Kelebihan dan Kekurangan Lenovo YOGA Slim 7i Carbon

Sebagai varian Lenovo YOGA yang paling tipis dan ringan, YOGA Slim 7i Carbon memang sangat mencuri perhatian. Apalagi, bagi para pengguna yang mobilitasnya tinggi. Nah, sebelum Anda memutuskan membelinya berikut kelebihan dan kekurangan Lenovo YOGA Slim 7i Carbon yang wajib diketahui.

Kelebihan Lenovo YOGA Slim 7i Carbon

1. Sangat ringkas dan ringan

Lenovo YOGA Slim 7i Carbon memiliki bobot hanya 966 gram saja. Dengan layar 13.3 inci dimensinya juga sangat ringkas. Jadi, sangat ideal untuk para pengguna yang mobilitasnya tinggi. Selain ringkas dan ringan laptop ini juga tangguh. Rancangan bodinya telah berhasil memenuhi standar militer MIL-STD-810G.

2. Layar QHD yang tajam dan mendukung 100% sRGB

Panel layarnya yang berukuran 13.3 inci memiliki resolusi 2560 x 1600 pixel. Panel layarnya ini sangat memanjakan mata. Akurasi warnanya telah mendukung standar cakupan warna 100% sRGB dengan tingkat kecerahan hingga 300 nits. Jadi, tidak pantang di kondisi yang sangat terang. Dengan rasio aspek 16:10 area layarnya memang terlihat lebih luas jika dibandingkan laptop lain dengan ukuran layar yang sama. Panel layarnya juga telah mendapat sertifikasi TUV Rheinland yang artinya sangat aman untuk mata.

3. Performa kencang dan Ruang penyimpanan besar
Lenovo YOGA Slim 7i Carbon tersedia dengan opsi prosesor Intel Core i5 dan Intel Core i7. Untuk opsi dengan prosesor Intel Core i7-1165G7 hadir dengan RAM 16GB dan ruang penyimpanan dengan SSD M.2 2280 PCIe 3.0x 4 NVMe yang kapasitasnya sangat lapang yakni 1TB. Spesifikasinya ini sangat memadai untuk beragam kebutuhan. Bahkan, dengan dukungan gpu terintegrasi Intel Iris Xe, YOGA Slim 7i Carbon juga bisa diandalkan untuk kebutuhan konten kreasi seperti penyuntingan foto dan video.

4. Baterai sangat tahan lama

Untuk daya tahan baterainya juga sangat memuaskan. Perlu diketahui salah satu standar Intel EVO adalah daya tahan baterai yang wajib di atas 9 jam. Untuk penggunaan mengetik dokumen, browsing dan sesekali menonton konten di Youtube dari pengujian kami baterainya bisa bertahan hingga nyaris 10 jam. Pengaturan yang digunakan yaitu menggunakan mode FN+Q Battery Saving, mengaktfikan fitur battery saver di Windows Power Mode, tingkat gelap terang layar 30% dan menonaktifkan fitur location, Bluetooth, serta keyboard backlit.

5. Dilengkapi Thunderbolt 4

Memenuhi standar Intel EVO, YOGA Slim 7i Carbon membawa port USB-C Thunderbolt 4 yang menawarkan kecepatan transfer data sangat cepat. Port tersebut juga mendukung DisplayPort untuk terhubung ke monitor tambahan serta Power Delivery untuk isi ulang baterai mengandalkan USB-C.

6. Keyboard nyaman digunakan

Lenovo YOGA Slim 7i Carbon membawa keyboard yang tergolong ergonomis. Meski bodinya ringkas ukuran setiap tombolnya cukup besar dan sangat pas. Setiap tombolnya juga tidak terlalu rata dengan bodi. Dengan key travel sekitar 1mm keyboardnya ini terbukti nyaman digunakan untuk mengetik dalam waktu lama. Untuk menemani Anda bekerja di kondisi temaram, keyboardnya juga sudah dilengkapi dengan lampu backlit yang berwarna putih.

Kekurangan Lenovo YOGA Slim 7i Carbon

1. Tidak dilengkapi slot kartu memoriSD

Hadir dengan rancangan bodi yang sangat tipis tentunya ada kompromi pada sektor konektivitasnya. Di laptop ini Anda tidak akan menemukan slot kartu memoriSD.

2. Hanya ada satu opsi warna
Lenovo YOGA Slim 7i Carbon memang terlihat premium dengan seluruh bodi yang dilapisi warna Moon White. Tapi, cukup disayangkan memang hanya ada satu varian warna saja yang tersedia. Andai ada opsi warna lain YOGA Slim 7i Carbon akan semakin menarik di kelasnya.

3. Warna bodi rawan kotor

Dengan bodi yang berlapis warna putih tidak bisa dimungkiri bodinya memang rawan kotor. Jadi, wajib diperhatikan kebersihannya agar tampilannya selalu cantik.

4. Konektivitas terbatas
Imbas dari rancangan bodinya yang tipis di laptop ini hanya bisa ditemukan dua port USB-C Thunderbolt 4 dan USB-C 3.0 Gen 1. Tapi, untunglah di paket penjualannya Lenovo masih menyediakan aksesoris konverter USB-C 3-in-1 hub yang membawa port USB-A port, HDMI, dan VGA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain