Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review Vivo V20

Vivo V20 4
8.5

Vivo V20 hadir sebagai salah satu penantang serius di kelas menengah, khususnya di kisaran harga 4 sampai 5 juta rupiah. Pasalnya, smartphone yang mengusung tagline “Perfect Shot, Perfect Moment” ini menawarkan kombinasi yang apik antara tampilan eksterior, komposisi hardware, serta fitur-fitur pendukung lainnya.

Penasaran seperti apa keunggulan yang dimiliki oleh Vivo V20? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkap kami:

Desain Vivo V20

Cantik dan menawan. Dua kata itulah yang pertama kali terlintas di benak kami ketika pertama kali menggenggam Vivo V20. Varian warna Sunset Melody yang kami uji terlihat begitu stylish. Sesuai namanya, Sunset Melody mengedepankan nuansa matahari terbenam yang indah. Gradasi warnanya pun selalu berubah tergantung dengan arah datangnya cahaya.

vivo V20 1 1

 

Vivo V20 menggunakan AG Matte Glass pada cover belakangnya yang turut memberikan kesan elegan. Yang lebih menarik, kaca ini sudah dilapisi teknologi Anti Fingerprint sehingga tidak mudah kotor oleh bekas jari. Cocok untuk Anda yang kurang suka memasang casing tambahan. Sejauh pengujian kami, bukan berarti tidak akan ada bekas jari yang menempel. Masih ada, tapi tidak terlihat terlalu mencolok dan mudah dibersihkan.

Pada cover belakang Anda tidak akan menemukan sensor sidik jari. Ya, sama seperti generasi sebelumnya, sensor ini ada di balik layar. Soal penempatan kamera belakang, jujur saja kami cukup menyukai desain frame-nya yang memuat tiga sensor beserta lampu flash. Entah kenapa, terlihat bagus dan menambah estetika.

Vivo V20 1

Bodi dari Vivo V20 Sunset Melody juga cukup tipis dengan ketebalan hanya 7,48mm dan berat 172 gram. Ini membuat Vivo V20 menjadi salah satu ponsel kelas menengah paling ramping yang ada di pasaran Indonesia. Selain itu, ketika dipegang pun V20 terasa cukup solid dan nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan.

Sayangnya semua kelebihan yang disajikan melalui desain cover belakang V20 sedikit terganggu saat kami melirik bagian depannya. Ketika hampir semua smartphone kelas menengah sudah mulai menggunakan layar dengan desain punch hole untuk menampung kamera depan, Vivo justru mundur ke belakang dan kembali ke desain poni. Padahal V19 sudah memakai layar punch hole. Ukuran bezel yang mengelilingi layar juga tidak bisa dibilang tipis.

V20 Bodi

Vivo V20 memiliki dua buah slot SIM-card dan satu slot yang terdedikasi khusus untuk microSD. Port yang digunakan sudah USB Type-C, dan posisinya ada di bawah berdampingan dengan lubang audio jack 3.5mm dan speaker. Dalam paket penjualannya, Vivo V20 sudah dilengkapi dengan softcase dan headset.

Layar Vivo V20

Meski secara desain agak sedikit ketinggalan zaman, harus diakui bahwa layar Vivo V20 mampu menampilkan gambar dengan baik. Ketajaman dan saturasi warnanya terlihat memanjakan mata. Sekadar informasi, layar Vivo V20 berukuran 6,44 inci dengan panel Super AMOLED yang memiilki resolusi Full HD+.

Vivo V20 3

Tidak mengikuti tren refresh rate tinggi, Vivo V20 masih mengandalkan layar 60Hz saja. Walaupun demikian, layar ini sudah mendapatkan sertifikasi SGS Eye Care Display yang artinya mampu meredam emisi cahaya biru yang kurang baik untuk kesehatan mata.

Intinya layar Vivo V20 sudah amat memadai untuk mendukung menampilkan berbagai konten. Di balik layar ini pula Vivo membenamkan sensor sidik jari. Sejauh pengujian kami dengan sederet ponsel Vivo yang punya fitur serupa, termasuk pada V20, sensor tersebut selalu mampu membaca sidik jari dengan cepat dan akurat.

Sistem operasi Vivo V20

Satu hal yang patut diapresiasi, Vivo V20 sudah mengadopsi sistem operasi FunTouch OS 11 berbasis Android 11 terbaru. Selain fitur-fitur bawaan dari Google, Anda juga akan menemukan fitur pendukung menarik lainnya seperti Multi-Turbo, Ultra Game Mode, dan masih banyak lagi.

Ada pula Jovi Home yang akan memudahkan Anda untuk mengakses berbagai fitur secara cepat, seperti pembersihan memori, kalkulator, mengunci aplikasi, dan sebagainya. Jovi Home menampilkan informasi yang relevan untuk aktivitas harian seperti perubahan cuaca, status kesehatan saat berolahraga, dan saran agar terhindar dari dehidrasi.

Yang lebih menarik, Vivo V20 juga telah dibekali NFC multifunction. Disebut multifungsi karena memang NFC pada ponsel ini bukan cuma bisa digunakan untuk cek saldo e-money dan transfer file saja, tetapi dapat juga memindahkan fungsi kartu akses ke Vivo V20.

Kamera Vivo V20

Untuk kamera belakang, Vivo V20 dipersenjatai sensor utama 64 MP, sensor 8 MP dengan mode Super Wide, Super Macro, dan Depth, serta 2 MP Mono. Kamera ini mempunyai beberapa fitur pendukung seperti Super Night Mode, Motion Autofocus dengan Smart Zoom yang memungkinkan mendeteksi dan menangkap objek yang sedang bergerak, Memory Recaller, Dual-View Video (tersedia untuk kamera depan dan belakang), Art Portrait Video dan Dynamic Sky.

Vivo V20 4

Sementara untuk urusan selfie, V20 dibekali kamera depan 44 megapixel Eye Autofocus yang merupakan kombinasi teknologi Eye Tracking dan Autofocus. Menurut Vivo, fitur tersebut mampu mengenali bagian mata dan wajah meskipun pengguna bergerak ke segala arah, untuk memastikan hasil foto dan video tetap fokus.

Kamera depan Vivo V20 juga dilengkapi kemampuan untuk merekam video hingga resolusi 4K. Ada pula fitur menarik lainnya seperti Super Night Selfie, Steadyface Selfie Video, Slo-Mo Selfie Video, dan Dual-View Video yang secara bersamaan akan merekam video menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus.

Dual Video Vivo V20

Ultra Stable Vivo V20

Steady Face Vivo V20

Hasil fotonya bisa dibilang tergolong amat baik di kelasnya, baik pada kondisi cahaya yang terang maupun indoor dengan penerangan lampu. Gambar yang ditangkap dengan kamera belakang terlihat tajam dan saturasi warnanya sedikit diangkat, tapi tidak terlalu berlebihan.

Hasil foto Vivo V20 (4)

Hasil foto Vivo V20 (11)

Hasil foto Vivo V20 (9)

Hasil foto Vivo V20 (10)

Hasil foto Vivo V20 (15)

Hasil foto Vivo V20 (13)

Hasil foto Vivo V20 (12)

Hasil foto makro Vivo V20

Kamera depan menjadi keunggulan utamanya. Bahkan bisa dibilang, foto selfie yang dihasilkan Vivo V20 termasuk salah satu yang paling bagus di jajaran ponsel masa kini. Warna wajah terlihat cukup natural, dan secara keseluruhan fotonya minim noise meskipun pemotretan dilakukan di kondisi cahaya temaram. Anda juga bisa memanfaatkan mode malam untuk selfie di tempat yang agak gelap.

Hasil foto Vivo V20 (1)

Vivo V20 Editing Features (4)

Vivo V20 Editing Features (2)

Performa Vivo V20

Vivo V20 dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 720G yang ditemani RAM 8 GB dan storage internal 128 GB. Kombinasi yang tergolong standar untuk ukurang smartphone kelas menengah saat ini. Meski begitu, tentunya perpaduan hardware tersebut sudah mampu memberikan kinerja yang gesit untuk berbagai kebutuhan.

Pemakaian sehari-hari terasa lancar tanpa adanya kendala berarti. Perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya pun cenderung mulus. Untuk gaming, Vivo V20 juga masih mampu menyajikan performa yang lumayan bertenaga, bahkan untuk game yang berat seperti PUBG Mobile.

Ultra Game Mode Vivo V20

Dengan setting grafis HD-High, kami disuguhkan frame rate yang cukup stabil meski terkadang masih ditemui frame rate drop di adegan tertentu. Intinya sangat playable. Bermain Call of Duty Mobile pun terasa nyaman di pengaturan grafis tinggi. Mobile Legends? Tidak ada masalah.

Untuk lebih menggambarkan seperti apa performa dari Vivo V20, berikut kami sajikan beberapa hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark:

Baterai Vivo V20

Vivo V20 memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan teknologi 33W FlashCharge yang mampu mengisi daya hingga 65 persen hanya dalam waktu 30 menit. Ya, dari segi kapasitas memang tidak terlalu menggiurkan. Tapi yang harus diingat, baterai yang lebih besar mungkin tidak akan bisa membuat bodi Vivo V20 seramping dan secantik ini.

Untuk menemani aktivitas kami seharian penuh, baterai Vivo V20 masih terasa mencukupi asalkan kami menerapkan gaya pemakaian normal seperti chatting, browsing, media sosial, dan sesekali menonton video atau bermain game. Keberadaan fitur 33W FlashCharge terbukti amat membantu ketika kami tidak punya banyak waktu untuk mengisi daya.

Kesimpulan

Vivo V20 punya banyak perbaikan positif yang membuat tampil jauh lebih menarik dibanding generasi sebelumnya. Dari segi desain harus kami akui V20 terlihat begitu menawan, sementara sektor kameranya mampu mengakomodasi hasrat kami dalam mengabadikan momen sehari-hari untuk dipamerkan ke media sosial.

Vivo V20 Sunset Melody

Nilai plus lainnya, Vivo tidak lupa menambahkan beberapa fitur ekstra yang cukup bermanfaat seperti NFC dan 33W FlashCharge. Walaupun demikian, Vivo V20 bukan tanpa kekurangan. Salah satu yang menurut kami agak disayangkan adalah keputusan Vivo untuk kembali menggunakan layar berponi.

Dijual dengan harga Rp4.999.000, Vivo V20 merupakan salah satu opsi menarik yang patut Anda pertimbangkan ketika mencari smartphone kelas menengah dengan fitur komplit.

Kelebihan Vivo V20:

  • Desain ramping, nyaman digenggam
  • Warna Sunset Melody sangat unik dan stylish
  • Kamera selfie tergolong salah satu yang terbaik
  • Kamera belakang mampu mengabadikan momen dengan oke di berbagai kondisi
  • Layar sedap dipandang
  • Performa mulus dan gesit
  • 33W FlashCharge mampu mengisi daya dengan cepat
  • Ada NFC Multifunction
  • Sensor sidik jari responsif
  • Sudah mengadopsi Android 11

Kekurangan Vivo V20:

  • Layar justru kembali ke desain berponi
  • Kapasitas baterai kurang menggiurkan

Vivo V20 ideal untuk: Pengguna casual yang ingin tampil stylish. Pengguna yang membutuhkan smartphone kelas menengah dengan fitur komplit. Pengguna yang gemar membuat konten foto dan video.

Vivo V20 kurang ideal untuk: Hardcore gamer. Pengguna yang butuh ponsel dengan baterai besar.

Vivo V20 4
Vivo V20
Vivo V20 merupakan salah satu opsi menarik yang patut Anda pertimbangkan ketika mencari smartphone kelas menengah dengan fitur komplit
8.5
Back to top button