[Tips] Cara Mendengarkan Musik atau Podcast YouTube dengan Layar Mati di Smartphone Xiaomi

Konten musik selalu diminati oleh jutaan orang pengguna YouTube. Dari mulai video klip resmi milik penyanyi atau band terkenal, lagu dari musisi indie, hingga video cover banyak tersedia di YouTube. Belakangan ini, selain musik, konten berupa podcast atau semacam talk show juga semakin populer dan semuanya bisa diakses secara gratis.

Namun pernahkah Anda ingin mendengarkan musik atau podcast dari para kreator konten YouTube tanpa harus menonton videonya? Dengan kata lain, hanya ingin menikmati audionya saja dengan layar dimatikan. Tentu bisa. Cara paling mudah adalah dengan berlangganan YouTube Premium.

Yang menarik, Xiaomi memiliki sebuah fitur di MIUI 12 yang memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik atau Podcast YouTube dengan layar ponsel mati. Fungsi ini menjadi salah satu penawaran dari rangkaian fitur yang ada di Video Toolbox. Contoh smartphone Xiaomi yang telah dibekali Video Toolbox adalah Mi 10T Series.

Penasaran bagaimana caranya? Langsung simak langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke Setting, lalu pilih Special Features.
  2. Pilih Video Toolbox
  3. Klik Manage Video Apps, lalu pilih aplikasi apa saja yang ingin mendukung Video Toolbox.
  4. Anda juga bisa menentukan lokasi shortcut untuk bisa mengakses Video Toolbox ketika menonton video.
  5. Ketika semua sudah diaktifkan, buka aplikasi YouTube lalu pilih video musik atau podcast favorit Anda.
  6. Geser shortcut di pojok kiri atas untuk membuka jendela Video Toolbox.
  7. Geser satu kali di baris paling atas, dan Anda akan menemukan fitur Play Video Sound with Screen Off. Klik fitur tersebut maka Anda bisa mendengarkan audio dari video yang diputar tanpa harus menghidupkan layar ponsel.

Bagaimana? Mudah dan menarik ‘kan? Untuk saat ini kami baru mencoba Video Toolbox di Xiaomi Mi 10T. Tidak menutup kemungkinan fitur tersebut juga tersedia di smartphone Xiaomi lainnya yang sudah mengadopsi MIUI 12, contohnya Redmi Note 9, Poco X3 NFC, dan Poco F2 Pro. Langsung saja cek ponsel Xiaomi Anda dan beri komentar di bawah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain