Review ASUS ZenBook Flip 13 (UX363)

Laptop Konvertibel Kencang dengan Layar OLED dan Baterai Sangat Tahan Lama

9.3

Secara perlahan tapi pasti laptop dengan standar Intel EVO mulai bermunculan di pasaran Indonesia. Setiap pabrikan pun terlihat sudah mepersiapkan jagoannya masing-masing. Dari ASUS ada ZenBook Flip 13 (UX363). Laptop ini datang dengan mengadopsi model konvertibel dalam kemasan desain yang sangat ringkas dan premium. Penasaran bagaimana kebolehan laptop ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain ASUS ZenBook Flip 13 (UX363)

Masuk di keluarga ZenBook yang premium tampilan ZenBook Flip 13 terlihat sangat elegan. Laptop ini tetap mempertahankan desain cover spun metal finsih yang telah menjadi ciri khas ZenBook.

Dimensinya pun sangat ringkas. Ketebalannya hanya sekitar 11.9mm. Sementara, bobotnya sekitar 1,3 Kg. Bukan yang paling tipis dan ringan, tapi tetap sangat ringkas dan hemat tempat di dalam tas saat diajak berpergian. Anda pun juga tidak perlu khawatir saat mengajaknya berpergian. Pasalnya, bodinya juga sudah dirancang tangguh dengan standar militer.

Di ASUS ZenBook Flip 13 kami juga menemukan sederetan port konektivitas yang cukup komplit di kelasnya. Selain dua port USB Type-C dengan dukungan koneksi Thunderbolt 4, ZenBook Flip 13 (UX363) juga dilengkapi dengan USB Type-A 3.2 dan HDMI. Cukup jarang kami temukan kedua port tersebut di laptop konvertibel dengan rancangan bodi yang tipis dan ringan.

Tapi, kami tidak menemukan port jack audio 3.5mm di bodinya. Bagi sebagian pengguna yang belum beralih ke earbud nirkabel mungkin ini akan menjadi masalah. Tapi, untunglah ASUS masih menyertakan adapter USB-C ke jack audio 3.5 mm dalam paket penjualannya.

Layar ASUS ZenBook Flip 13 (UX363)

Di sektor layar ZenBook Flip 13 (UX363) kembali membuat kami kagum. Mengadopsi layar NanoEdge panel layar sentuh fleksibel 13.3 inci yang dibawanya mengusung teknologi OLED dengan resolusi Full HD. Respon layarnya dengan sentuhan jari sangat baik. Panel layarnya ini juga telah mendukung standar cakupan warna DCI-P3% dan mendapat sertifikasi dari PANTONE. Jadi, warnanya dipastikan sangat akurat.

Tidak bisa dimungkiri layarnya ini memang sangat menawan dan di atas rata-rata laptop lain sekelasnya. Selain warna yang sangat akurat, kami juga bisa menikmati keunggulan panel layar OLED yang lain yakni reproduksi warna hitam yang sangat pekat.

Ini menjadikannya sangat ideal untuk para konten kreator atau para profesional di bidang kreatif. Selain itu, dengan dukungan HDR yang tersertifikasi dari VESA, layarnya juga mampu menyajikan konten HDR dengan sangat detil.

Satu nilai tambah, panel layarnya telah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland yang artinya layarnya sangat aman untuk kesehatan mata dalam jangka panjang.

Mengadopsi gaya konvertibel, engsel layarnya juga sangat kokoh. Nyaris kami tidak menemukan masalah saat berpindah mode penggunaan. Termasuk, saat beralih ke mode tablet yang menjadikan layarnya seperti sebuah kanvas digital.

Pena Stylus ASUS ZenBook Flip 13 (UX363)

Layar sentuhnya ini turut diakomodir dengan pena stylus. Pena stylus tersebut mendukung tingkat sensitivitas 4096 tekanan. Dari pengujian kami pena stylusnya ini sangat responsif. Saat digunakan untuk menggambar penanya cukup presisi sehigga memberikan pengalaman penggunaan yang natural.

ASUS juga sangat cermat merancang pena stylusnya ini. Dilengkapi dengan sistem magnetik, pena stylus ZenBook Flip 13 (UX363) bisa menempel di tepian atas bodinya. Sistem magnetiknya juga cukup kuat dan tidak mudah terlepas.

Memang absennya slot atau media khusus untuk penyimpanan pena stylus bawaanya agak merepotkan. Tapi, dengan solusi yang cerdas ini setidaknya pena stylus tersebut tetap bisa dibawa kemanapun tanpa perlu khawatir hilang.

Keyboard dan Trackpad ASUS ZenBook Flip 13 (UX363)

Di ZenBook Flip 13 (UX363) ASUS menghadirkan keyboard dengan fitur Edge-to Edge. Desain keyboard terbaru ini lebih lebar dengan ukuran tombol lebih besar. Setiap tombolnya pun tidak terlalu rata dengan bodi dan empuk saat ditekan.

Didukung dengan rancangan 360 Ergolift Hinge pengalaman mengetik di ZenBook Flip 13 (UX363) memang sangat nyaman. Sekalipun mengetik dengan cepat tidak akan membuat tangan terasa cepat pegal. Tidak ketinggalan di keyboardnya juga telah dilengkapi dengan lampu backlit.

Keyboardnya ini ditemani dengan touchpad yang ukurannya lebar. Responnya dengan sentuhan jari amat baik. Klik kiri dan kanan juga tidak berisik dan empuk. ZenBook Flip 13 (UX363) juga hadir dengan touchpad yang telah dilengkapi dengan fitur NumberPad 2.0. Fitur tersebut memungkinkan pengguna ZenBook Flip 13 (UX363) mengubah fungsi touchpad menjadi numpad melalui satu sentuhan saja.

Fitur ASUS ZenBook Flip 13 (UX363)

Selain pena stylus di ASUS ZenBook Flip 13 kami juga menemukan sederetan fitur lain. Ada dua fitur yang sangat optimal untuk WFH yang tengah menjadi gaya hidup baru para pekerja.

Fitur pertama adalah fitur IR Camera Tuning. Berkat fitur ini kamera inframerah yang dibawanya bisa memungkinkan kamera pada ZenBook Flip 13 (UX363) untuk dapat menampilkan gambar lebih baik.

Berkat kamera Infra merah tersebut ZenBook Flip 13 (UX363) juga mendukung login tanpa sentuhan dengan dukungan Windows Hello. Kemampuan kamera infra merahnya ini juga amat presisi memindai wajah sekalipun di tempat yang minim cahaya.

ASUS juga menghadirkan fitur untuk menonaktifkan kamera saat tidak digunakan. Penting untuk menjaga privasi. Untuk menonaktifkan kameranya bisa dengan menekan tombol F10 pada keyboard.

Fitur kedua ZenBook Flip 13 (UX363) membawa mikrofon dengan teknologi AI Noise Cancelling. Berkat fitur ini mikrofon yang dibawanya mampu meredam suara bising di latar belakang dan memperjelas suara Anda yang sedang berada di depan laptop. Sangat optimal saat melakukan konferensi video.

Sektor audioanya juga amat memuaskan. ASUS ZenBook Flip 13 (UX363) membawa speaker harman/kardon. Kualitas suara dari speakernya ini amat baik. Sangat jernih dan bertenaga. Untuk mendongkrak output suaranya ASUS turut menambahakn fitur DTS Audio yang menyediakan ragam preset dan pengaturan EQ secara manual.

Performa ASUS ZenBook Flip 13 (UX363)

Mendapatkan standarisasi Intel EVO, ASUS ZenBook Flip 13 (UX363) jelas membawa keunggulan prosesor Intel Core Generasi Ke-11 dan GPU Intel Iris Xe.

Untuk model yang kami review berikut menggunakan prosesor Intel Core i7-165G7, RAM 16GB dan ruang penyimpanan SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 yang kapasitasnya 1TB. Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut.

Dengan spesifikasinya tersebut ASUS ZenBook Flip 13 (UX363) mampu menawarkan performa yang sangat bertenaga untuk beragam kebutuhan. Untuk produktivitas sehari-hari menjalankan aplikasi office hingga browsing tidak perlu lagi diragukan. Kinerjanya terasa amat responsif. Digunakan untuk menyunting foto dan video hingga resolusi 4K pun sangat mumpuni.

Sebagai sebuah laptop konvertibel, ZenBook Flip 13 (UX363) juga memiliki manajemen thermal yang cukup baik. Dengan sistem pendingin khusus yang dibawanya, suhu operasionalnya bisa terjaga relatif rendah di skenario penggunaan standar. Kipas pendinginnya juga sangat senyap. Jadi, nyaman digunakan di berbagai mode penggunaan. Untuk penggunaan dengan beban komputasi yang agak berat suhunya relatif agak cepat panas dan menimbulkan sensasi hangat di bagian bawah bodi dan atas permukaan keyboard.

Baterai ASUS ZenBook Flip 13 (UX363)

Ketahanan baterai ASUS ZenBook Flip 13 (UX363) juga amat memuaskan. Tentunya untuk daya tahan baterai kembali ke pengaturan dan kebutuhan komputasi masing-masing pengguna.

Untuk pengujian daya tahan baterainya kami mengaktifkan mode Battery Saver di Windows power setting, menonaktifkan fitur location, bluetooth, keyboard backlit dan tingkat kecerahan layar 20%. Dengan skenario penggunaan untuk WFH menjalankan aplikasi office, browsing, sesekali menonton Youtube dan terhubung ke WiFi baterainya bisa bertahan nyaris 13 jam. Ini artinya, baterainya bisa menemani Anda bekerja seharian. Bahkan, bisa hingga dua hari tanpa perlu diisi ulang dayanya.

Kesimpulan

Laptop gaming dan laptop di kategori tipis dan ringan memang tengah menjadi primadona. Tapi, laptop konvertibel masih belum sepi peminat. ASUS ZenBook Flip 13 (UX363) muncul di waktu yang sangat tepat. Di saat para pabrikan berlomba-lomba menghadirkan laptop dengan platform Intel Evo dalam kemasan bodi yang tipis dan ringan, ZenBook Flip 13 (UX363) muncul dengan desain konvertibel yang sangat ringkas dan premium. Laptop ini juga dibekali dengan panel layar yang jempolan dan performa sangat bertenaga. Daya tahan baterainya juga sangat tahan lama.

Paling menarik adalah harga jualnya. ASUS ZenBook Flip 13 (UX363) dengan varian Intel Core i7 dijual dengan harga Rp22.999.000. Relatif murah dengan semua fitur yang dibawanya. Ini menjadikannya salah satu laptop kekinian yang sangat ideal dan wajib dilirik untuk kebutuhan konten kreasi dan produktivitas bagi para pengguna yang mobilitasnya tinggi.

ASUS ZenBook Flip 13 cocok untuk: konten kreator, pekerja kreatif, fotografer, eksekutif muda, mahasiswa
ASUS ZenBook Flip 13 kurang cocok untuk: gamer, pelajar, pebisnis yang membutuhkan laptop dengan fitur-fitur bisnis

Kelebihan ASUS ZenBook Flip 13 (UX363):
+ Dimensi ringkas dan ringan
+ Rancangan bodi tangguh
+ Desain konvertibel
+ Konektivitas lengkap
+ Performa kencang
+ Harga kompetitif
+ Panel layar amat baik
+ Baterai tahan lama
+ Thunderbolt 4
+ Audio jernih dan bertenaga
+ Pena stylus magnetik

Kekurangan ASUS ZenBook Flip 13 (UX363)
– Tidak dilengkapi slot kartu memori
– Tidak ada jack audio 3.5mm
– Tidak ada opsi upgrade

 

Main Spec.ASUS ZenBook Flip 13 (UX363)
CPUIntel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)
Operating SystemWindows 10 Home
Memory16GB LPDDR4X
8GB LPDDR4X
Storage1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display13.3″ (16:9) OLED FHD (1920 x 1080), 400 nits, 100% DCI-P3, 133% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÜV Rheinland eye-care certified display
GraphicsIntel® Iris® X? Graphics
Input/Output1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 USB Type-C supports display and power delivery
CameraHD camera with IR function to support Windows Hello
ConnectivityIntel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioSonicMaster, Smart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension30.50 x 21.10 x 1.19 ~ 1.39 cm
Weight1.30 kg
ColorsPine Grey
PriceRp22.999.000 (Core i7 variant)
Rp18.999.000 (Core i5 variant)
Warranty2 tahun garansi global
Salah satu laptop kekinian yang sangat ideal dan wajib dilirik untuk kebutuhan konten kreasi dan produktivitas bagi para pengguna yang mobilitasnya tinggi.
9.3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score

Artikel lain