Samsung Luncurkan TV MicroLED 4K dengan Panel Layar 110 Inci

Menutup tahun 2020, Samsung kembali mendobrak dunia audio visual. Pabrikan asal Korea Selatan ini resmi meluncurkan TV MicroLED dengan panel layar 4K yang berukuran 110 inci. TV ini merupakan pengembangan dari Samsung The Wall yang diperkenalkan Samsung tahun 2018 silam.

svg%3E

Desain Samsung TV MicroLED 110 Inci

Debut perdana Samsung The Wall hadir dengan panel layar berukuran 146 inci dan mengusung konsep modular. Disebut modular karena memang dibuat dari rangkaian beberapa panel MicroLED kecil.

Nah, TV MicroLED 4K 110 inci teranyarnya ini berbeda. Samsung TV MicroLED 110 inci kini tidak lagi mengusung konsep modular. Ini artinya, panel layarnya memang langsung berukuran 110 inci seperti TV layar datar pada umumnya. Satu hal yang juga sangat mengagumkan adalah rasio panel layar ke bodinya yang mencapai 99.9 persen. Berarti sama sekali tidak terlihat lagi ada bingkai layar.

Fitur Samsung TV MicroLED 110 Inci

Lalu apa istimewanya teknologi MicroLED dibandingkan OLED? MicroLED pada dasarnya merupakan panel yang mirip dengan OLED (Organic Light Emitting Diode). Di panel MicroLED dan OLED setiap piksel memiliki sumber cahayanya sendiri, dan bisa menyala atau mati sesuai kebutuhan. Hasilnya, kontras yang ditampilkan lebih menawan tanpa screen bleeding atau kebocoran cahaya pada panel layar.

svg%3E

svg%3E

Bedanya, MicroLED dengan OLED adalah material yang digunakan. MicroLED menggunakan material inorganic. MicroLED juga menggunakan lampu LED yang berukuran mikrometer. Kelebihannya bisa menghasilkan warna hitam yang sangat pekat dan tingkat kecerahan maksimum yang lebih tinggi. Daya tahannya juga lebih baik. Menurut klaim Samsung, TV ini bisa bertahan hingga sekitar 100.000 jam.

Untuk mengoptimalkan output visualnya, Samsung melengkapinya dengan Micro Ai Prosesor yang bisa mendukung output video 4K HDR. Panel layarnya juga sangat akurat dengan mendukung standar cakupan warna gamut 100% DCI dan Adobe RGB.

Untuk fitur lain, Samsung MicroLED 110 inci mendukung fitur split screen yang bisa menampilkan empat tampilan berukuran 55 inci di satu panelnya bersamaan. Selain itu, TV ini juga telah membawa speaker terintegrasi dengan tata suara 5.1 channel.

Harga Samsung TV MicroLED 110 Inci

Belum ada informasi lebih lanjut berapa harga jual dari Samsung TV MicroLED 110 inci ini. Rencananya, Samsung TV MicroLED 110 inci akan memulai debut perdananya di ajang CES 2021 bulan Januari nanti.

Verified by MonsterInsights