Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A02s

Samsung Galaxy A02s menjadi salah satu opsi yang menarik bagi pengguna yang menginginkan smartphone murah untuk belajar online. Dengan harga hanya 1 jutaan rupiah, perangkat ini memiliki beberapa keunggulan yang menurut kami cukup sesuai untuk kebutuhan pangsa pasar di segmen entry-level.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari ponsel untuk belajar online dan tengah mempertimbangkan Samsung Galaxy A02s sebagai pilihan, yuk, simak dulu apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Samsung Galaxy A02s

1. Desain tergolong bagus di kelasnya dan nyaman digenggam

Galaxy A02s adalah ponsel yang enak digenggam berkat bobotnya yang pas dan tidak licin. Untuk ukuran ponsel 1 jutaan rupiah, tampilan eksterior dari Galaxy A02s bagi kami tergolong bagus. Warnanya modern dengan bodi yang lumayan tipis dan finishing dengan tekstur prisma di cover bagian belakang. Kalau dilihat sekilas, kami yakin banyak orang yang akan mengira harganya lebih mahal.

2. Layar lebar dan tajam dengan warna yang juga cukup baik

Galaxy A02s mengusung layar Infinity-V sebesar 6,5 inci dengan panel PLS TFT LCD HD+, alias 720 x 1600 pixel. Meski belum Full HD, layar ini tetap mampu menyajikan gambar dengan tajam dan warnanya pun terlihat bagus.

3. Kinerja mulus, bisa untuk main game

Meski hanya berbekal chipset ‘jadul’ Qualcomm Snapdragon 450 yang ditemani RAM 4 GB dan storage 64 GB (ada pula varian 3/32 GB), perangkat ini mampu memberikan kinerja yang mulus untuk pemakaian standar sehari-hari.

Bahkan, ternyata Galaxy A02s juga cukup asyik untuk diajak bermain game. Anda tentunya tidak akan disuguhkan performa kencang. Namun kalau untuk menjalankan game seperti Mobile Legends dan LoL: Wild Rift, kami merasa masih lancar-lancara saja hingga setting grafis High sekalipun.

4. Baterai tahan lama

Smartphone ini dibekali baterai sebesar 5.000 mAh. Dari segi daya tahan, Galaxy A02s akan mudah untuk dibawa beraktivitas seharian penuh atau hingga 1,5 hari dengan gaya pemakaian normal.

5. Hasil foto kamera utama cukup baik, asalkan cahaya memadai

Di bagian belakang ada tiga kamera, antara lain 13 megapixel f/2.2, 2 megapixel macro, dan 2 megapixel depth sensor. Tidak perlu berharap akan mendapatkan hasil foto yang istimewa. Yang pasti, kualitas fotonya sudah cukup bagus asalkan Anda bisa mendapatkan cahaya yang cukup dari arah yang juga pas.

6. Port sudah USB Type-C

Samsung Galaxy A02s sudah menggunakan port USB Type-C, tidak lagi microUSB seperti pada ponsel-ponsel entry-level Samsung sebelumnya.

Kekurangan Samsung Galaxy A02s

1. Layar kurang terang dan agak reflektif saat penggunaan outdoor di siang hari

Secara kualitas warna dan ketajaman, layar Galaxy A02s memang sudah cukup baik. Tapi tingkat kecerahannya agak kurang dan tampak reflektif sehingga membuat kami kurang nyaman ketika menggunakannya di bawah sinar matahari.

2. Akan lebih menarik jika dibekali sensor sidik jari

Beberapa pesaing di segmen harga yang sama sudah memiliki sensor sidik jari. Jadi akan lebih menarik jika Samsung juga mulai merancang ponsel entry-level dengan penawaran serupa.

3. Kamera kurang bagus di kondisi low light

Sebenarnya ini kekurangan yang menurut kami masih cukup wajar. Jarang sekali smartphone 1 jutaan rupiah yang mampu menangani pemotretan di kondisi cahaya yang minim. Keterbatasan hardware memang menjadi faktor utamanya.

4. Chipset lawas. Akan lebih baik jika menggunakan SoC yang lebih baru

Walaupun dari segi kinerja masih oke untuk pemakaian yang standar-standar saja, akan jauh lebih baik jika Samsung memilih SoC yang lebih baru, dibanding Snapdragon 450, sehingga dari segi teknologi tidak terlalu ketinggalan. Sekadar informasi, Snapdragon 450 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 lalu.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A02s. Bagi yang berminat, Samsung Galaxy A02s dijual dengan harga Rp1.799.000 untuk varian 3/32 GB, dan Rp1.999.000 untuk varian 4/64 GB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain