Meluncur di Indonesia, Inilah Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 9T

Xiaomi Indonesia meluncurkan smartphone terbaru mereka di segmen entry-level. Mengusung spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari Poco M3, perangkat bernama Redmi 9T juga dijual dengan harga yang ramah kantong, yakni mulai 1 jutaan rupiah. Seperti apa spesifikasi lengkapnya dan kapan Redmi 9T dijual di Tanah Air?

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9T

Seperti disebutkan di atas, Redmi 9T memiliki penawaran yang kurang lebih mirip dengan Poco M3. Pengguna akan kembali menemukan layar IPS 6,53 inci dengan resolusi Full HD+ lengkap dengan poni minimalis bergaya Dot Drop. Chipset yang dibenamkan pun sama, Qualcomm Snapdragon 662 yang ditemani RAM 4 GB atau 6 GB, serta storage internal 64 GB atau 128 GB.

Khusus untuk varian 64 GB, Xiaomi menggunakan storage dengan teknologi UFS 2.1. Sementara untuk varian 128 GB teknologinya sudah UFS 2.2. Selain itu, baterai jumbo 6.000 mAh kembali menjadi salah satu nilai jual utama. Yang menarik, Redmi 9T sudah mendukung fast charging 18W dan di dalam box penjualannya sudah termasuk charger 22.5W.

Beralih ke sektor kamera, sensor utama 48 MP masih menjadi andalan bersama dengan sensor 2 MP dengan lensa makro dan 2 MP depth. Jika Poco M3 hanya memiliki tiga kamera, Redmi 9T dipersenjatai satu kamera ekstra dengan sensor 8 MP ultra-wide 120 derajat untuk mengabadikan momen dengan sudut lebar. Kamera depannya sendiri masih 8 MP.

Dalam acara temu pers yang digelar secara online, Senin (22/2), Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia menjelaskan, selain kamera ultra-wide yang paling membedakan Redmi 9T dengan Poco M3 adalah desainnya yang lebih ‘all rounder’, sehingga lebih cocok digunakan siapa saja. Total ada tiga varian warna yang tersedia, antara lain Carbon Grey, Twilight Blue, dan Ocean Green.

Untuk fitur-fitur yang lainnya, Redmi 9T hadir dengan dual-speaker untuk meningkatkan performa audio, port USB Type-C, perlindungan Gorilla Glass pada layar, coating yang tahan terhadap percikan air, dan side fingerprint sensor yang menyatu dengan tombol power. Sistem operasinya adalah MIUI 12 berbasis Android 10.

Soal NFC, Redmi 9T versi Indonesia sayangnya belum dilengkapi teknologi tersebut. Menjawab pertanyaan wartawan mengapa versi Indonesia tidak memiliki NFC sementara ada versi dengan NFC yang dijual di negara lain, Alvin menyebutkan bahwa Xiaomi menilai keberadaan NFC bisa membuat ongkos produksi lebih mahal. Apalagi, pasar Indonesia di segmen entry-level sangat sensitif terhadap harga. Karena itu untuk saat ini NFC baru tersedia di ponsel Xiaomi kelas menengah dan flagship saja.

Harga dan jadwal penjualan Xiaomi Redmi 9T

Melalui akun media sosial resminya di Instagram dan Facebook, Xiaomi Indonesia mengumumkan Redmi 9T dijual dengan harga perkenalan Rp1.899.000 (SRP Rp1.999.000) untuk varian 4/64 GB, dan Rp2.299.000 (SRP Rp2.399.000) untuk varian 6/128 GB. Penjualan perdana dibuka pada 24 Februari 2021 melalui Mi.com, Authorized Mi Stores, dan JD.ID.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain