Review Lenovo YOGA Slim 7i Carbon

Varian YOGA Paling Tipis dan Ringan dengan Baterai Sangat Tahan Lama

Sebelumnya Lenovo telah memiliki laptop dengan material serat karbon. Laptop tersebut adalah ThinkPad X1 Carbon yang hadir untuk segmen bisnis/komersial. Nah, mengekor sukses ThinkPad X1 Carbon Lenovo kini meluncurkan YOGA Slim 7i Carbon. Mengusung material serat karbon YOGA Slim 7i Carbon juga berhasil menjadi varian YOGA yang paling tipis dan ringan. Ditambah dukungan Intel Core Generasi ke-11 dan standarisasi Intel EVO laptop ini memang sangat mencuri perhatian. Apakah YOGA Slim 7i Carbon bisa menjadi juara di kategori laptop tipis dan ringan? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Lenovo YOGA Slim 7i Carbon


Sangat ringkas dan ringan. Itulah kesan pertama saat kami berjumpa dengan YOGA Slim 7i Carbon. Bobot laptop ini hanya sekitar 966 Gram saja. Sangat hemat tempat dan mudah dibawa berpergian. Ideal untuk pengguna yang mobilitasnya tinggi.

Material serat karbon laptop ini bisa ditemukan pada bagian cover. Sementara, bagian bodinya yang lain mengusung material magnesium-alumunium. Selain ringan rancangan bodinya juga tangguh. Tidak tanggung-tanggung ketangguhannya bahkan telah berhasil memenuhi standar militer MIL-STD-810G.

Meski tipis dan sangat ringan secara keseluruhan rancangan bodi terasa kokoh. Tampilannya terlihat premium dengan seluruh bodi yang dilapisi warna Moon White. Dengan bodi yang berlapis warna putih tidak bisa dimungkiri bodinya memang rawan kotor. Wajib sering dibersihkan agar tampilannya tetap terlihat ciamik. Cukup disayangkan memang hanya ada satu varian warna saja yang tersedia.

Masuk ke sektor konektivitas, tidak banyak bisa ditemukan port konektivitas di bodinya. Wajib dimaklumi mengingat rancangan bodinya yang amat tipis. Konektivitas USB-C menjadi standar di laptop ini. Di sisi kiri terdapat dua port USB-C Thuderbolt 4 yang mendukung DisplayPort dan Power Delivery. Sementara, di sisi kanan terdapat satu port USB-C 3.0 Gen 1. Di dalam paket penjualannya, Lenovo juga menyertakan aksesoris konverter USB-C 3-in-1 hub yang membawa port USB-A port, HDMI, dan VGA.

Layar Lenovo YOGA Slim 7i Carbon


Bergeser ke area panel, panel layarnya yang berukuran 13.3 inci resolusinya 2560 x 1600 pixel. Warnanya juga sudah mendukung standar cakupan warna 100% sRGB. Alhasil, visual yang tersaji di layarnya terlihat sangat tajam dan memanjakan mata. Warnanya yang akurat juga ideal untuk menikmati konten multimedia hingga kebutuhan penciptaan konten seperti penyuntingan foto dan video. Dengan rasio aspek 16:10 area layarnya memang terlihat lebih luas jika dibandingkan laptop lain dengan ukuran layar yang sama.

Tingkat kecerahan panel layarnya pun amat baik. Dengan standar Dolby Vision 300 Nits, panel layarnya tidak pantang di kondisi pencahayaan yang sangat terang. Keistimewaannya yang lain layarnya ini juga telah mendapat sertifikasi TUV Rheinland. Jadi, sangat aman untuk kesehatan mata.

Keyboard dan TrackPad Lenovo YOGA Slim 7i Carbon


Masuk ke area keyboard, YOGA Slim 7i Carbon membawa keyboard yang tergolong ergonomis. Meski bodinya ringkas ukuran setiap tombolnya cukup besar dan sangat pas. Setiap tombolnya juga tidak terlalu rata dengan bodi. Dengan key travel sekitar 1mm keyboardnya ini terbukti nyaman digunakan untuk mengetik dalam waktu lama. Untuk menemani Anda bekerja di kondisi temaram, keyboardnya juga sudah dilengkapi dengan lampu backlit yang berwarna putih.

Sementara, untuk trackpad mouse area panel trackpadnya cukup besar dan proporsional. Responnya dengan sentuhan jari juga amat baik. Tombol kiri dan kanan juga empuk dan tidak berisik saat ditekan.

Fitur Lenovo YOGA Slim 7i Carbon

YOGA Slim 7i Carbon membawa sederetan fitur yang cukup menarik di kelasnya. Sebut saja seperti webcam yang telah dilengkapi dengan fitur pelindung privasi. Dengan begitu webcam bisa dinonaktifkan saat tidak digunakan.

Seperti laptop Lenovo yang lain YOGA Slim 7i Carbon turut dilengkapi Lenovo Vantage. Lewat Lenovo Vantage Anda bisa melakukan banyak hal. Dari memperbarui sistem, melakukan pengaturan keyboard, kamera, mikrofon, hingga pengaturan performa dengan fitur Lenovo Q-Control yang cerdas. Lenovo Q-Control juga bisa diakses melalui tombol pintas FN+Q. Ada tiga opsi pengaturan yang tersedia yakni Battery Saving, Intelligent Cooling, dan Extreme Performance.

Di Lenovo Vantage juga tersedia fitur Rapid Charge Boost untuk mempercepat isi ulang baterai. Hadir pula Conservation Mode untuk membatasi pengisian baterai di persentase tertentu untuk melindungi baterai saat laptop digunakan dalam keadaan terus terpasang ke power adapter. Kami juga menemukan Fitur Flip to Boot. Jika diaktifkan fitur ini memungkinkan laptop untuk otomatis start up saat laptop dibuka. Tanpa perlu lagi menekan tombol power.

Satu yang absen dari laptop ini hanyalah sensor sidik jari. Gantinya Anda bisa menikmati sederetan fitur cerdas Lenovo Smart Assist yang sangat mumpuni untuk melindungi privasi dan pengaman. Lenovo Smart Assist memanfaatkan kamera infrared cerdas dengan sensor ToF (Time of Flight) dan teknologi Glance dari Mirametrix.

Semua fitur pintarnya ini bisa langsung diakses lewat aplikasi Glance dari Mirametrix. Kami pun sangat terkesan dengan sederetan fitur pintarnya ini. Pasalnya, kinerjanya sangat responsif dan berhasil memberikan pengalaman penggunaan yang berbeda dan terasa lebih canggih.

Untuk pengaman Lenovo YOGA Slim 7i Carbon mendukung login tanpa sentuhan. Kamera infrared tersebut punya kemampuan mendeteksi keberadaan pengguna di depan laptop. Hanya perlu aktifkan fitur Presence Detection di aplikasi Glance. Dengan dukungan Windows Hello kemudian Anda bisa login ke Windows dengan deteksi wajah. Jika menjauh dari laptop secara otomatis layar akan dikunci.

Untuk perlindungan privasi di Glance juga tersedia fitur Privacy Guard dan Privacy Alert. Privacy Guard akan otomatis menjadikan tampilan layar menjadi buram atau blur saat kamera inframerah pintarnya mendeteksi keberadaan orang lain yang mengintip layar. Kemudian, Privacy Alert akan langsung memberitahu pengguna layar sedang diintip.

Bagi yang sering bekerja dengan monitor eksternal, Glance juga menyediakan fitur Snap Windows dan Smart Pointer. Fitur ini berguna untuk memindahkan posisi jendela aplikasi yang dijalankan dan kursor mouse dari layar laptop ke monitor eksternal hanya dengan menengok. Kemudian, fitur Smart Display akan otomatis memburamkan layar saat pengguna tidak menghadap ke layar. Hadir juga fitur Posture Warning yang akan mengirimkan pemberitahuan ke pengguna jika postur tubuh tidak benar saat menggunakan laptop ini.

Performa Lenovo YOGA Slim 7i Carbon

Lenovo YOGA Slim 7i Carbon yang kami terima membawa spesifikasi prosesor Intel Core Generasi Ke-11, Intel Core i7-1165G7, RAM 16GB dan ruang penyimpanan dengan SSD M.2 2280 PCIe 3.0x 4 NVMe yang kapasitasnya sangat lapang yakni 1TB. Kompromi lain dari rancangan bodinya yang tipis dan ringan adalah pengguna tidak dimungkinkan untuk upgrade. Untuk hasil benchmark laptop ini sebagai berikut.

Untuk pengujian penggunaan sehari-hari secara keseluruhan performa YOGA Slim 7i Carbon terasa kencang. Waktu start up sangat singkat sekali. Kami puas dengan performanya yang nyaris tanpa lag. Multitasking bisa berjalan dengan sangat lancar dan mulus. Sangat memadai untuk kebutuhan komputasi standar seperti menjalankan aplikasi produktivitas Microsoft Office, browsing hingga melakukan konferensi video saat kami gunakan untuk WFH.

Performa grafisnya pun cukup mengejutkan. Mengandalkan Intel Iris Xe, YOGA Slim 7i Carbon bisa diandalkan untuk kebutuhan komputasi yang memerlukan kinerja grafis ekstra. Contohnya untuk penyuntingan foto dan video. Saat mencoba menyunting video, penyuntingan video di aplikasi Adobe Premier masih memadai hingga resolusi 4K. Untuk gaming pun bisa. Meski tidak kami sarankan karena memang bukanlah laptop gaming. Game-game yang tidak terlalu memerlukan kinerja grafis berat seperti Valorant saat kami coba masih bisa dijalankan dengan cukup lancar.

YOGA Slim 7i Carbon membawa speaker stereo dari pabrikan Harman. Sektor audionya turut dilengkapi fitur Dolby Atmos yang ideal untuk menikmati konten multimedia. Kendati demikian, saat mencobanya output suara laptop ini tergolong standar dan terasa agak kurang bertenaga.

Lalu bagaimana dengan manajemen thermal? Amat memuaskan untuk sebuah laptop tipis dan ringan. Dengan mengaktifkan mode Battery Saving untuk kebutuhan produktivitas sehar-hari laptop ini terasa sangat dingin, tidak cepat panas dan tidak berisik. Mode Intelligent juga boleh digunakan sehari-hari. Tapi, di beberapa skenario penggunaan suara kipas pendingin akan terdengar agak berisik saat beban komputasi agak berat. Cukup wajar mengingat fitur ini memang secara otomatis akan mengoptimalkan kinerja kipas pendingin menyesuaikan beban komputasi agar laptop tetap dingin dan stabil.

Baterai Lenovo YOGA Slim 7i Carbon

Untuk daya tahan baterainya juga sangat memuaskan. Perlu diketahui salah satu standar Intel EVO adalah daya tahan baterai yang wajib di atas 9 jam. Untuk penggunaan mengetik dokumen, browsing dan sesekali menonton konten di Youtube dari pengujian kami baterainya bisa bertahan hingga nyaris 10 jam. Pengaturan yang digunakan yaitu menggunakan mode FN+Q Battery Saving, mengaktfikan fitur battery saver di Windows Power Mode, tingkat gelap terang layar 30% dan menonaktifkan fitur location, Bluetooth, serta keyboard backlit. Dengan daya tahan baterainya yang sangat tahan lama ini Anda tidak perlu khawatir baterainya akan cepat habis saat penggunaan di luar ruangan.

Kesimpulan

Lenovo sekali lagi berhasil memanfaatkan material serat karbon. Tidak hanya sangat ringkas dan ringan, laptop ini juga tangguh. Performanya pun kencang dengan disokong baterai yang sangat tahan lama. Menjadikannya cukup menonjol di kategori laptop tipis dan ringan awal tahun ini. Fitur yang dibawanya pun tergolong komplit, termasuk dukungan port Thunderbolt 4, layar yang sangat menawan dengan standar cakupan warna sRGB 100% dan fitur pintar untuk pengaman dan perlindungan privasi.

Ini menjadikan YOGA Slim 7i Carbon mampu menawarkan pengalaman penggunaan yang berbeda dan sangat ideal untuk beragam kebutuhan komputasi dari produktivitas hingga konten kreasi. Harga jual Lenovo YOGA Slim 7i Carbon dengan Intel Core i7 ini ada di kisaran 19 jutaan. Memang relatif mahal tapi sepadan dengan semua keunggulan yang dibawanya. Laptop ini sangat kami rekomendasikan untuk pengguna yang mobilitasnya tinggi dan membutuhkan laptop ringkas, kencang dan baterai tahan lama.

Lenovo YOGA Slim 7i Carbon cocok untuk: Profesional, Mahasiswa, Programmer, Pekerja Kantoran, Eksekutif Muda, Konten Kreator
Lenovo YOGA Slim 7i Carbon kurang cocok untuk: Gamer, Pelajar

Kelebihan Lenovo YOGA Slim 7i Carbon
+ Sangat ringkas dan ringan
+ Layar QHD yang tajam dan mendukung 100% sRGB
+ Performa kencang
+ Ruang penyimpanan besar
+ Baterai sangat tahan lama
+ Dilengkapi Thunderbolt 4
+ Keyboard nyaman digunakan
+ USB-C Charging

Kekurangan Lenovo YOGA Slim 7i Carbon
– Tidak dilengkapi slot kartu memoriSD
– Hanya ada satu opsi warna
– Warna bodi rawan kotor
– Konektivitas terbatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score

Artikel lain