Review Samsung Galaxy A12

Smartphone 2 Jutaan dengan Kamera Oke dan Storage 128 GB

7.5
Cek Harga

Di awal tahun 2021 lalu, Samsung meluncurkan Galaxy A12 sebagai salah satu smartphone pertama mereka untuk meramaikan persaingan di segmen menengah ke bawah. Dengan harga sekitar 2 jutaan rupiah, Galaxy A12 tetap membawa DNA Galaxy A-Series yang selalu mengedepankan sektor kamera sebagai salah satu nilai jual utamanya, dan pastinya desain yang kekinian.

Seperti kemampuan Samsung Galaxy A12? Apakah smartphone ini cocok menjadi pilihan para pengguna yang gemar mengabadikan momen sehari-hari dan memamerkannya di media sosial? Yuk, langsung saja simak ulasan kami.

Smartphone stylish untuk anak muda

Galaxy A12 tampil dengan desain yang lebih fresh dibanding beberapa anggota A-series yang lainnya, khususnya pada cover belakang. Di pojok kiri atas masih terdapat frame kamera berbentuk persegi. Yang unik, Samsung kini menggunakan dua finishing yang berbeda.

Pada sekitar 75 persen bagian dari atas ke bawah, cover belakang Galaxy A12 memiliki tekstur garis diagonal yang membuatnya terasa mantap di genggaman alias tidak licin. Sementara sisanya di sebelah bawah, finishing-nya lebih halus.

Selebihnya standar-standar saja. Smartphone ini sedikit agak tebal dan berat karena baterainya juga besar. Sudut-sudut ergonomis, tidak kaku. Port yang digunakan juga sudah USB Type-C, dan memiliki dua slot SIM-card serta satu slot microSD terpisah.

Di bagian depan Anda akan menemukan layar besar Infinity-V berukuran 6,5 inci dengan resolusi yang sayangnya masih HD+. Refresh rate-nya pun masih 60Hz. Tingkat kecerahan, ketajaman, dan sajian warnanya tergolong biasa saja. Masih amat ideal untuk menikmati beragam konten, tapi tidak ada yang spesial jika dibandingkan dengan ponsel pesaing.

Satu hal yang menjadi nilai plus adalah sertifikasi Widevine L1. Itu artinya, Galaxy A12 bisa memutar film di Netflix dengan resolusi HD. Untuk menunjang kualitas audio, Samsung tidak lupa membenamkan teknologi Dolby Atmos.

Dengan perpaduan seperti itu, Samsung Galaxy A12 menurut kami merupakan smartphone yang cocok untuk anak muda. Desainnya cukup stylish. Sementara layar dan audionya juga oke untuk menonton film, dan terbilang lebar untuk menunjang kebutuhan seperti sekolah atau kuliah online.

Mampu memotret dengan baik di kondisi cahaya ideal

Samsung Galaxy A12 mengusung Square-typed Quad Camera yang terdiri dari kamera utama 48 megapixel, kamera ultra-wide 5 megapixel, kamera live focus 2 megapixel, dan kamera macro 2 megapixel. Untuk yang gemar selfie, ada kamera 8 megapixel di depan.

Tidak banyak mode bawaan ekstra yang bisa Anda temukan. Selain Auto, Samsung hanya menyediakan Live Focus untuk memotret dengan efek bokeh, Pro untuk pengaturan manual, Panorama, Macro, serta Food. Night Mode? Sayangnya belum ada. Mungkin karena keterbatasan chipset?

Kamera utama Galaxy A12 (10)

Kamera utama Galaxy A12 (7)

Kamera utama Galaxy A12 (6)

Kalau kami harus memilih satu hal yang paling kami suka dari Galaxy A12, bisa jadi kami akan menyebut kamera. Pasalnya, untuk memotret di kondisi cahaya yang ideal, hasil fotonya ternyata cukup baik di kelas harganya. Detailnya dapat, saturasi dan kontras warnanya sebagian besar selalu pas, dan dynamic range-nya lumayan.

Kamera utama Galaxy A12 (11)

Kamera utama Galaxy A12 (5)

Bahkan meski tanpa Night Mode, ternyata Galaxy A12 bisa mengabadikan foto malam dengan kualitas yang menurut kami masih oke. Ketajaman dan warnanya memang menurun. Tapi hasil foto secara keseluruhan tetap cukup ideal untuk Anda unggah ke media sosial.

Kamera utama Galaxy A12 (4)

Untuk kamera ultra-wide hasil fotonya juga lumayan dengan distorsi yang masih terbilang wajar. Dengan catatan, asalkan cahaya memadai. Kalau untuk pemotretan di malam hari kami kurang menyarankan Anda menggunakan kamera ultra-wide. Hasil foto ultra-wide bisa dilihat di bawah ini:

Ultra-Wide Galaxy A12 (2)

Ultra-Wide Galaxy A12 (1)

Bisa untuk main games

Samsung membenamkan chipset MediaTek Helio P35 pada Galaxy A12. Untuk bersaing dengan ponsel lainnya di kelas harga yang setara, jelas chipset ini jauh dari menggiurkan. Wajar saja, kompetitornya ada yang sudah menggunakan Snapdragon 662 maupun Helio G85 dengan harga yang lebih murah.

Helio P35 pada Galaxy A12 ditemani RAm 4 GB (seperti pada varian yang kami review) atau 6 GB, dengan storage internal 128 GB. Ya, setidaknya meski dari segi performa kurang menjanjikan, Anda tetap mendapatkan ruang penyimpanan yang besar untuk menyimpan banyak file.

Untuk pemakaian sehari-hari kinerja Galaxy A12 terbilang cukup mulus. Keputusan Samsung untuk menggunakan layar HD+ (bukan Full HD+) turut membantu memberikan beban yang lebih ringan pada hardware. Di samping itu, perpaduan Helio P35 dan layar HD+ juga tidak rakus daya.

Walaupun performanya kurang gahar, Anda yang gemar bermain games tidak perlu terlalu khawatir. Galaxy A12 masih mampu melayani game-game populer seperti Mobile Legends yang bisa dimainkan dengan setting grafis High dengan mode HFR aktif. PUBG Mobile pun bisa, asal di setting rendah. Kedua game tersebut berjalan cukup mulus tanpa ada frame drop yang signifikan. Genshin Impact? Lebih baik urungkan niat kecuali Anda penasaran dan punya kouta internet melimpah.

Soal baterai, Galaxy A12 dipersenjatai kapasitas 5.000 mAh yang amat sanggup untuk menemani aktivitas seharian penuh. Ya, seperti disebutkan di atas, komposisi hardware pada ponsel ini memang tidak boros. Pengisian dayanya sendiri membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 jam.

Opsi menarik untuk yang gemar foto-foto

Kesimpulannya, Samsung Galaxy A12 menurut kami merupakan salah satu opsi yang wajib Anda pertimbangkan, khususnya bila Anda adalah penggemar brand Samsung yang gemar mengabadikan momen sehari-hari untuk dipajang di media sosial. Dari segi desain pun smartphone ini cocok untuk berbagai kalangan, dan performanya juga memadai untuk gaya pemakaian casual.

Samsung Galaxy A12 hadir dengan tiga pilihan warna Haze dan Mate, yaitu Black, White, dan Blue. Bagi yang berminat, Galaxy A12 dijual dengan harga retail Rp2.499.000 untuk varian dengan memori 4GB/128GB, dan Rp2.799.000 untuk varian dengan memori 6GB/128GB.

Kelebihan Samsung Galaxy A12:

  • Desain menarik di kelasnya
  • Kamera utama oke untuk pemotretan di kondisi cahaya ideal
  • Layar lebar, sudah Widevine L1
  • Baterai awet
  • Storage besar 128 GB
  • Dolby Atmos
  • Side fingerprint sensor

Kekurangan Samsung Galaxy A12:

  • Belum ada Night Mode
  • Performa kurang gahar dibanding ponsel pesaing
  • Resolusi layar masih HD+

Profil pengguna Samsung Galaxy A12:

Pelajar dan mahasiswa

Galaxy A12 cocok untuk anak sekolah maupun mahasiswa yang membutuhkan perangkat untuk belajar online. Ukuran layarnya besar, baterainya awet, dan masih oke untuk main game ringan seperti Mobile Legends.

Ibu rumah tangga

Anda yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga bisa menjadikan Galaxy A12 sebagai daily driver. Kameranya yang cukup bagus bisa membantu Anda memotret momen seru sehari-hari bersama anak.

Pengguna yang aktif di media sosial

Kalau Anda termasuk orang yang lebih sering menggunakan smartphone untuk mengakses media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan sebagainya, maka Galaxy A12 merupakan opsi yang menarik untuk Anda.

Penggemar Netflix dan drama Korea

Gemar menonton film, TV series, atau drama Korea di platform seperti Netflix? Galaxy A12 sudah memiliki sertifikasi Widevine L1 sehingga bisa memutar konten di resolusi HD.

Karyawan

Meeting online menjadi aktivitas yang paling sering dilakukan di masa pandemi. Dengan layar yang lebar dan baterai besar, Galaxy A12 cocok untuk Anda yang membutuhkan perangkat untuk WFH.

Pedagang online

Kamera oke, layar besar, dan baterai yang awet merupakan kombinasi yang tepat untuk Anda yang memiliki toko online baik di e-commerce maupun Instagram. Dengan Galaxy A12, Anda bisa menjalankan bisnis dengan asyik tanpa harus khawatir baterai cepat habis, dan kameranya bisa Anda manfaatkan untuk memotret dagangan Anda dan mengunggahnya ke etalase. Ingat, foto yang bagus akan semakin menarik minat pembeli!

SpesifikasiSamsung Galaxy A12
LayarInfinity-V 6.5 inci HD+ PLS (20:9)
SoCMediaTek Helio P35
RAM4 GB atau 6 GB
Memori internal128 GB (ada slot microSD)
Kamera Belakang48 MP + 5 MP ultrawide + 2 MP Live Focus + 2 MP macro
Kamera Selfie8 MP
Baterai5.000 mAh
ChargingFast charging 15W
Sistem OperasiAndroid 10 (One UI Core 2.5)
Konektivitas4G LTE, Wi-Fi b/g/n, Bluetooth 5.0, USB Type-C, 3.5mm headphone jack
Sistem KeamananSide fingerprint sensor, Secure Folder
WarnaBlack, White, Blue

 

Samsung Galaxy A12
Galaxy A12 cocok untuk Anda para penggemar brand Samsung yang sering mengabadikan momen sehari-hari dan mengunggahnya ke media sosial
7.5
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Harga
Final Score

Artikel lain