Inilah Perbedaan Antara Fujifilm X-E4 dan Fujifilm X-S10

Beberapa waktu lalu Fujifilm X-E4 resmi diumumkan secara global. Kamera mirrorless dengan gaya retro ini cukup mencuri perhatian. Fujifilm X-E4 diklaim sebagai varian X-E Series yang paling ringkas dan ringan.

Nah, di sektor spesifikasi ternyata kamera ini berbagi spesifikasi dengan Fujifilm X-S10. Untuk itulah di artikel berikut kami akan mengulas lebih detil apa saja perbedaan antara Fujifilm X-E4 dan Fujifilm X-S10.

1. Desain

Perbedaan paling utama diantara keduanya adalah desain. X-E4 mengadopsi gaya rangefinder retro yang minimalis. Sekilas mirip kamera saku Fujifilm X100V. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya dimensi X-E4 sangat ringkas dan ringan. Jadi, kamera ini jelas akan lebih mudah diajak berpergian.

Untuk Fujifilm X-S10 desainnya sedikit lebih bongsor dengan gaya DSLR. Tapi, kamera ini dilengkapi dengan grip berukuran besar yang akan lebih nyaman saat digunakan.

2. Layar


Perbedaan kedua bisa terlihat di layarnya. Meski ukuran layarnya sama-sama berukuran 3-inci, keduanya menganut gaya berbeda. Layar X-E4 dengan model tilt yang bisa dilipat ke atas. Di X-S10 layar yang digunakan model vari-angle. Lebih fleksibel karena bisa dilipat dan diputar. Walau model layarnya berbeda, kedua layarnya telah mendukung fitur sentuhan.

3. Dial


Kedua kamera ini sama-sama tidak membawa banyak tombol di bodinya. Walau begitu, keduanya membawa dial kendali yang fungsinya berbeda. Panel bagian atas Fujifilm X-E4 mempertahankan gaya retro kamera Fujifilm dengan dial pengaturan kecepatan rana kamera dan kompensasi eksposur.

Untuk Fujifilm X-S10 bagian panel atas kiri tersedia dial untuk memilih efek simulasi film. Di bagian kanan ada dua dial yakni dial Mode pengambilan gambar PSAM dan kompesansi eksposur.

4. Fitur penstabil


Nah, ini menjadi salah satu fitur yang paling membedakan antara X-E4 dan X-S10. Meski membawa spesifikasi dengan sensor dan prosesor yang sama, di X-E4 tidak bisa ditemukan fitur penstabil 5-axis langsung di bodinya. Fitur ini hanya bisa ditemukan di Fujifilm X-S10.

5. Lensa kit


Perbedaan terakhir adalah paketan lensa kit. Untuk X-E4 paketan lensa kit menggunakan Fujinon XF27mmF2.8 R WR. Lensa pancake yang sangat ringkas dan ringan. Sementara, Fujifilm X-S10 paketan lensa kit dengan lensa zoom standar Fujifilm yakni Fujinon XF18-55mmF2.8-4 R LM OIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel lain