Tren Gadget 2020 di Blibli: Harga dan Spesifikasi Menjadi Pertimbangan Utama Saat Membeli Gadget

E-commerce lokal Blibli menangkap tren menarik tahun ini, yaitu meningkatnya permintaan untuk produk teknologi. Hal ini sejalan dengan percepatan adopsi digital masyarakat di tengah pandemi yang kini bergantung pada teknologi untuk melakukan beraneka ragam kegiatan, mulai dari  bekerja hingga bersekolah, secara remote.

Berdasarkan survei dari McKinsey & Company, tingkat adopsi digital tahun ini mengalami peningkatan, dan lebih dari 50% masyarakat akan tetap memilih berkegiatan secara virtual meskipun pandemi telah berakhir. 

“Transformasi gaya hidup yang kian digital memicu para pelanggan untuk berinvestasi pada perangkat teknologi yang bisa mendukung produktivitas dan kreativitas mereka,” kata Amelia Iman, Vice President Computer, Laptop & Camera Category, Blibli

Amelia melanjutkan bahwa tren gadget yang dirangkum oleh Blibli memperlihatkan bahwa faktor harga dan spesifikasi menjadi faktor pertimbangan utama bagi para pelanggan ketika mencari produk, terutama di tengah keadaan ekonomi yang menyebabkan mereka lebih bijak berbelanja. “Pelanggan tentunya mencari perangkat yang cocok di kantong mereka, tapi tetap dengan spesifikasi yang mumpuni demi kelancaran aktivitas online,” lanjutnya. 

Berikut adalah tren gadget yang dirangkum oleh Blibli selama pandemi, yang tercermin dari permintaan pelanggan saat Harbolnas Blibli Histeria 11.11.

Smartphone harga terjangkau dan bisa multitasking

Sepanjang tahun ini, smartphone Android dengan kisaran harga Rp 1 juta hingga Rp 2 juta menjadi semakin populer karena harga ini dianggap masih terjangkau bagi pelanggan yang membutuhkan smartphone baru. Dari segi spesifikasi, smartphone dengan kapasitas 64GB banyak diminati karena kapasitas memori tersebut cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi mulai dari video call hingga video streaming.

Christian Ng, VP Handphone Category Blibli menambahkan “Jika dilihat berdasarkan brand, loyalis brand smartphone Android asal Korea masih cukup besar. Namun brand smartphone Cina juga tidak kalah digemari pelanggan, karena menawarkan produk dengan spesifikasi dan jenis yang beragam untuk memenuhi kebutuhan berbagai segmen pelanggan.”

Christian menambahkan bahwa untuk membantu pelanggan mendapatkan smartphone yang diinginkan, Blibli menghadirkan fitur TukarTambah di mana pelanggan bisa tanpa ribet menukarkan smartphone lama dengan model terkini lewat aplikasi Blibli. Selain itu, Blibli juga menawarkan program Postpaid yang memungkinkan pelanggan mendapatkan smartphone dengan harga Rp 0 karena sudah ada bundling dengan paket dari operator.

Laptop yang ringkas dan fleksibel menjadi dambaan

Tren laptop di Blibli tahun ini dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat untuk tetap produktif di mana pun mereka berada. Banyak pelanggan mencari laptop yang ringkas, dan pilihan jatuh pada laptop dengan solid state drive (SSD) karena bentuknya yang tipis. Laptop dengan spesifikasi ini pun cocok untuk multitasking, termasuk untuk menikmati hiburan seperti online streaming.

Dari segi harga, laptop dengan kisaran harga Rp 4,5 juta hingga Rp 6,5 juta banyak dicari pelanggan karena menyeimbankan antara price point terjangkau dan spesifikasi yang memadai bagi kebutuhan para pelanggan.

Ada tren menarik lainnya di Blibli, yaitu menanjaknya permintaan laptop gaming dengan kisaran harga Rp 12 juta hingga Rp 20 juta. Hal ini menggambarkan bahwa bermain game telah menjadi kegiatan pengisi waktu para pelanggan saat di rumah. 

Konten di media sosial dan platform digital tetap penting

Pandemi tidak menjadi halangan bagi para content creator dalam berkreasi, salah satunya dengan membuat konten menarik, seperti vlog, untuk platform social media. Hobi baru ini membuat permintaan kamera mirrorless dengan kisaran harga Rp 7,5 juta hingga Rp 12,5 juta mengalami kenaikan.  Kamera jenis ini memang menjadi pilihan yang tepat bagi para content creator karena ukurannya yang compact, fitur vlogging yang canggih, dan resolusi gambar yang tinggi sehingga bisa menghasilkan vlog maupun foto-foto yang estetik.

Kamera lainnya yang dapat mendukung kreativitas para content creator adalah action camera dan kamera instan. Banyak pelanggan pun memilih high-end action camera di rentang harga Rp 15 juta – Rp 17 juta yang dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru sehingga menunjang pembuatan konten berkualitas tinggi.

Kurasi gadget terkini di Gadget Champions 2020

Sebagai e-commerce, Blibli mendorong transformasi digital yang tengah terjadi di masyarakat dengan mendukung Gadget Champions 2020, ajang penghargaan untuk berbagai pabrikan smartphone, laptop, dan kamera, yang dikurasi secara independen oleh YangCanggih.com dan DailySocial.

svg%3E

Bersamaan dengan Gadget Champions 2020, Blibli meluncurkan microsite yang berisi pilihan produk smartphone, laptop, kamera, dan tablet terbaik untuk menjadi referensi bagi pelanggan yang sedang mencari gadget. 

svg%3EDalam rangka Gadget Champions 2020 ini, Blibli juga menyiapkan berbagai promo spesial agar pelanggan dapat memenuhi wishlist gadget idaman.

Pada periode 14 – 20 Desember 2020, kategori Handphone & Tablet, Komputer & Laptop, dan Kamera menghadirkan penawaran khusus yaitu voucher diskon ekstra sebesar maksimal Rp 120.000, Flash Sale hingga 90%, dan Promo Serba12 mulai dari Rp 12.000 – Rp 1,2 juta. Blibli juga akan menggelar Gadget Fair mulai dari 21 – 31 Desember 2020 di mana kategori Handphone & Tablet akan memberikan diskon tambahan hingga Rp 200.000.

Bukan itu saja, kategori Komputer & Laptop memunculkan program promo yaitu diskon hingga Rp 500.000 dari brand-brand unggulan, dan kategori Kamera mengadakan promo diskon hingga Rp 4,5 juta untuk brand-brand yang populer di antara pelanggan. 

 

Menghadirkan gadget yang sesuai tren kebutuhan pelanggan adalah cara Blibli untuk memperlancar produktivitas dan kreativitas pelanggan seiring dengan pergerakan menuju Next Normal. Blibli pun berkomitmen untuk menjaga Customer Satisfaction First, yang mencakup ongkir gratis, pengiriman cepat, produk 100% berkualitas, pembayaran aman, retur 15 hari dan Customer Care 24/7, untuk pelanggan sesuai semangat #KarenaKamuNo1.