Qualcomm Snapdragon XR1 AR Smart Viewer: Model Referensi Kacamata Pintar Qualcomm dengan Teknologi AR

Kacamata pintar yang didukung teknologi Augmented Reality (AR) memang belum berkembang secara masif sejak pertama kali diumumkan. Namun, di tahun 2022 dan 2023 teknologi ini diramalkan akan mulai naik daun.

Beberapa pabrikan seperti Apple kabarnya akan meluncurkan kacamata pintar perdananya di tahun 2022. Sementara, Facebook telah siap meluncurkan kacamata pintar perdananya di tahun ini dengan menggandeng Rayban.

Menyambut tren kacamata pintar kedepannya, Qualcomm baru-baru ini resmi mengumumkan Qualcomm Snapdragon XR1 AR Smart Viewer. Ini adalah model referensi kacamata pintar Qualcomm yang mengusung teknologi AR XR1 yang dikembangkan oleh Qualcomm.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon XR1 AR Smart Viewer

sebagai kacamata pintar Qualcomm Snapdragon XR1 AR Smart Viewer ditenagai chipset Snapdragon XR1. Chipset yang khusus dirancang untuk kacamata AR dan VR (Virtual Reality) ini memungkinkan kacamata pintar untuk hadir dengan rancangan bodi lebih ringan.

Qualcomm Snapdragon XR1 AR Smart Viewer membawa sepasang layar OLED yang resolusinya 1920 x 1080 pixel dengan refresh rate 90Hz. Cakupan pandang layarnya hanya sekitar 45 derjat. Memang relatif sempit, tapi masih setara dengan kacamata pintar AR HoloLens dari Microsoft.

Selain itu, di kacamata pintar ini juga bisa ditemukan satu modul kamera utama yang resolusinya 8 megapixel dengan fitur penstabil dan dua kamera monokrom. Kamera monokrom yang dibawanya ini bisa berguna untuk melacak kepala dan tangan pengguna. Dengan demikian, pengguna dimungkinkan untuk menampilkan visual ke tembok atau berinteraksi dengan obyek virtual mengandalkan kendali gestur.

Satu hal yang menarik, kacamata ini juga bisa tersambung ke PC atau smartphone lewat port USB Type-C.

Ketersediaan Qualcomm Snapdragon XR1 AR Smart Viewer

Perlu diingat sebagai model referensi spesifikasi Qualcomm Snapdragon XR1 AR Smart Viewer masih bisa dikembangkan. Model referensi biasanya digunakan oleh pengembang untuk memamerkan kemampuan dari perangkat. Meski sudah diumumkan hingga saat ini belum membocorkan lebih lanjut pabrikan mana yang akan siap mengadopsi platform Qualcomm Snapdragon XR1 AR Smart Viewer ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain