Quantcast
NewsAksesoris KomputerKomputer

Review Logitech G512 Carbon

Keyboard Gaming Mekanikal dengan Opsi Switch Beragam

9
Cek Harga

Tidak semua keyboard dan mouse cocok untuk gaming. Untuk itulah muncul keyboard dan mouse yang memang dikhususkan untuk gaming. Berbeda seperti keyboard dan mouse pada umumnya, keyboard dan mouse gaming umumnya membawa banyak fitur. Salah satu keyboard gaming yang mampir ke meja redaksi yangcanggih.com adalah G512 Carbon dari pabrikan Logitech. Bagaimana kehebatan keyboard gaming yang dibanderol sejutaan Rupiah ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Logitech G512 Cabon 2

Desain Logitech G512 Carbon

Kesan pertama berjumpa dengan Logitech G512 Carbon keyboard ini terasa premium. Dengan mengusung material alumunium rancangannya terasa sangat solid dan kokoh. Bahkan, kabelnya hadir dengan model braided yang relatif tebal dan kaku.

Di permukaan bagian bawah bisa ditemukan karet-karet penopang. Karet-karet ini cukup berguna untuk mencegah keyboard geser saat digunakan. Hadir juga dua kaki penyangga yang bisa dibuka. Saat kakinya tersebut dibuka bagian belakang keyboard akan sedikit terangkat. Jadi, akan memberikan sudut penggunaan dan kenyamanan yang berbeda.

logitech g512 5

Untuk dimensinya secara keseluruhan terasa pas. Tidak terlalu banyak menyita ruang di atas meja. Setiap tombolnya terasa sangat solid. Jarak antar tombol pun sangat pas. Di Logitech G512 Carbon kami juga tidak menemukan tombol makro. Sangat standar seperti keyboard biasa. Jadi, tidak perlu waktu beradaptasi Logitech G512 Carbon bisa langsung digunakan untuk mengetik dengan akurat dan nyaman.

Fitur Logitech G512 Carbon

Bergeser ke bagian atas kanan bisa ditemukan satu port USB. Jadi, tidak perlu heran jika rancangan keyboard ini menggunakan dua kabel USB untuk terhubung ke PC. Salah satu kabel ini untuk memberikan daya ke port USB tersebut. Jadi, sangat fungsional karena bisa digunakan untuk memasang mouse atau aksesoris lain.

Logitech G512 Cabon 5

Tidak ketinggalan untuk menonjolkan aura gamingnya Logitech melengkapinya dengan pencahayaan RGB yang bisa diatur sesuai selera lewat aplikasi Logitech G Hub di PC. Di aplikasinya ini gamer bisa mengatur warna per zona, memilih beragam efek hingga tersedia preset yang bisa dipilih sesuai selera.

Logitech G512 Cabon 1

Keyboard ini juga sudah mendukung fitur Lightsync dari Logitech. Jadi, warna pencahayaan keyboard bisa langsung disinkronkan dengan perangkat Logitech lain seperti mouse atau headset gaming yang juga mendukung fitur Lightsync.

Performa Logitech G512 Carbon

Sebagai keyboard gaming Logitech G512 Carbon mengadopsi gaya keyboard mekanikal dengan switch atau tombol mekaninkal GX. Ada tiga opsi switch mekanikal yang tersedia yakni GX Blue (Clicky), GX Brown (tactile) dan GX Red (linear). Hadirnya tiga opsi switch ini menurut kami menjadi satu nilai tambah. Jadi, gamer bisa memilih switch mana yang paling sesuai dengan kenyamanan dan gaya bermain. Untuk model yang kami review ini adalah yang menggunakan switch GX Blue.

Logitech G512 Cabon 3

Lalu bagaimana performanya saat digunakan bermain game? Secara keseluruhan semua tombolnya tersebut sangat responsif dan nyaman untuk ditekan. Meski digunakan dalam jangka waktu yang lama juga tidak menjadikan jari jari cepat pegal. Untuk penggunaan non gaming, saat digunakan mengetik cepat keyboard ini pun masih bisa diandalkan. Tingkat akurasi dan kenyamanannya cukup di atas rata-rata keyboard mekanikal umumnya.

Walau begitu, mengusung Switch GX Blue satu hal yang paling dominan dari keyboard ini adalah suara klik yang cukup keras. Ideal bagi para pengguna yang menyukai suara “klik” saat keyboard ditekan dan akan kurang cocok bagi gamer yang tidak suka dengan suara bising pada keyboard.

Kesimpulan

Logitech G512 Carbon adalah keyboard gaming yang relatif standar namun tetap sangat nyaman digunakan. Absennya tombol makro di keyboard ini mungkin akan menjadi kekurangan bagi sebagian gamer. Tapi, secara keseluruhan Logitech G512 Carbon tetap sangat menonjol di kelasnya dengan rancangan yang solid, dilengkapi port USB tambahan dan sistem pencahayaan RGB. Tersedianya tiga opsi switch mekanikal yang bisa dipilih sesuai selera gamer juga menjadi salah satu fitur yang wajib dipertimbangkan. Jika tidak masalah dengan harga jualnya yang ada di sekitar 1,79 Juta Rupiah, Logitech G512 Carbon wajib dilirik untuk gamer yang mulai ingin beralih ke keyboard gaming mekanikal.

Kelebihan Logitech G512 Carbon
+ Sangat nyaman digunakan
+ Rancangan solid
+ Dilengkapi backlit RGB
+ Harga kompetitif
+ Tersedia tiga opsi Switch
+ Dilengkapi port USB tambahan

Kekurangan Logitech G512 Carbon
– Tidak dilengkapi tombol makro
– kabel besar dan kaku

Jika tidak masalah dengan harga jualnya yang ada di sekitar 1,79 Juta Rupiah, Logitech G512 Carbon wajib dilirik untuk gamer yang mulai ingin beralih ke keyboard gaming mekanikal.
9
Cek Harga
Back to top button