Review Bardi Smart Outdoor Static IP Camera dan Smart IP Camera

Di ekosistem rumah pintar, kamera pengaman telah menjadi salah satu perangkat yang wajib untuk dimiliki. Nah, Bardi, pabrikan yang fokus pada perangkat pintar untuk ekosistem rumah pintar juga memiliki beberapa varian kamera pengaman. Di review kali ini kami mencoba dua kamera pengaman dari Bardi yakni Smart outdoor Static IP Camera dan Smart IP Camera. Penasaran bagaimana kehebatan dua kamera pengaman ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

svg%3E

Desain Bardi Smart outdoor Static IP Camera dan Smart IP Camera

Pertama kami akan mengulas rancangan desain Bardi Smart outdoor Static IP Camera. Kamera pengaman ini hadir dengan desain mirip CCTV pada umumnya. Tampilannya sangat minimalis dan kokoh.

Dari rancangan leher dan dudukannya Bardi Smart outdoor Static IP Camera memang khusus untuk dipasang ke tembok atau plafon di rumah. Untuk memasangnya ke tembok atau plafon bagian dudukannya bisa menggunakan bantuan bor agar bisa terpasang dengan kuat.

svg%3E

Dihadirkan untuk penggunaan luar ruangan, bodi Bardi Smart outdoor Static IP Camera dirancang tahan di beragam kondisi cuaca. Jadi, aman dan tidak perlu khawatir untuk penggunaan di kondisi cuaca panas atau hujan.

svg%3E

Di bodinya ini tidak terlihat satupun ada tombol. Di bagian belakang bodinya terdapat panel kecil yang tertutup dengan sangat rapat. Saat panelnya dibuka bisa ditemukan satu tombol untuk melakukan reset dan slot microSD yang bisa dipasang kartu memori microSD dengan kapasitas hingga 128GB.

Bardi Smart outdoor Static IP Camera juga membawa modul antena WiFi. Jadi, kemampuannya menangkap sinyal WiFi bisa lebih baik jika dipasang jauh dari jangkauan titik hotspot.

Beralih ke Bardi Smart IP Camera, rancangan kamera pengaman ini lebih ringkas. Modul kameranya terpasang di batang leher yang fleksibel. Jadi, batang lehernya ini bisa ditekuk dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Mengingat kamera ini memang dirancang untuk penggunaan dalam ruangan bodinya juga tidak tahan air. Di bagian belakang bodinya bisa ditemukan slot microSD yang bisa dipasang kartu memori microSD hingga 128GB, tombol reset dan speaker.

svg%3E

Dari desainnya tersebut Bardi Smart IP Camera akan ideal untuk penggunaa di atas meja atau bidang datar lain di dalam ruangan. Tidak ada sistem magnetik atau baut di bagian kaki penampangnya. Agar posisinya tidak geser atau ingin memasangnya ke tembok, dalam paket penjualannya sudah termasuk dengan perekat 3M yang bisa menempel dengan cukup kuat. Kabel yang dibawanya juga relatif pendek. Jadi, pengguna wajib memperhitungkan posisi kamera dengan colokan listrik atau bisa menggunakan tambahan kabel listrik extender.

svg%3E

Fitur Bardi Smart outdoor Static IP Camera dan Smart IP Camera

Bardi Smart outdoor Static IP Camera dan Smart IP Camera membawa sederetan fitur yang cukup menarik di kelas harganya. Termasuk, beragam fitur pintar dan bisa terhubung ke ekosistem rumah pintar Google Home.

svg%3E

svg%3E

Beberapa fitur standar kamera pengaman seperti motion alert yang bisa langsung mengirimkan notifikasi saat kamera mendeteksi gerakan, mic dan speaker internal untuk komunikasi dua arah, rekam video, screenshot, memutar ulang rekaman video, hingga dukungan backup ke layanan komputasi awan hadir di kedua kamera ini. Tersedia juga fitur flip untuk memutar video saat kamera terpasang terbalik dan fitur Night Vision yang bisa aktif otomatis saat di kondisi gelap. Semua fitur tersebut bisa diakses lewat aplikasi Bardi Smart Home.

Selain fitur-fitur standar tersebut, keunggulan utama dari Bardi Smart outdoor Static IP Camera dan Smart IP Camera adalah dukungan fitur pintar di ekosistem Bardi. Perlu dicatat fitur pintarnya ini hanya bisa dinikmati jika memang Anda memiliki perangkat pintar Bardi yang lain. Jadi, akan menjadi satu nilai tambah untuk para pengguna perangkat pintar di ekosistem perangkat pintar Bardi.

Kebetulan kami juga adalah pengguna lampu bohlam pintar dari Bardi. Nah, di aplikasi Bardi Smart Home kami mencoba fitur pintarnya yang bernama Automation. Automation memungkinkan pengguna untuk membuat beragam skenario penggunaan untuk menjalankan perangkat pintar Bardi yang berbeda secara otomatis.

Untuk mengujinya kami membuat skenario saat Bardi Smart outdoor Static IP Camera mendeteksi gerakan maka akan langsung menyalakan lampu bohlam pintar yang ada di dalam ruangan kamar. Hasilnya cukup memuaskan. Saat kami bergerak melewati kamera, lampu langsung berhasil dinyalakan. Fitur ini memang akan sangat mempermudah, tapi agak kurang konsisten karena dari beberapa kali pengujian kami lampu terkadang gagal dinyalakan.

Performa Bardi Smart outdoor Static IP Camera dan Smart IP Camera

Untuk melakukan setup Bardi Smart outdoor Static IP Camera dan Smart IP Camera termasuk sangat mudah. Waktu setup juga relatif singkat. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Bardi Smart Home yang tersedia untuk Android dan iOS. Kemudian, install dan jalankan aplikasi Bardi Smart outdoor Static IP Camera. Pilih opsi tambah perangkat, lalu pilih Bardi Smart outdoor Static IP Camera. Setelah itu, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah selanjutnya yang muncul hingga kamera bisa digunakan dan dikendalikan dari aplikasinya tersebut. Antarmuka aplikasinya juga sangat sederhana dan mudah sekali digunakan.

Bardi Smart outdoor Static IP Camera dilengkapi dengan sensor CMOS berukuran 1/2.7 inci dan ukuran sensor 1/2.9 inci untuk Bardi Smart IP Camera. Resolusi sensor keduanya sama yakni 2 megapixel.

Sensor gambarnya ini bisa digunakan untuk merekam video di resolusi Full HD. Hasil tangkapan gambarnya keduanya cukup memuaskan dengan hasil yang mirip. Untuk opsi pengaturan video hanya ada dua opsi yaitu HD dan SD. Di opsi HD hasil tangkapan gambar terlihat jelas. Ketajamannya juga cukup baik meski agak terlihat sedikit ada noise di kondisi agak kurang cahaya. Untuk lensanya kedua kamera ini bisa menangkap gambar dengan cukup lebar. Bardi Smart outdoor Static IP Camera mengandalkan lensa sudut lebar yang bisa menangkap gambar 130 derajat dan Bardi Smart IP Camera 105 derajat.

Kesimpulan

Bardi Smart outdoor Static IP Camera dan Smart IP Camera menawarkan kemudahan dan harga yang murah. Secara fitur kedua kamera ini memang tergolong standar. Paling penting setup dan semua fitur yang dibawanya mudah digunakan. Kemampuannya menangkap gambar yang tajam juga oke dan memadai. Rancangan yang tahan air di Bardi Smart outdoor Static IP Camera menjadi satu nilai tambah, sangat ideal untuk penggunaan dalam atau luar ruangan untuk rumahan atau tempat usaha. Sementara, bagian batang leher Smart IP Camera yang fleksibel juga bisa mempermudah dengan beragam kebutuhan pengguna.

Dibandingkan produk sejenis dari pabrikan lain, Bardi Smart outdoor Static IP Camera dan Smart IP Camera unggul di ekosistem. Kemampuaannya terhubung dengan perangkat pintar Bardi yang lain, sistem kendali lewat satu aplikasi dan dukungan fitur Automation jelas sangat menarik. Ekosistem Google Home pun turut didukungnya. Setidaknya, ini menjadi bukti kesiapan Bardi dalam mengembangkan sebuah ekosistem perangkat pintar untuk penggunaan rumahan fleksibel, canggih dan mudah digunakan.

Dengan harga jual 500 ribu Rupiah untuk Bardi Smart outdoor Static IP Camera dan 300 ribu Rupiah untuk Bardi Smart Camera, kedua kamera ini wajib dilirik bagi siapa saja yang membutuhkan kamera pengaman yang mudah digunakan dan didukung fitur pintar lewat ekosistem perangkat pintar Bardi yang terus berkembang.

Kelebihan Bardi Smart outdoor Static IP Camera dan Smart IP Camera
+ Mudah digunakan
+ Kualitas gambar oke
+ Mendukung Google Home
+ Bisa terhubung ke perangkat pintar Bardi lainnya
+ Didukung fitur Automation
+ Didukung layanan komputasi awan (opsional)
+ Rancangan tahan cuaca panas dan hujan (Bardi Smart outdoor Static IP Camera)
+ Dilengkapi antenna (Bardi Smart outdoor Static IP Camera)
+ Mendukung komunikasi dua arah
+ Harga kompetitif

Kekurangan Bardi Smart outdoor Static IP Camera dan Smart IP Camera
– Fitur Automation kurang konsisten
– Tidak dilengkapi fitur zoom
– Dudukan tidak dilengkapi sistem magnetik (Bardi Smart IP Camera)

 

Informasi mengenai produk Bardi smart home bisa dilihat di laman resminya. Untuk info pembelian, Anda bisa mengunjungi tautan ini untuk IP Camera dan di sini untuk IP Camera Outdoor.

Dengan harga jual 500 ribu Rupiah untuk Bardi Smart outdoor Static IP Camera dan 300 ribu Rupiah untuk Bardi Smart Camera, kedua kamera ini wajib dilirik bagi siapa saja yang membutuhkan kamera pengaman yang mudah digunakan dan didukung fitur pintar lewat ekosistem perangkat pintar Bardi yang terus berkembang.
8.2