Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Review Lenovo ThinkBook Plus

7.3
Cek Harga

Laptop yang ditujukan untuk para pebisnis modern menjadi salah satu lini yang sangat diunggulkan oleh Lenovo di pasar Indonesia. Rangkaian produk mereka tergolong cukup komplit. Yang terbaru adalah Lenovo ThinkBook Plus, laptop berperforma oke yang tampil unik dengan layar ganda.

Bagi sebagian pengguna, memiliki laptop dengan dua layar mungkin belum menjadi kebutuhan. Tapi yang perlu diketahui, keberadaan layar kedua pada ThinkBook Plus mampu memberikan benefit menarik yang tidak akan Anda temukan pada laptop bisnis konvensional. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja simak ulasan kami:

Desain Lenovo ThinkBook Plus

Lenovo ThinkBook Plus mengusung konsep desain clamshell seperti laptop pada umumnya. Ketika pertama kali kami melihat perangkat ini, mata kami langsung tertuju pada layar kedua berukuran besar yang terpasang di cover bagian luar. Ide utamanya adalah layar ini menawarkan fungsi yang akan memudahkan Anda melakukan beberapa pekerjaan secara langsung tanpa perlu membuka laptop.

Tapi pembahasan soal layar kedua tersebut kita kesampingkan terlebih dahulu. Kembali ke desain, Lenovo ThinkBook Plus menggunakan material metal yang membuatnya terlihat amat premium, elegan, sekaligus kokoh. Acungan jempol patut kami tujukan pada kualitas rancang bangunnya.

Lenovo ThinkBook Plus adalah laptop yang cukup ramping. Secara lebar dan ketebalan, kami merasa laptop ini mudah dibawa dan masuk ke dalam tas. Bobotnya pun lumayan ringan, hanya sekitar 1,4 kilogram saja. Kombinasi yang tergolong menggiurkan, khususnya bagi Anda para pebisnis yang sering bepergian.

Ketika dibuka, Anda akan menemukan layar utama berukuran 13,3 inci dengan bezel yang tipis di bagian kiri dan kanan, tapi tidak di sebelah atas karena harus menampung webcam 720p. Tidak lupa juga kami sebutkan bahwa Lenovo ThinkBook Plus memiliki engsel yang memungkinkan untuk membukanya hingga 180 derajat.

Tampilan keyboard-nya kurang lebih mirip dengan laptop Lenovo ThinkBook kebanyakan, lengkap dengan touchpad yang secara dimensi dan posisi menurut kami sudah amat ideal. Pada dasarnya kami selalu menyukai keyboard di laptop Lenovo. Sesuai ekspektasi, Keyboard pada ThinkBook Plus terasa begitu nyaman saat digunakan untuk mengetik cepat.

Lenovo tidak lupa menyediakan sistem keamanan berupa sensor sidik jari yang menjadi satu dengan tombol Power. Sementara untuk ketersediaan port, pada sisi sebelah kanan Anda akan menemukan 2x USB 3.1 Gen 1 type-A, dan di sebelah kiri ada 1x HDMI, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C yang sekaligus berfungsi sebagai port daya, serta audio combo. Card reader? Sayangnya tidak ada.

Layar Lenovo ThinkBook Plus

Seperti disebutkan di atas, Lenovo ThinkBook Plus mengusung layar utama 13,3 inci dengan panel IPS yang memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 serta refresh rate 60Hz. Layar anti-glare ini punya tingkat kecerahan 300 nits dan cukup nyaman digunakan ketika berada di lokasi yang terang karena tidak reflektif. Meski begitu, layar tersebut belum mendukung sentuhan.

Secara fungsi layar utama Lenovo ThinkBook Plus sudah memadai untuk berbagai keperluan, termasuk hiburan. Tampilan gambarnya tajam dengan warna yang menurut kami cukup memanjakan mata. Lenovo mengklaim layar ini dapat menyajikan color gamut 100 persen sRGB.

Beralih ke layar kedua di bagian luar, ini adalah layar E-Ink monokrom seperti yang biasa Anda temukan pada perangkat e-Reader untuk membaca eBook. Ukurannya lumayan besar, 10,8 inci touch screen dengan resolusi yang juga Full HD. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan melalui layar E-Ink tersebut?

Yang pasti Anda bisa membaca ebook dengan nyaman. Layar hitam-putih ini juga mampu menampilkan beragam notifikasi yang masuk seperti email. Itu artinya, Anda bisa langsung membaca email tanpa harus membuka layar utama. Apalagi, Lenovo ThinkBook Plus mengadopsi fitur Modern Standby. Bukan cuma notifikasi, informasi utama seperti tanggal, hari, indikator baterai, hingga update cuaca juga tersedia.

Yang lebih menarik, layar E-Ink pada Lenovo ThinkBook Plus memungkinkan Anda untuk menulis catatan atau membuat sketsa menggunakan Precision Pen yang sudah termasuk dalam paket penjualan. Fitur yang mungkin akan sangat berguna ketika Anda sedang meeting dan membutuhkan akses cepat untuk mencatat. Selain itu, wallpaper pada layar ini pun bisa Anda ganti sesuai selera.

Secara keseluruhan kami cukup menyukai keberadaan layar kedua pada Lenovo ThinkBook Plus. Fungsi yang ditawarkannya terbilang inovatif dan fungsional. Walaupun demikian, ada kalanya kami merasa performa saat menggunakan layar E-Ink ini terasa kurang responsif, misalnya ketika ingin membuka notifikasi email. Perlu diketahui pula bahwa Precision Pen-nya menggunakan baterai AAAA.

Sekadar informasi tambahan, di sektor audio Lenovo ThinkBook Plus memiliki speaker Harman Kardon di bagian bawah yang mampu menyajikan kualitas suara lantang dan jernih. Lumayan asyik untuk menemani Anda menikmati musik atau ketika sedang menonton video.

Performa dan baterai Lenovo ThinkBook Plus

Masuk ke pembahasan performa, Lenovo mempersenjatai ThinkBook Plus dengan prosesor Intel Core i7 10510U generasi ke-10 yang ditemani RAM 16GB dan ruang penyimpanan NVMe PCIe SSD berkapasitas 512GB. Perpaduan yang lumayan oke meski sayangnya tidak didukung VGA discrete.

Kinerja Lenovo ThinkBook Plus terbilang gesit untuk menunjang berbagai pekerjaan standar yang tidak menuntut komputasi tinggi. Ketika diajak editing video ringan pun cukup ideal. Satu hal yang paling kami suka, Lenovo ThinkBook Plus memiliki storage dengan performa yang super kencang.

Selama digunakan dengan gaya pemakaian casual sehari-hari, kami tidak merasakan peningkatan suhu yang signifikan dan berpotensi mengganggu kenyamanan. Semua terasa stabil. Tidak heran karena sistem pendinginnya memakai dua buah kipas untuk membuang panas.

Soal konektivitas, Lenovo ThinkBook Plus dibekali WiFiax serta Bluetooth 5.0. Anda juga akan langsung bisa menikmati sistem operasi Windows 10 Pro. Beralih ke baterai, saat kami gunakan untuk bekerja sehari-hari, daya tahannya mencapai 6-7 jam saja. Sedikit lebih rendah dibanding harapan awal kami.

Kesimpulan

Lenovo ThinkBook Plus adalah laptop yang menarik jika Anda adalah seorang pebisnis yang menginginkan perangkat premium untuk bekerja dengan lebih produktif. Keunikannya dengan mengusung layar E-Ink di bagian luar bisa menjadi nilai plus bagi orang yang memang membutuhkan fungsi-fungsi yang ditawarkan layar tersebut. Kalau tidak butuh, jelas ada beragam alternatif lain di luaran sana yang secara spesifikasi dan harga lebih menggiurkan.

Bagi yang berminat, Lenovo ThinkBook Plus dijual dengan harga Rp23.900.000. Hanya ada satu varian dengan spesifikasi yang sama persis seperti yang kami ulas di artikel kali ini.

Kelebihan Lenovo ThinkBook Plus:

  • Build quality premium
  • Ukuran masih tergolong ringkas dan cukup ringan
  • Layar E-Ink menawarkan beberapa fungsi yang menarik
  • Performa oke dan stabil
  • Storage super kencang
  • Sistem pendingin mampu bekerja dengan baik
  • Keyboard nyaman
  • Paket penjualan komplit, sudah termasuk Precision Pen dan sleeve berkualitas tinggi

Kekurangan Lenovo ThinkBook Plus:

  • Tidak ada card reader
  • Layar E-Ink terkadang terasa kurang responsif (sedikit lag)

Lenovo ThinkBook Plus ideal untuk: Pebisnis. Profesional yang membutuhkan perangkat dengan akses cepat untuk mencatat dan menuangkan ide. Karyawan yang sering mobile.

Lenovo ThinkBook Plus kurang ideal untuk: Pengguna casual yang tidak terlalu membutuhkan fungsi yang ditawarkan layar E-Ink. Gamer.

Lenovo ThinkBook Plus
Lenovo ThinkBook Plus adalah laptop yang menarik jika Anda adalah seorang pebisnis yang menginginkan perangkat premium untuk bekerja dengan lebih produktif.
7.3
Cek Harga