Review Huawei MatePad Pro

Di tahun 2020 ini Huawei cukup rajin meluncurkan beragam produk dari smartphone, earbud nirkabel, tablet PC, jam tangan pintar, dan masih banyak lagi. Salah satu yang berhasil mencuri perhatian kami adalah tablet PC teranyarnya MatePad Pro. Fitur yang dibawa tablet ini sangat lengkap. Spesifikasi yang dibawanya pun amat menjanjikan. Penasaran dengan performa dan fitur apa saja yang dibawanya? Simak ulasan kami berikut ini.

svg%3E

Desain Huawei MatePad Pro

Huawei MatePad Pro hadir dengan desain yang terlihat sangat premium. Bodinya cukup ramping dan ringan. Ketebalan bodinya hanya sekitar 7,2 mm. Sementara, bobotnya hanya sekitar 460 gram saja. Sangat hemat tempat dan tidak berat saat dibawa berpergian. Dilapisi warna midnight grey tampilannya juga terlihat mewah dan tidak pasaran.

svg%3E

Di bagian muka MatePad Pro membawa panel layar 10.8 inci dengan teknologi Full View Display. Panel layarnya ditemani kamera depan 8 megapixel dengan gaya punch hole dan bingkai yang sangat tipis. Rasio panel layar ke bodi MatePad Pro mencapai 90%. Sangat lega untuk menikmati konten hiburan atau bekerja.

Panel layar MatePad Pro ini juga jempolan. Dengan resolusi layar QHD 2560 x 1600 pixel dan tingkat kerapatan hingga 280ppi, visual yang tersaji di layarnya terlihat amat tajam. Warnanya juga akurat dengan dukungan standar warna DCI-P3. Tingkat kecerahan layarnya mencapai 540 nits. Ini menjadikan layarnya bisa tetap jelas terlihat sekalipun di kondisi pencahayaan yang sangat terang. Cukup disayangkan panel layarnya ini belum diperkuat dengan lapisan pelindung Corning Gorilla glass.

Beralih ke bodi belakang, MatePad Pro membawa modul kamera dengan sensor 13 megapixel. Bagian belakang bodinya ini agak licin. Tapi, untunglah di paket pembeliannya sudah termasuk dengan keyboard case. Bagian atas bodinya bisa di temukan tombol pengaturan volume dan slot kartu SIM. Di sisi kiri tombol power yang ditemani dengan speaker. Di sisi kanan terdapat port USB-C untuk isi ulang baterai dan juga speaker.

svg%3E

Audio Huawei MatePad Pro

Di MatePad Pro Huawei menyematkan konfigurasi quad speaker. Empat speakernya bisa ditemukan di sisi kiri dan kanan bodinya. Sistem audio MatePad Pro ini juga mendapat dukungan fitur stereo Histen 6.0 3D dan konfigurasi suara yang diatur oleh pabrikan Harman Kardon. Hasilnya? Output suara Huawei MatePad Pro terasa sangat jernih dan bertenaga. Di atas rata-rata tablet lain sekelasnya. Ini mejadikan MatePad Pro sangat ideal untuk multimedia seperti mendengarkan musik, menonton film hingga bermain game.

Keyboard Case dan M-Pencil Huawei MatePad Pro

Beralih ke aksesorsinya, unit yang kami terima lengkap dengan keyboard case dan pena stylus Huawei M-Pencil. Tidak bisa dimungkiri kedua aksesori ini langsung mengingatkan kami dengan aksesoris keyboard case dan Apple Pencil untuk iPad.

Keyboard Case dan Huawei M-Pencil mengusung konsep magnetik yang praktis. Keyboard case tersebut terlihat cukup mewah dengan lapisan kulit yang bertekstur mirip kulit jeruk. Dengan konsep magnetik keyboard case ini bisa langsung menempel ke bodi belakang MatePad Pro dengan cepat dan mudah.

svg%3E

Saat digunakan mengetik sudut MatePad Pro juga bisa diatur sesuai kenyamanan masing-masing pengguna. Tombol-tombol di keyboard case ini berukuran cukup besar. Empuk juga ditekan dan tidak berisik. Sangat nyaman digunakan untuk mengetik dalam jangka waktu lama.

Satu kekurangan yang kami temukan adalah sistem magnetiknya ini agak kurang kuat. Saat menempel ke bodi MatePad Pro cukup rawan lepas atau geser.

svg%3E

Untuk M-Pencil sendiri sistem magnetnya lumayan kuat. Cukup bisa diandalkan saat diajak mobilitas agar M-Pencil tidak hilang karena M-Pencil bisa menempel langsung di sisi atas bodinya. Saat menempel M-Pencil akan isi ulang baterai secara otomatis mengambil daya dari baterai MatePad Pro. Jadi, tidak perlu khawatir baterainya akan habis.

svg%3E

Digunakan untuk menulis atau membuat coretan M-Pencil terasa sangat responsif dan nyaman digunakan berkat sensitivitas tekanan yang mencapai 4096 tingkatan. Sensasinya cukup natural dan mirip seperti menulis dengan pena di atas kertas. Untuk mendukung M-Pencil Huawei juga telah menyediakan aplikasi khusus bernama Nebo. Tapi, kabar baiknya M-Pencil juga mendukung aplikasi mengggambar lain. Saat kami gunakan dengan Adobe Draw, M-Pencil masih bisa digunakan untuk menggambar dengan nyaman dan presisi.

Fitur Huawei MatePad Pro

svg%3E

Huawei MatePad Pro menjalankan sistem operasi EMUI 10.0.1 yang berbasis Android 10.0. Layanan Google Service masih tetap absen di sini. Penggantinya adalah Huawei Mobile Service (HMS) yang kami rasakan semakin optimal. Kami tidak akan mengulas lebih lanjut antarmuka EMUI 10.0.1 di MatePad Pro. Pasalnya, antarmukanya masih sama saja dengan versi smartphone. Tapi, untuk pengalaman atau user experience menggunakan tablet ini sangat berbeda dengan versi smartphone. Ini berkat fitur-fitur yang dibawa oleh Huawei MatePad Pro.

svg%3E

Fitur pertama yang akan kami ulas adalah MultiScreen Collaboration. Lewat MultiScreen Collaboration Anda dimungkinkan untuk melakukan sinkronisasi smartphone ke MatePad Pro untuk berbagi layar. Fitur ini banyak sekali kelebihan. Kekurangannya satu saja, yakni hanya kompatibel dengan smartphone keluaran Huawei. Kebetulan kami adalah pengguna Huawei Mate 20 jadi bisa langsung merasakan pengalaman menggunakan fitur ini.

Cara menggunakan MultiScreen Collaboration juga sangat mudah. Hanya perlu memastikan WiFi dan Bluetooth aktif, kemudian klik tombol pintas MultiSCreen Collaboration di notification bar. Setelah itu Anda akan diminta untuk scan barcode. Setelah terhubung semua tampilan antarmuka di smartphone akan langsung muncul di layar MatePad Pro.

Dengan fitur ini artinya Anda tidak perlu lagi memegang smartphone. Pasalnya, semua tampilan dan fungsi smartphone bisa dikendalikan di layar MatePad Pro.

svg%3E

Apa saja yang bisa dilakukan? Sangat banyak. Berbagi file dokumen atau foto dari smartphone ke MatePad Pro bisa dilakukan hanya dengan drag and drop saja. Menjawab panggilan telefon, panggilan video dan membalas pesan yang masuk ke smartphone pun bisa. Bahkan, Anda dimungkinkan untuk menjalankan semua aplikasi yang ada di smartphone, termasuk aplikasi chat Whatsapp hingga game. Untuk mengujinya bahkan kami berhasil bermain game Genshin Impact di layar MatePad Pro yang lebih besar.

svg%3E

svg%3E

Fitur kedua adalah Multi Window. Multi Windows memungkinkan Anda untuk membuka dua aplikasi bersamaan di satu layar MatePad Pro. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu menyapu sisi kiri atau kanan layar MatePrPro hingga muncul dock Multi-Window. Setelah dock Multi Windows muncul akan terlihat ikon aplikasi. Klik aplikasi-aplikasi tersebut untuk memanfaatkan Multi Windows. Fitur ini jelas berguna untuk pengguna yang sering multitasking dan bisa mempercepat alur kerja. Sayangnya, tidak semua aplikasi mendukung fitur ini.

svg%3E

Fitur ketiga yang paling menarik adalah PC Mode. Fitur ini adalah salah satu yang paling sering kami gunakan. Saat masuk di PC Mode antarmuka Huawei MatePad Pro langsung berubah menjadi antarmuka desktop seperti di PC. Meski antarmukanya berubah semua aplikasinya tetap bisa dijalankan.

svg%3E
Antarmuka PC Mode

Dari pengujian kami PC Mode sangat nyaman dan optimal untuk produktivitas sehari-hari. Membuat dokumen dan mengetik di keyboardnya bisa mengandalkan aplikasi WPS Office. Browsing di internet masih bisa mengandalkan aplikasi browser bawaan, atau aplikasi lain seperti Firefox, Opera mini, hingga Google Chrome. Aplikasi WhatsApp Web pun bisa kami jalankan seperti biasa kami di laptop.

svg%3E

Singkatnya, PC Mode menurut kami berhasil memberikan pengalaman seperti menggunakan laptop yang sesungguhnya. Pengalaman kami menggunakan MatePad Pro seperti laptop dengan PC Mode juga semakin mengesankan karena MatePad Pro kompatibel dengan mouse lewat koneksi Bluetooth.

svg%3E

Lalu bagaimana dengan aplikasinya? Untuk mendapatkan aplikasi MatePad Pro tetap mengandalkan AppGalery yang merupakan toko aplikasi besutan Huawei untuk menggantikan Google Play Store. Jumlah aplikasi di AppGalery terus bertambah meski belum bisa menyaingi PlayStore. Hampir semua aplikasi esensial yang digunakan sehari-hari juga sudah tersedia di AppGalery. Termasuk aplikasi banking, e-commerce, berita dll. Beberapa aplikasi yang sering kami gunakan seperti Netflix dan Spotify juga bisa berjalan lancar di MatePad Pro.

svg%3E
Petal Search

Jika tidak ada aplikasi yang Anda inginkan di AppGalery, tenang saja Huawei sudah menyiapkan Petal Search. Petal Search adalah mesin pencari pintar dari Huawei. Petal Search bisa mencari apa saja, termasuk mencari aplikasi apapun yang diperlukan dari Huawei AppGalery ataupun penyedia apk pihak ketiga.

svg%3E

Dari pengujian kami, kolaborasi Petal Serarch dan semua fitur yang dibawanya tersebut menjadikan MatePad Pro tetap sangat bisa diandalkan meski tanpa layanan Google. MatePad Pro juga mampu mendukung produktivitas kami sehari-hari, bisa digunakan untuk menikmati konten multimedia, hingga mengasah kreativitas kami dengan menggambar berkat M-Pencil tanpa perlu lagi menggunakan laptop.

Kamera Huawei MatePad Pro

Huawei MatePad Pro membawa kamera belakang yang resolusinya 13 megapixel dengan lensa F/1.8. Tidak seperti smartphone Kamera memang bukan salah satu fitur yang diunggulkan tablet. Tapi, kamera MatePad Pro menurut kami cukup memuaskan untuk sebuah tablet. Hasil foto terlihat cukup tajam dan warnanya juga relatif akurat di kondisi pencahayaan yang cukup. Setidaknya, kehadiran kameranya ini bisa mencukupi untuk sekedar mengambil foto saat sedang tidak memegang smartphone. Hasil fotonya sebagai berikut:

IMG_20201106_164148

IMG_20201106_164859

IMG_20201106_165218

IMG_20201106_164129

IMG_20201106_165234

Performa Huawei MatePad Pro

Performa Huawei MatePad Pro dipercayakan pada chipset Kirin 990 dari Huawei yang disokong RAM 6GB dan memori internal 128GB. Secara keseluruhan kinerjanya terasa sangat kencang saat kami gunakan. Hasil benchmarknya sebagai berikut.

Nyaris kami tidak menemukan problem lag di tablet PC ini. Untuk produktivitas dan multitasking seperti mengetik dokumen sambil browsing, hingga menyunting foto dan video untuk membuat konten semua bisa berjalan dengan sangat lancar. Perpindahan dan keluar masuk aplikasi terasa sangat mulus. Untuk hiburan spesifikasinya pun sangat bisa diandalkan untuk gaming atau menonton video di resolusi tinggi. Bermain Call of duty mobile ataupun PUBG Mobile bisa berjalan dengan tanpa masalah di pengaturan grafis maksimal.

Baterai Huawei MatePad Pro

Lalu bagaimana dengan daya tahan baterainya? Dari pengujian benchmark menggunakan futuremark baterainya yang berkapasitas 7250 mAh bisa mencatatkan waktu pakai hingga sekitar 21 jam dengan hanya terhubung ke WiFi saja. Baterainya ini memang tergolong tahan lama. Selama kami gunakan sehari-hari tanpa menggunakan kartu SIM 4G, terhubung ke WiFi saja untuk produktivitas seperti membuat dokumen, browsing, membalas email, chat, sesekali gaming, baterainya bisa menemani kami lebih dari satu hari.

Kabar baiknya, dengan kapasitas baterainya yang sangat besar tersebut Huawei MatePad Pro juga didukung fitur Super Charge dari Huawei. Berkat fitur ini pengisian baterainya bisa lebih cepat. Dengan waktu isi ulang 30 menit baterainya juga bisa digunakan hingga sekitar 3 Jam. Pengisian baterainya ini turut mendukung fitur pengisian baterai nirkabel.

Kesimpulan

Huawei MatePad Pro adalah tablet PC yang nyaris sempurna. Spesifikasinya yang bertenaga berhasil dipadukan dengan layar menawan, speaker kelas jempolan dan daya tahan baterainya yang sangat tahan lama. Keunggulan lain, MatePad Pro dilengkapi PC Mode, serta bisa mendukung keyboard dan mouse Bluetooth. Kombinasi ini menurut kami sangat ideal untuk para pekerja dan cukup sempurna sebagai pengganti laptop untuk bekerja sehari-hari di tengah tren WFH.

Absennya layanan Google di MatePad Pro memang tetap menjadi kekurangannya. Tapi, setidaknya dari pengujian kami hampir semua aplikasi esensial untuk mendukung produktivitas dan hiburan bisa menjadikannya tetap fungsional sebagai teman bekerja. Hanya butuh waktu singkat untuk beradaptasi dengan Huawei Mobile Service.

Dengan spesifikasi dan sederetan fitur yang dibawanya harga jual Huawei MatePad Pro ada di kisaran 10 Jutaan. Harga jualnya ini memang premium, tapi sebanding dengan spesifikasi dan semua fitur yang dibawanya. Di paket pembeliannya bahkan Anda sudah langsung mendapatkan keyboard cover dan Huawei M-Pencil yang senilai 3 juta Rupiah.

Tablet PC ini sangat kami rekomendasikan untuk para eksekutif muda, para pekerja ataupun siapa saja yang memerlukan tablet PC Android dengan fitur lengkap untuk mendukung produktivitas atau hiburan. Dengan membawa Keyboard Cover dan pena stylus Huawei M-Pencil, Huawei MatePad Pro juga bisa menjadi alternatif Apple iPad Pro dengan harga jual yang lebih murah.

Kelebihan Huawei MatePad Pro

+ Desain premium
+ Harga relatif terjangkau
+ Paket pembelian komplit sudah termasuk keyboard case dan Huawei M-Pencil
+ Fitur lengkap
+ Layar menawan
+ Performa bertenaga
+ Speaker amat baik
+ Daya tahan baterai sangat tahan lama
+ PC Mode sangat optimal untuk menggunakannya seperti laptop
+ Mendukung 4G

Kekurangan Huawei MatePad Pro

– Multiscreen Colaboration terbatas hanya untuk pengguna ponsel Huawei
– Magnet di keyboard case kurang kuat
– Tidak mendukung layanan Google
– Aplikasi di AppGallery masih terbatas
– Layar belum diperkuat lapisan Corning Gorilla Glass

Tablet PC ini sangat kami rekomendasikan untuk para eksekutif muda, para pekerja ataupun siapa saja yang memerlukan tablet PC Android dengan fitur lengkap untuk mendukung produktivitas atau hiburan.
9