsel yang baru, misalnya lewat PC. Setelah itu, buka file tersebut dan simpan.

3. Lewat SIM-card

Berapa banyak dari Anda yang masih sering menyimpan kontak di SIM-card? Kalau Anda hanya memiliki kontak dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, cara ini sebenarnya paling praktis karena Anda hanya perlu memindahkan SIM-card ke ponsel yang baru.

svg%3E

Namun kalau Anda belum pernah menyimpan kontak di SIM-card, Anda wajib menyalinnya terlebih dahulu dengan cara: masuk ke aplikasi Contact > pilih Import > pilih sumber kontaknya (contoh: akun Google) > lalu import ke SIM-card yang diinginkan.

svg%3E

4. Menggunakan koneksi Bluetooth

Cara keempat yaitu memanfaatkan koneksi Bluetooth. Tentunya langkah awalnya adalah Anda harus menghidupkan Bluetooth di ponsel yang lama dan yang baru. Setelah itu, buka aplikasi Kontak > tekan dan tahan beberapa detik > pilih Select All > klik tiga titik vertikal di pojok atas > pilih Share > Bluetooth > pilih perangkat yang dituju.

5. Nearby Share

Cara praktis lainnya adalah menggunakan fitur bernama Nearby Share. Perlu diketahui bahwa fitur ini hanya tersedia untuk Android versi 6.0 ke atas. Langkah pertama Anda harus memastikan fitur Nearby Share sudah aktif. Caranya: masuk ke Settings > pilih Google > Device connections > aktifkan Nearby Share.

svg%3E

Selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah seperti pada poin nomor 4. Bedanya, yang Anda pilih adalah Nearby Share, bukan Bluetooth, lalu cari ponsel yang dituju.

Bagaimana? Mudah semua, ‘kan? Semoga artikel kali ini bermanfaat!