Quantcast
Mobile GadgetNewsOperatorSmartphoneTelkomsel

Samsung dan Telkomsel Ungkap Mitos dan Fakta Seputar 5G

Jaringan 5G saat ini memang belum tersedia secara komersial di Indonesia. Meski begitu, belakangan masyarakat sudah mulai disuguhkan dengan sederet ponsel yang mendukung teknologi baru tersebut, contohnya Samsung Galaxy S21 Series 5G.

Dalam acara workshop bertajuk “Samsung Galaxy S21 Series 5G Tech Series: 5G Myth-busting” yang digelar secara online Selasa (9/3), Samsung bersama Telkomsel membahas tuntas mitos dan fakta seputar teknologi 5G, termasuk apa kegunaannya bagi konsumen di Indonesia. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja simak.

Manfaat Langsung 5G untuk Konsumen

Samsung Galaxy S21 Series 5G Tech Series 5G Myth busting e1615286845358

Bandwidth 5G yang lebih besar daripada 4G memungkinkan pengguna 5G untuk men-streaming data berukuran besar dengan cepat. Selain memiliki download dan upload speed yang jauh lebih cepat, pengguna juga dapat melakukan streaming content video dengan resolusi tinggi tanpa perlu buffering.

Selain dengan streaming konten-konten video, dengan Bandwidth yang lebih tinggi, 5G juga memungkinkan pengguna untuk melakukan video call dengan resolusi yang lebih baik dan lancar, memungkinkan pengguna untuk melakukan kolaborasi musik atau konser melalui zoom menggunakan
jaringan mobile.

5G Lebih dari Sekedar Peningkatan Bandwidth

5G juga menghadirkan low-latency connectivity yang semakin memperkecil jangka waktu yang diperlukan untuk koneksi perangkat satu ke perangkat lainnya. Dengan teknologi low-latency yang dapat dihadirkan secara massive, hal ini memungkinkan pengguna jaringan 5G untuk mengakses konten-konten dengan tingkat respon yang sangat cepat.

Bagi pelaku industry, ini berarti kemampuan untuk melakukan operasi mesin jarak jauh. Bagi konsumen, hal yang paling dekat dengan kita adalah implementasi 5G terhadap gaming, khususnya game online. Tidak berhenti disana, 5G juga memungkinkan adanya new frontier dalam dunia gaming, yaitu cloud gaming.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G color

Konektivitas untuk Masa Depan

Teknologi 5G implikasinya adalah masa depan. Terbuka peluang bagi para developer untuk benar-benar mengadopsi kekuatan dari 5G secara penuh sehingga dapat dinikmati oleh para konsumen dengan lebih baik lagi. Namun salah satu use-case 5G yang dapat dilihat saat ini adalah bagaimana 5G dapat berkontribusi kepada Internet of Things (IoT).

“Sebagai teknologi jaringan seluler generasi terbaru, 5G membawa beberapa pengembangan dan inovasi dari generasi sebelumnya, seperti enhanced mobile broadband, ultra-reliable and low latency communications, serta massive machine type communication,” kata Harry Utama, Manager Network Master Plan Telkomsel.

Samsung Galaxy S21 Series 5G

Sekadar informasi, Galaxy S21 Series 5G merupakan seri smartphone pertama Samsung di Indonesia yang telah mendapat dukungan 5G. Samsung menetapkan harga resmi Galaxy S21 5G mulai Rp12.999.000, Galaxy S21+ 5G mulai Rp15.999.000, dan Galaxy S21 Ultra 5G mulai Rp18.999.000.

Mulai tanggal 8 Maret hingga 8 April 2021, untuk pembelian Galaxy S21 Series 5G di toko offline dan Blibli, Samsung menawarkan promo menarik berupa E-voucher Blibli senilai Rp2.000.000. Sementara pembelian melalui Samsung.com dan E-commerce akan mendapatkan Air Purifier AX34 seharga Rp2.099.000.

Artikel terkait

Back to top button