Quantcast
Gadget GuideKomputerLaptop

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo ThinkBook Plus

Laptop kelas bisnis semakin berkembang. Bukan hanya soal performa yang lebih baik, desain yang lebih elegan, dan sistem keamanan mumpuni, tetapi juga penambahan fitur yang mungkin sebelumnya tidak ditemui pada kategori tersebut. Inilah yang coba ditawarkan oleh Lenovo ThinkBook Plus.

Berbeda dengan para pesaingnya, Lenovo ThinkBook Plus dibekali dua layar sekaligus. Satu layar utama dengan fungsi serupa dengan laptop pada umumnya, dan satu lagi layar E-Ink monokrom yang cukup inovatif karena menyediakan sederet fitur menarik yang bisa jadi berguna untuk menunjang produktivitas sehari-hari.

Namun dengan harga mencapai 24 juta rupiah, bukan berarti ini adalah perangkat yang sempurna. Untuk menambah informasi bagi Anda yang berminat melirik Lenovo ThinkBook Plus sebagai perangkat untuk untuk bekerja, berikut kami sajikan apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Lenovo ThinkBook Plus

1. Desain ringkas dan premium

Lenovo ThinkBook Plus 7

Lenovo ThinkBook Plus menggunakan material metal yang membuatnya terlihat amat premium, elegan, sekaligus kokoh. Acungan jempol patut kami tujukan pada kualitas rancang bangunnya. Dimensinya cukup ramping. Secara lebar dan ketebalan, kami merasa laptop ini mudah dibawa dan masuk ke dalam tas. Bobotnya pun lumayan ringan, hanya sekitar 1,4 kilogram saja.

Lenovo ThinkBook Plus 4

2. Layar E-Ink dengan beragam fungsi menariknya

Lenovo ThinkBook Plus mengusung layar utama 13,3 inci dengan panel IPS yang memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 serta refresh rate 60Hz. Layar anti-glare ini punya tingkat kecerahan 300 nits dan cukup nyaman digunakan ketika berada di lokasi yang terang karena tidak reflektif.

Beralih ke layar kedua di bagian luar, ini adalah layar E-Ink monokrom seperti yang biasa Anda temukan pada perangkat e-Reader untuk membaca eBook. Ukurannya lumayan besar, 10,8 inci touch screen dengan resolusi yang juga Full HD. Anda bisa membaca ebook dengan nyaman. Layar hitam-putih ini juga mampu menampilkan beragam notifikasi yang masuk seperti email. Itu artinya, Anda bisa langsung membaca email tanpa harus membuka layar utama. Apalagi, Lenovo ThinkBook Plus mengadopsi fitur Modern Standby.

Lenovo ThinkBook Plus 1

Bukan cuma notifikasi, informasi utama seperti tanggal, hari, indikator baterai, hingga update cuaca juga tersedia. Yang lebih menarik, layar E-Ink pada Lenovo ThinkBook Plus memungkinkan Anda untuk menulis catatan atau membuat sketsa menggunakan Precision Pen yang sudah termasuk dalam paket penjualan. Fitur yang mungkin akan sangat berguna ketika Anda sedang meeting dan membutuhkan akses cepat untuk mencatat. Selain itu, wallpaper pada layar ini pun bisa Anda ganti sesuai selera.

3. Performa oke, storage kencang

Lenovo mempersenjatai ThinkBook Plus dengan prosesor Intel Core i7 10510U generasi ke-10 yang ditemani RAM 16GB dan ruang penyimpanan NVMe PCIe SSD berkapasitas 512GB. Kinerja Lenovo ThinkBook Plus terbilang gesit untuk menunjang berbagai pekerjaan standar yang tidak menuntut komputasi tinggi. Ketika diajak editing video ringan pun cukup ideal. Satu hal yang paling kami suka, Lenovo ThinkBook Plus memiliki storage dengan performa yang super kencang.

Lenovo ThinkBook Plus 6

4. Keyboard nyaman

Tampilan keyboard-nya kurang lebih mirip dengan laptop Lenovo ThinkBook kebanyakan, lengkap dengan touchpad yang secara dimensi dan posisi menurut kami sudah amat ideal. Pada dasarnya kami selalu menyukai keyboard di laptop Lenovo. Sesuai ekspektasi, Keyboard pada ThinkBook Plus terasa begitu nyaman saat digunakan untuk mengetik cepat.

5. Paket penjualan tergolong komplit

Dalam paket penjualannya, Anda akan langsung mendapatkan Precision Pen dan sebuah sleeve dengan kualitas yang bagus.

Kekurangan Lenovo ThinkBook Plus

1. Tidak ada card reader

Ya, tidak ada card reader. Anda yang gemar memindahkan file dari kartu memori harus selalu membawa card reader eksternal.

Lenovo ThinkBook Plus 3

2. Kinerja layar E-Ink terkadang kurang responsif

Dibalik fungsinya yang cukup menggiurkan, sayangnya terkadang kami merasa performa layar E-Ink kurang responsif ketika ingin mengakses fitur tertentu.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Lenovo ThinkBook Plus. Laptop ini cocok untuk Anda para pebisnis yang selalu mobile, maupun profesional yang membutuhkan perangkat dengan akses cepat untuk mencatat dan menuangkan ide.

Artikel terkait

Back to top button