Quantcast
TipsAndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)

[Tips] Cara Mudah Transfer Foto dari iCloud ke Google Photos

Apple baru-baru ini meluncurkan layanan yang akan memudahkan pengguna untuk memindahkan koleksi foto-foto dari iCloud Photos ke Google Photos. Lewat fitur anyar tersebut, pengguna pun tidak perlu repot mengunduh secara manual dari iCloud sebelum bisa menyimpannya ke Google.

PetaPixel iCloud to Google Photos
sumber: PetaPixel

Caranya pun tergolong amat praktis. Penasaran ingin mencoba? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka website privacy.apple.com
  2. Login ke akun iCloud
  3. Setelah berhasil logi, Anda bisa langsung menuju “Transfer a copy of your data“.
  4. Tandai kotak yang ada di samping Photos atau Videos. Anda juga bisa memilih keduanya sekaligus.
  5. Untuk memulai proses, Anda juga harus login ke akun Google.
  6. Sekadar informasi, foto yang nantinya disimpan di Google Photos merupakan salinan dari yang ada di iCloud. Itu artinya, Anda masih tetap memiliki koleksi foto-foto tersebut di iCloud.

Bagaimana? Mudah, ‘kan?

Sebelum memulai menggunakan fitur baru ini, pastikan Apple ID Anda sudah memakai two-factor authentication. Jangan lupa juga untuk memastikan akun Google Photos Anda masih memiliki kapasitas yang mencukupi.

Apple menjelaskan bahwa Google Photos membatasi jumlah foto per album hingga 20.000 foto. Jadi jika dalam satu album di iCloud Photos ada lebih dari 20.000 foto, sisanya tetap akan ditransfer ke Google tetapi tidak dimasukkan ke dalam album yang sama. Untuk memudahkan, atur dulu album di iCloud agar dapat ditransfer dengan lebih rapi.

Artikel terkait

Back to top button