[Tips] Cara Menghubungkan Instagram Bisnis dengan Nomor WhatsApp

Media sosial seperti Instagram merupakan salah satu platform yang paling populer bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk memulai memperkenalkan dan memasarkan produknya. Apalagi, Instagram menawarkan kemudahan dalam membuat akun bisnis sehingga lebih ideal untuk mengubahnya menjadi etalase virtual.

svg%3E

Yang lebih menarik, Instagram mengumumkan cara baru untuk memudahkan konsumen dalam menghubungi pemilik akun bisnis melalui WhatsApp. Sebagai negara pertama di Asia Pasifik yang mendapatkan fitur ini, para pelaku bisnis di Indonesia kini dapat menghubungkan nomor WhatsApp dengan profil Instagram bisnis mereka.

Apa kelebihan yang ditawarkannya? Menurut Instagram, dengan fitur baru tersebut, para pengguna dapat langsung menghubungi dan memulai percakapan dengan para penjual melalui WhatsApp hanya dengan satu klik setelah menemukan toko online di Instagram. Sebelumnya, konsumen harus memasukkan nomor WhatsApp bisnis yang tertera di profil Instagram bisnis secara manual.

“Instagram terus berkomitmen membantu UMKM dan para pelaku bisnis dalam memasarkan produk mereka serta mendorong penjualan, terutama di masa pandemi seperti ini. Kami menyadari bahwa banyak pelaku bisnis yang menggunakan Instagram sebagai etalase virtual, dan WhatsApp sebagai gerbang akhir untuk membangun obrolan lebih lanjut seputar produk dengan pelanggan guna mendorong penjualan,” ungkap Pieter Lydian, Country Director Facebook di Indonesia.

Penasaran bagaimana cara menggunakan fitur yang menghubungkan Instagram Bisnis dengan nomor WhatsApp? Yuk, langsung saja simak langkah-langkah di bawah ini:

svg%3E

Menambahkan tombol Whatsapp di profil Instagram bisnis:

  • Kunjungi halaman akun bisnis Instagram Anda, lalu pilih Edit Profil
  • Pilih opsi kontak, lalu tambahkan nomor WhatsApp Anda
  • Masukkan kode autentikasi yang Anda terima, lalu akun Instagram bisnis Anda akan terhubung secara otomatis
  • dengan akun WhatsApp Anda

Membatalkan tautan akun Instagram dengan WhatsApp melalui aplikasi WhatsApp:

  • Buka Fitur Bisnis dan pilih Pengaturan
  • Pilih akun tertaut
  • Pilih Instagram dan pilih Batalkan Tautan

Bagaimana? Mudah, ‘kan?