Review Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52)

8.5
Cek harga

Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52) di tahun 2020 ini menjadi salah satu andalan Acer untuk bertarung di segmen laptop tipis dan ringan. Tidak hanya mengedepankan rancangan yang ringkas, laptop ini juga tambah menarik dengan spesifikasi, fitur dan yang sangat menggoda adalah daya tahan baterainya yang sangat tahan lama. Penasaran bagaimana kebolehan Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52)? Simak ulasannya sebagai berikut.

svg%3E

Desain Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52)

Rancangan Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52) yang ringan berkat mengusung material magnesium alloy. Ini juga menjadikan tampilannya terlihat premium.

svg%3E

Secara keseluruhan dimensi Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52) tergolong ringkas dengan panel layarnya yang berukuran 13.5 inci. Rancangannya juga terasa sangat solid dan kokoh. Bobot laptop ini hanya sekitar 1,19 Kg, ringan dan tidak akan memberatkan tas saat diajak mobilitas. Dengan bodi yang hanya setebal 15,9mm Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52) juga tidak menyita banyak ruang di dalam tas. Dimensinya yang ringkas dan ringan jelas sangat ideal untuk para pengguna yang mobilitasnya tinggi.

Meski bodinya ramping Acer tidak mengorbankan port konektivitas. Port konektivitas yang dibawanya tergolong lengkap, termasuk dukungan port USB-C dengan Thunderbolt 3 yang cukup jarang kami temukan di laptop sekelas harganya. Port USB-C tersebut juga bisa digunakan untuk isi ulang baterainya. Port konektivitas lain yang dibawanya terdiri dari dua port USB-A, HDMI dan jack audio 3,5mm. Satu yang absen adalah slot pembaca kartu memori SD yang mungkin akan cukup merepotkan bagi sebagian pengguna yang masih membutuhkan.

Layar Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52)

Bergeser ke sektor layar, Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52) membawa panel layar IPS 13.5 inci yang resolusinya 2K 2256×1504 pixel. Selain resolusi layar yang tinggi panel layarnya tersebut juga mengadopsi rasio 3:2. Dengan rasio layar 3:2 ini area layar terlihat lebih lebar saat menampilkan konten jika dibandingkan panel laptop pada umumnya dengan rasio 16:9. Sangat nyaman digunakan untuk bekerja seperti mengolah dokumen spreadsheet dengan tabel yang panjang atau menikmati konten multimedia. Selain itu, bagian engsel layarnya juga bisa dibuka penuh rata dengan permukaan meja.

svg%3E

Kami sangat puas dengan panel layar Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52) ini. Warnanya juga sangat akurat dengan mendukung standar cakupan warna Adobe sRGB 100%. Cukup untuk mendukung kegiatan penciptaan konten seperti menyunting foto atau video. Tingkat kecerahan layar juga sangat baik. Jadi, tidak perlu khawatir saat digunakan di kondisi pencahayaan yang sangat terang.

svg%3E

Keyboard dan trackpad Layar Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52)

Di sektor keyboard Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52) membawa keyboard bergaya chicklet. Tombol keyboard yang dibawanya ini tergolong nyaman digunakan untuk mengetik dengan jarak antar tombol yang cukup pas. Melengkapi keyboardnya Acer menghadirkan lampu backlit yang berwarna putih. Ada dua opsi tingkat gelap terang lampu backlit keyboard yang bisa diatur sesuai selera.

svg%3E

svg%3E

Tepat di bawah keyboardnya kami juga menemukan sensor sidik jari yang bisa digunakan sebagai pengaman dan area trackpad. Area trackpad Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52) cukup besar. Trackpadnya ini juga sangat responsif dengan sentuhan jari. Di trackpad tersebut tombol klik kiri dan kanan menjadi satu kesatuan. Kedua tombol trackpadnya ini cukup nyaman untuk ditekan meski sedikit agak berisik saat ditekan. Acer juga turut menghadirkan tombol pintas F7 yang berfungsi untuk menonaktifkan area trackpadnya tersebut.

Spesifikasi Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52)

Di sektor spesifikasi Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52) tersedia dengan dua konfigurasi proseosor Intel Core Generasi ke-10, Intel Core i5-1035G4 dan Intel Core i7-1065G7. Unit Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52) yang kami review berikut menggunakan prosesor Intel Core i5-1035G4. Sistem laptop ini turut disokong kinerja GPU terintegrasi Intel Iris Plus. Sektor RAM yang didukungnya sebesar 8GB dan tersedia ruang penyimpanan SSD NVMe PCIe yang kapasitasnya 512GB. Hasil benchmarknya sebagai berikut.

Untuk pengujian produktivitas sehari-hari membuat dokumen, berselancar di internet dan menikmati konten multimedia spesifikasi dengan Intel Core i5-1035G4 ini sudah lebih dari cukup. Kinerjanya terasa sangat gegas, nyaris tidak terasa lag saat buka tutup aplikasi ataupun melakukan multitasking. Sayangnya, memang tidak ada opsi upgrade RAM ataupun slot untuk menambah storage di laptop ini. Jadi, Anda harus puas dengan konfigurasi standarnya.

svg%3E

Untuk kebutuhan konten kreasi laptop ini juga cukup bisa diandalkan. Disokong Intel Iris Plus yang kinerjanya sedikit lebih kencang dari Intel HD penyuntingan foto hingga video sederhana masih bisa dijalankan dengan cukup lancar. Bermain game yang tidak memerlukan kinerja grafis berat seperti CS:GO, DOTA:2, hingga GRID 2 untuk sekedar mengisi waktu luang juga cukup mumpuni di pengaturan grafis minimum. Bisa dimaklumi karena laptop ini memanglah bukan laptop gaming.

Baterai Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52)

Keunggulan lain dari Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52) adalah manajemen thermal dan konsumsi dayanya yang sangat irit. Sistem pendinginnya tergolong senyap dengan manajemen thermal yang amat baik. Permukaan keyboard bisa tetap nyaman digunakan tanpa adanya sensasi rasa hangat yang menggangu. Sementara, daya tahan baterainya cukup di atas rata-rata.

Untuk mendukung produktivitas kami sehari-hari mengetik dokumen di notepad, browsing, sesekali menonton konten di Youtube sambil terhubung ke WiFi, menyalakan mode power saver, tanpa backlit keyboard dan tingkat kecerahan layar 30%, baterainya bisa bertahan hingga nyaris 13 jam. Ini artinya, membawa laptop ini seharian Anda tidak perlu khawatir baterainya akan cepat habis.

Harga Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52)

Laptop di kategori tipis dan ringan memang tengah menjadi primadona. Tidak seperti di awal kemunculannya, laptop di kategori tipis dan ringan kini mampu tampil dengan performa yang kencang dan daya tahan baterai yang semakin tahan lama. Dua keunggulan tersebut bisa ditemukan di Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52). Dengan harga jual di kisaran 12,99 Juta Rupiah laptop ini tidak hanya sekedar ringkas tapi juga menawarkan perform dan daya tahan baterai yang sangat bisa diandalkan. Layar 2K 3:2 yang menawan dan dukungan port USB-C dengan Thunderbolt 3 juga menjadi nilai tambah. Laptop ini wajib dipertimbangkan dan cocok untuk kebutuhan produktivitas sehari-hari atau konten kreasi yang tidak terlalu berat bagi pengguna yang mobilitasnya tinggi.

Kelebihan Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52)
+ Desain ringkas dan ringan
+ Layar 2K 3:2 sangat memanjakan mata
+ Performa kencang
+ Kinerja cukup senyap
+ Baterai sangat tahan lama
+ Dilengkapi USB-C dengan Thunderbolt 3
+ Sensor sidik jari mendukung Windows Hello

Kekurangan Acer Swift 3 Air 2 (SF313-52)
– Tidak upgradeable
– Trackpad agak berisik
– speaker kurang bertenaga
– Tidak dilengkapi slot pembaca kartu memori SD

Laptop ini wajib dipertimbangkan dan cocok untuk kebutuhan produktivitas sehari-hari atau konten kreasi yang tidak terlalu berat bagi pengguna yang mobilitasnya tinggi.
8.5
Cek harga
Verified by MonsterInsights