5 Teknologi Canggih yang ada di Hyundai Ioniq 5

Menyambut era mobil elektrik Hyundai baru-baru ini mengumumkan kehadiran Ioniq 5. Tampilannya sangat keren, terlihat paling futuristik jika dibandingkan mobil elektrik Hyundai yang lain. Tidak hanya itu saja, mobil elektrik dengan gaya crossover SUV ini juga membawa sederetan fitur yang lebih canggih. Berikut 5 teknologi canggih yang bisa ditemukan di Hyundai Ioniq 5.

1. Baterai tahan lama, jarak tempuh lebih jauh


Hyundai Ioniq 5 dibangun dari arsitektur Hyundai BEV (battery electric vehicles) yang bernama Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Ada dua opsi kapasitas baterai yang tersedia yakni 58kWh dan 72.6kWh. Untuk sekali isi ulang dengan baterai 58kWh mobil ini bisa menempuh jarak sekitar 200 Km. Sementara, baterai 72.6 kWh jarak tempuhnya hingga 498 Km.

2. Baterai dengan fitur isi ulang super cepat


Kabar baiknya, baterainya ini didukung dengan fitur isi ulang yang diklaim sangat cepat. Kedua baterainya mendukung teknologi pengisian baterai 800V. Teknologi 800V ini sebelumnya hanya bisa ditemukan di mobil elektrik kelas premium seperti misalnya Porsche Taycan.

Teknologi ini memungkinkan pengisian baterai bisa berlangsung dari 10% hingga 80% dalam waktu 18 menit saja menggunakan charger atau pengisi daya listrik berkekuatan 350kW. Sementara, jika menggunakan pengisi daya 50kW baterainya bisa terisi dari 10% hingga 80% dalam waktu satu jam.

3. Mendukung Reverse Charging


Dengan teknologi Reverse Charging memungkinkan Ioniq 5 sebagai power bank berjalan. Ini artinya, baterai yang dibawanya bisa digunakan untuk isi ulang perangkat lain. Seperti misalnya untuk isi ulang baterai laptop, smartphone, hingga kendaraan listrik lain seperti sepeda listrik atau skuter listrik. Untuk isi ulang kendaraan listrik lain minimum baterai Ioniq 5 harus tersisa di atas 15%. Jadi, bisa diandalkan di saat darurat.

4. Atap dengan panel surya


Eksterior Hyundai Ioniq 5 paling menarik ada di bagian atapnya. Mobil elektrik ini membawa atap panoramik dengan panel Surya. Panel suryanya ini bisa menyuplai daya 210Wh ke baterainya setiap jam. Dengan begitu baterainya bisa terus terisi ulang dengan bantuan cahaya matahari saat dikendarai.

5. Kabin lega dengan interior canggih


Ciri khas Electric-Global Modular Platform (E-GMP) dari Hyundai adalah wheelbase yang panjang. Ini memungkinkan ruang kabin di dalam mobil akan lebih lega. Interiornya juga mendapat sentuhan teknologi canggih yang bisa terlihat pada area kokpit.

Di area kokpit, Ioniq 5 membawa dua panel layar 12.25 inci lengkap dengan HUD (Heads-up display). HUD yang akan tampil di kaca depannya ini akan menampilkan informasi kecepatan dan navigasi. Ioniq 5 juga dilengkapi dengan layanan Hyundai Bluelink Connected Car Services. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengatur fitur climate control pada AC lewat smartphone, mendapatkan informasi stasiun pengisian daya terdekat, dan opsi menggunakan kendali suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain