Fujifilm Umumkan Firmware Versi 3.00 untuk GFX100, Tambah Kemampuan Memotret Hingga 400 Megapixel

Fujifilm mengumumkan pembaruan firmware untuk kamera medium format Fujifilm GFX100. Lewat pembaruan firmware versi 3.00 ini Fujififlm GFX100 yang membawa sensor 102 megapixel kini dimungkinkan untuk menghasilkan foto di resolusi 400 megapixel.

svg%3E

Fitur pembaruan firmware versi 3.00 Fujifilm GFX100

Pembaruan firmware Fujifilm GFX100 membawa satu fitur baru yang bernama Pixel Shift Multi-Shot. Fitur ini menggabungkan kemampuan sensor 102 megapixel Fujifilm GFX100, fitur penstabil di bodinya dan prosesor X-Processor 4 untuk menggerakkan sensor gambar sebesar 0,5 pixel untuk secara bertahap merekam informasi piksel RGB resolusi tinggi selama pembuatan 16 gambar RAW.

Gambar tersebut kemudian dapat diimpor ke Pixel Shift Combiner, untuk membuat gambar 400MP tunggal, dan dikeluarkan sebagai file DNG RAW untuk diproses lebih lanjut di Capture One atau perangkat lunak pengeditan lain yang kompatibel.

svg%3E

Fungsi Pixel Shift Multi-Shot ini juga mampu mereproduksi detil lebih halus dan warna yang akurat dari setiap pikse dalam warna merah, hijau, dan biru. Hal ini memungkinkan reproduksi warna yang sangat akurat dengan hampir tidak ada warna palsu yang terjadi, bahkan dalam detail yang paling halus.

Ini menjadikannya sangat cocok untuk pengarsipan digital dan pelestarian karya seni, aset budaya, dan aplikasi lain yang membutuhkan ketelitian warna yang sangat tinggi dan reproduksi detil halus.

Firmware versi 3.00 untuk Fujifilm GFX 100 dan aplikasi Pixel Shift Combiner untuk sistem operasi macOS dan Windows saat ini sudah tersedia dan bisa diunduh melalui situs Fujifilm.