Review SanDisk Extreme Portable SSD 1TB

Reader Rating0 Votes
0
9.5

Solusi ruang penyimpanan kini tidak hanya kapasitasnya harus besar. Tapi, wajib juga punya kinerja yang cepat. Dengan demikian pemindahan file berukuran sangat besar bisa berlangsung lebih singkat. Untuk menjawab kebutuhan tersebut Western Digital meluncurkan SanDisk Extreme Portable SSD 1TB. Penasaran seberapa cepat kinerja dari SSD portabel yang sangat ringkas ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

sandisk extreme ssd 1TB 1

Desain SanDisk Extreme Portable SSD 1TB

SanDisk Extreme Portable SSD 1TB punya dimensi yang sangat ringkas dan ringan. Dimensinya kurang lebih mirip dengan Western Digital My Passport SSD yang kami review sebelumnya. Jadi, sangat hemat tempat dan mudah diajak berpergian.

Bedanya, SanDisk Extreme Portable SSD hadir dengan desain yang lebih sporty. Tidak secantik saudaranya Western Digital My Passport SSD. Di bodinya juga bisa ditemukan sebuah lubang cantolan untuk memasang SSD ini ke sabuk atau tas saat berpergian.

sandisk extreme ssd 1TB 4

Satu keistimewaan dari SanDisk Extreme Portable SSD adalah rancangannya yang sangat tangguh. Ini penting untuk menghindari kehilangan data saat mengalami kejadian yang tak terduga. Rancangan bodinya sudah tahan jatuh dari ketinggian hingga dua meter. Bahkan, bodinya juga tahan debu dan air dengan standar IP55. Sekedar terkena benturan, guncangan, cipratan atau ketumpahan air jelas akan tetap aman.

Untuk menonjolkan aura premium seluruh permukaan bodinya dilapisi material silikon. Lapisan ini juga berguna untuk perlindungan tambahan, sekaligus membuatnya lebih nyaman saat diggenggam.

Untuk terhubung ke PC SanDisk Extreme Portable SSD mengandalkan port USB-C 3.2 Gen-2 dengan konektor USB-C. Kabel USB-C bawaannya agak pendek, tapi untunglah dalam paket pembeliannya sudah termasuk dengan sebuah USB-C adaptor ke USB-A. Jadi, SSD ini tetap akan kompatibel ke sistem PC yang belum mendukung USB-C.

Performa SanDisk Extreme Portable SSD 1TB

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya SanDisk Extreme Portable SSD menawarkan perfoma yang sangat kencang. Kecepatannya diklaim mampu hingga 1.050 MB/detik untuk kecepatan baca dan kecepatan tulis hingga 1.000 MB/detik. Untuk mencobanya kami menghubungkan SanDisk Extreme Portable SSD ke Lenovo YOGA Slim 7i Carbon. Pengujian dengan CrystalDisk Mark hasilnya sebagai berikut.

sandisk

Dari hasil benchmark tersebut bisa dilihat kemampuan baca tulisnya yang sangat kencang ini bukan sekedar klaim. Lalu bagaimana dengan performa sesungguhnya? Kami mencoba melakukan pemindahan file video berukuran 4GB dari ruang penyimpanan laptop ke SSD ini. Hasilnya, file dengan ukuran 4GB bisa pindah hanya dalam waktu sekitar 5 detik saja. Walau sangat cepat, saat melakukan backup untuk pemindahan file berukuran yang sangat besar atau memutar konten langsung dari SSD ini, kami merasakan agak hangat di permukaan bodinya. Menurut kami ini cukup wajar imbas dari kinerjanya yang sangat kencang dan untunglah tidak terlalu menggangu.

sandisk extreme ssd 1TB 2

Berkat kecepatan transfernya yang sangat kencang jelas SanDisk Extreme Portable SSD sangat mumpuni untuk medium backup data file foto dan video resolusi tinggi hingga game yang ukurannya saat ini semakin besar. Apalagi, SSD ini juga kompatibel dengan sistem operasi Windows dan MacOS serta dilengkapi dukungan fitur perlindungan dengan kata sandi berbasis enkripsi AES 256-bit.

sandisk extreme ssd 1TB 3

Kesimpulan

Dari pengujian kami SanDisk Extreme Portable SSD terbukti bisa jadi solusi ruang penyimpanan data berukuran besar. Rancangannya yang ringkas dan tangguh juga menjadi nilai tambah, menjadikannya cukup ideal untuk penggunaan di luar ruangan. Harga jualnya yang ada di kisaran 3 juta Rupiah memang tergolong premium. Tapi, menurut kami harganya cukup sepadan dengan semua fitur, performa dan kapasitasnya yang sangat besar. SanDisk Extreme Portable SSD 1TB sangat kami rekomendasikan untuk para konten kreator, gamer hingga para profesional yang membutuhkan solusi ruang penyimpanan praktis dengan kapasitas besar sekaligus punya performa yang sangat kencang.

Kelebihan SanDisk Extreme Portable SSD 1TB
+ Desain ringkas dan tangguh
+ Performa sangat kencang
+ Pilihan kapasitas besar
+ Dalam paket penjualan sudah termasuk USB-Converter
+ Dilengkapi cantolan
+ Mendukung fitur enkripsi
+ Kompatibel dengan Windows dan MacOS
+ Garansi hingga 5 tahun

Kekurangan SanDisk Extreme Portable SSD 1TB
– Harga relatif mahal
– Tidak ada lampu indikator
– permukaan bodi agak hangat untuk pemindahan file sangat besar dalam jangka waktu lama

SanDisk Extreme Portable SSD 1TB sangat kami rekomendasikan untuk para konten kreator, gamer hingga para profesional yang membutuhkan solusi ruang penyimpanan praktis dengan kapasitas besar sekaligus punya performa yang sangat kencang.
Desain
9
Fitur
9
Performa
9.5
Harga
8.5
Reader Rating0 Votes
0
9.5

Your email address will not be published.

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score