Kelebihan dan kekurangan HP Omen Laptop 15-en0013AX (2020)

Laptop gaming kembali mendominasi pasar di tahun 2020 ini. Setiap pabrikan masih berlomba-lomba menghadirkan laptop gaming. Spesifikasi dan harga yang ditawarkan semakin kompetitif. Alhasil, gamer akan cukup sulit untuk menentukan pilihan. Nah, jika Anda tergoda dengan salah satu laptop gaming teranyar HP, Omen Laptop 15-en0013AX (2020), berikut kelebihan dan kekurangannya yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli.

svg%3E

Kelebihan HP Omen Laptop 15-en0013AX (2020)

1. Performa kencang
Bicara laptop gaming performa yang kencang wajib menjadi prioritas. Nah, HP Omen Laptop 15-en0013AX (2020) datang dengan AMD Ryzen 7 4800H dan Nvidia RTX 2060 6GB. Sektor RAM dan SSD yang dibawanya juga masih dimungkinkan untuk upgrade.

svg%3E

Patut diakui kombinasi ini berhasil menghadirkan performa gaming yang sangat jempolan. Beberapa judul gaming AAA yang kami uji dari Red Dead Redemption 2, Shadow of Tomb Raider, dan Metro Exodus bisa dijalankan dengan mulus di setting tertinggi. Spesifikasinya ini bahkan masih sangat mumpuni untuk penyuntingan video dan foto di resolusi tinggi hingga melalukan rendering 3D.

2. Desain minimalis
Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, laptop gaming kini berevolusi dengan gaya yang semakin minimalis. Begitu juga HP Omen Laptop 15-en0013AX (2020) Berkat desain minimalisnya laptop ini tidak akan terlalu menonjol dan mencuri perhatian di area publik. Cocok diajak meeting untuk mendukung kerja saat tidak digunakan gaming.

3. Baterai irit
Meski performanya sangat bertenaga konsumsi daya laptop ini tergolong irit. Dari pengujian kami, dengan pengaturan manajemen daya Windows performance di opsi better battery, menggunakan mode Comfort dan Fan Speed auto di Omen Command Center, tingkat kecerahan layar 50%, terhubung ke WiFi, mengetik di notepad dan browsing, baterainya bisa menemani produktivitas kami hingga sekitar 7 jam.

4. Keyboard nyaman digunakan dan dilengkapi lampu backlit RGB
svg%3E
HP Omen Laptop 15-en0013AX hadir dengan keyboard yang nyaman digunakan. Untuk menonjolkan sedikit aura gamingnya, keyboard Omen Laptop 15-en0013AX telah dilengkapi pencahayaan RGB. Tingkat kecerahan hanya satu tingkatan saja dengan opsi kustomisasi warna lampu 4 zona yang bisa diatur sesuai selera lewat Omen Command Center.

svg%3E

5.Audio bertenaga
Sektor audionya dipercayakan pada speaker speaker dari Bang & Olufsen dengan dukungan fitur DTS:X Ultra dan HP Audio Boost 2.0. Speaker Omen Laptop 15-en0013AX tergolong sangat baik. Output suara cukup bertenaga dan jernih.

6. Kinerja adem
Omen Laptop 15-en0013AX kini mengadopsi teknologi pendingin baru Omen tempest Cooling. Sistem pendinginnya ini disokong dengan lubang-lubang ventilasi udara di bagian bawah dan belakang bodinya.

Performa sistem pendingin teranyarnya ini sangat memuaskan. Saat bermain game yang intens kipas pendinginnya mampu menjaga performa laptop tetap stabil dan tidak cepat panas

7. Layar 144Hz
svg%3E
Sebagai laptop gaming panel layarnya juga telah mendukung refresh rate 144Hz dengan waktu respon 7 milidetik. Panelnya yang tidak memantulkan bayangan ini juga sangat nyaman untuk gaming.

Kekurangan HP Omen Laptop 15-en0013AX (2020)

1. Penempatan tombol power agak menggangu
svg%3E
Desain keyboard Omen Laptop 15-en0013AX berbeda dengan laptop gaming kebanyakan. Di sisi kanan tidak lagi ditemukan tombol numpad dan digantikan dengan tombol panah dan beberapa tombol pintas. Tombol numerik numpad pindah ke bagian atas keyboard. Penempatan tombol Power juga tidak biasa. Tombol power diapit tombol F12 dan Delete. Letak tombol power tersebut memang rawan tertekan secara tidak sengaja.

2. Kinerja kipas pendingin agak bising di pengaturan fan maksimum
Meski sistem pendinginnya mumpuni, di pengaturan kipas maksimum kinerja kipasnya memang sedikit agak bising. Bagi sebagian orang mungkin ini akan mengganggu.

3. Kamera belum dilengkapi fitur IR untuk mendukung Windows Hello dan penutup untuk melindungi privasi
HP Omen Laptop 15-en0013AX membawa kamera webcam HP Wide Vison 720p HD. Sayangnya, HP belum melengkapinya dengan IR webcam yang mendukung Windows Hello. Webcam tersebut juga belum dilengkapi fitur penutup yang saat ini cukup penting untuk melindungi privasi saat webcam tidak digunakan.