Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

Sony Alpha 1 : Kamera Mirrorless Full Frame Tercanggih Sony Seharga 90 Jutaan Rupiah

Sony kembali mendobrak dunia fotografi digital. Lewat kamera teranyarnya, Alpha 1, Sony menaikkan standar kamera mirrorless full frame dengan sederetan inovasi baru yang semakin optimal untuk foto atau video.

Sony Alpha 1 1

Spesifikasi Sony Alpha 1

Sony Alpha 1 membawa semua teknologi kamera Sony yang paling canggih. Kamera mirrorless yang bentuknya masih relatif mungil ini hadir dengan sensor full frame Exmor RS CMOS dengan resolusi 50.1 megapixel. Sensor baru inimampu menangkap gambar dengan dynamic range hingga 15 stop dan mendukung pengaturan ISO hingga ISO 102,400.

Sensornya turut disokong kinerja prosesor BIONZ XR. Prosesor BIONZ XR adalah versi peningkatan dari BIONZ X. Bedanya, BIONZ XR lebih kencang dengan kemampuan pemrosesan delapan kali lipat lebih cepat jika dibandingkan prosesor BIONZ X. Hasilnya, kamera ini mampu memotret tanpa henti dengan kecepatan 30fps tanpa jeda. Paling cepat diantara semua kamera mirrorless full frame Sony yang lain.

Sekilas spesifikasi:

Sensor50 megapixels
Sensor typeBSI-CMOS
ProcessorDual Bionz XR
ISOAuto, 100-32000 (expands to 50-102400)
AutofocusContrast Detect (sensor)
Phase Detect
Multi-area
Center
Selective single-point
Tracking
Single
Continuous
Touch
Face Detection
Live View
Number of focus points759
Lens mountSony E
Layarsentuh Tilting 3 inci, 1.440.000 titik
Viewfinder typeElectronic
Continuous drive30.0 fps
Formathingga 8K, XAVC S, XAVC HS, H.264, H.265
MicrophoneStereo
SpeakerMono
Kartu memori
Dual SD/CFexpress Type A slots (UHS-II supported)
bobot737 g
Dimensi129 x 97 x 70 mm (5.08 x 3.82 x 2.76?)

Lalu bagaimana dengan kemampuan perekaman videonya? Alpha 1 menjadi varian Sony Alpha pertama yang bisa merekam video hingga resolusi 8K 30 fps. Selain itu, pengguna juga bisa merekam video di resolusi 4K 120 10 bit 4:2:2 dan 4K di mode Super 35.

sony alpha 1 2

Modus videonya juga mendukung fitur S-Cinetone untuk pengambilan gambar dengan warna yang lebih sinematik, 10-bit S-Log3, dan fitur penstabil 5 axis langsung di bodinya untuk menstabilkan pengambilan gambar. Tidak hanya itu saja, Sony juga menambahkan sistem pendingin yang memungkinkan kamera ini merekam video resolusi tinggi lebih lama. Sony Alpha 1 bisa merekam di resolusi 4K 60p atau 8K selama 30 menit. Kamera ini juga mampu melakukan ekspor video 16-bit RAW lewat port HDMI.

Sony Alpha 1 3

Fitur canggih lain kemudian bisa ditemukan di jendela bidik, sistem shutter dan autofocus. Sony Alpha 1 membawa jendela bidik OLED dengan kemampuan refresh rate yang sangat cepat hingga 240fps. Untuk sistem shutter, kamera ini menjadi yang pertama di dunia dengan shutter anti-flicker di mode mekanikal dan elektronik. Sementara, sektor autofocus Alpha 1 telah mencakup 92% area sensor dengan 759 titik autofocus. Menariknya lagi, Sony turut menambahkan dukungan real-time eye-AF khusus untuk memotret burung dan kemampuan pelacakan autofocus otomatis real-time yang lebih cepat dan presisi.

Harga Sony Alpha 1

Dengan semua fitur canggihnya tersebut tidak perlu heran jika Alpha 1 berhasil menjadi kamera mirrorless paling canggih dari Sony. Harga jualnya pun sangat premium. Sony Alpha 1 akan tersedia di pasaran bulan Maret 2021 dengan harga US$6500 atau sekitar 91 Juta Rupiah.

Artikel terkait

Back to top button