Review Lenovo IdeaPad Flex 5i

Laptop Konvertibel 9 Jutaan Dengan Intel Core i3 10th Gen dan Baterai Tahan Lama

Di tahun ini Lenovo IdeaPad Flex 5i menjadi salah satu andalan Lenovo di kategori konvertibel. Dengan harga jual yang lebih terjangkau, Lenovo IdeaPad Flex 5i juga disiapkan sebagai alternatif Lenovo YOGA C-Series yang menyasar segmen premium. Penasaran apa saja kecanggihan yang dibawanya? Simak ulasannya berikut ini.

svg%3E

Desain Lenovo IdeaPad Flex 5i

Sekilas desain Lenovo IdeaPad Flex 5i terlihat mirip dengan IdeaPad C340 di tahun lalu. Untuk sebuah laptop 14 inci IdeaPad Flex 5i menurut kami tergolong ringkas dan sangat kokoh. Bodinya juga relatif ramping dengan bobot sekitar 1,5 Kg. Bobot dan dimensinya ini masih ideal untuk diajak mobilitas.

Desainnya sendiri terlihat premium dengan memadukan top case terbuat dari material alumunium. Untuk pilihan warna ada tiga yaitu Graphite grey, Platinum Grey dan Light Teal (Biru).

Perbedaan IdeaPad Flex 5i dengan IdeaPad C340 ada di bagian speaker. Speaker IdeaPad FLex 5i ditempatkan di kiri kanan keyboard. Penempatan speaker hadap depan ini memungkinkan output suara yang lebih baik. Output suara terdengar cukup jernih meski agak sedikit kurang bertenaga. Sektor audio IdeaPad Flex 5i juga sudah didukung dengan fitur Dolby Audio.

Untuk port konektivitas tergolong lengkap. Sisi kiri bodi bisa ditemukan port DC-in untuk suplai daya, HDMI, USB Type-C dengan dukungan fitur Power Delivery, satu lubang jack audio 3.5mm dan tombol Lenovo One Key Recovery. Di sisi kanan bodi terdapat dua port USB 3.1 Type-A (salah satunya mendukung fitur Always On untuk isi ulang baterai perangkat lain) dan slot pembaca kartu memori SD.

Secara keseluruhan dari desain Lenovo IdeaPad Flex 5i yang menurut kami perlu ditingkatkan adalah absennya tempat khusus untuk menyimpan pena stylus Lenovo Digital Pen yang dibawanya. Lenovo masih betah mempertahankan solusi modul cantolan yang dipasang ke salah satu port USB.

Ada kelebihan dan kekurangan dari solusi ini. Kelebihannya, cantolan bisa dilepas pasang dan digunakan sesuai kebutuhan. Cukup membantu juga agar pena tidak hilang saat dibawa berpergian. Tapi, kekurangannya saat cantolan terpasang praktis salah satu port USB tidak bisa lagi digunakan. Saat pena diselipkan ke modul cantolan juga agak mengganggu akses port USB di sampingnya. Bahkan, menghalangi akses slot kartu pembaca kartu memori SD dan tombol power yang ditempatkan sejajar.

svg%3E

Bagi sebagian pengguna yang sering menggunakan port USB ini mungkin bisa menjadi masalah. Andai saja port HDMI di kiri bodi posisinya ditempatkan di sebelah kanan menggantikan posisi salah satu port USB, rasanya akan lebih fungsional. Pasalnya, port HDMI adalah salah satu port yang termasuk jarang digunakan.

Untunglah, Lenovo IdeaPad Flex 5i telah didukung dengan fitur canggih bernama Flip To Boot. Fitur ini wajib diacungi jempol. Pasalnya, menurut kami Lenovo cukup cermat menghadirkan solusi untuk mengatasi tombol power yang terhalang aksesnya saat pena stylus terpasang di salah satu port USB.

Berkat fitur Flip to Boot ini pengguna tidak perlu lagi menekan tombol power untuk menyalakan laptop. Flip to Boot memungkinkan IdeaPad Flex 5i untuk otomatis langsung start up dan booting Windows saat layar laptop dibuka. Jadi, pena stylus dan modul cantolannya bisa tetap terpasang di salah satu port USB saat diajak berpergian. Pengguna tidak perlu repot menggeser posisi pena atau melepasnya dari port USB untuk sekedar menekan tombol power.

Layar IdeaPad Flex 5i

Lenovo IdeaPad Flex 5i membawa panel layar sentuh IPS yang resolusinya Full HD 1920 x 1080 pixel. Bingkai layarnya juga relatif tipis dan terlihat sangat proporsional.

svg%3E

Di atas panel layarnya bisa ditemukan kamera webcam 720p HD yang telah dilengkapi fitur penutup Lenovo Privacy Shutter. Berguna untuk menutup webcam saat tidak digunakan untuk melindungi privasi.

Panel layarnya ini cukup memuaskan untuk penggunaan komputasi sehari-hari dari bekerja hingga menikmati konten multimedia. Berkat resolusi Full HD visual yang tersaji di layarnya terlihat tajam.

Akurasi warna memang bukan menjadi unggulannya dengan standar gamut warna 45% NTSC. Jadi, akan kurang ideal untuk kebutuhan penciptaan konten seperti penyuntingan foto dan video yang memerlukan warna akurat. Dengan tingkat kecerahan maksimum layar sekitar 250 nits, panel layarnya tergolong cukup terang dan ideal untuk penggunaan di dalam ruangan. Di kondisi pencahayaan yang sangat terang seperti luar ruangan layarnya agak sulit terlihat.

svg%3E

Engsel layarnya termasuk kokoh untuk sebuah laptop konvertibel. Kami pun tidak menemukan kesulitan saat membuka dan melipat layarnya 360 derajat. Beralih ke mode tablet, tent, atau mode stand bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Layar sentuhnya juga sangat responsif dengan sentuhan jari ataupun pena stylus Lenovo Digital Pen bawaannya. Layar sentuhnya ini sudah mendukung fitur multi sentuhan dan gestur 10 titik sentuhan jari.

Lenovo Digital Pen

Lalu bagaimana kinerja pena stylus Lenovo Digital Pen? Sangat memuaskan. Pena stylus ini menawarkan tingkat sensitivitas tekanan hingga 4096 tingkatan.

svg%3E

Saat menggunakan Lenovo Digital Pen untuk membuat sketsa, tulisan tangan ataupun menggambar di layarnya kami nyaris tidak menemukan masalah. Pengalamannya terasa sangat natural seperti menggunakan pena di atas kertas. Saat menggunakan pena panel layar sentuhnya juga sudah mendukung fitur palm rejection. Jadi, saat menulis dan menggambar jika tangan menempel di layarnya tidak akan meninggalkan jejak.

svg%3E

Tingkat sensitivitas tekanan dan fungsi tombol di Lenovo Digital Pen juga bisa diatur lewat aplikasi Lenovo Pen Settings. Jadi, bisa disesuaikan dengan gaya penggunaan masing-masing pengguna.

Kapasitas baterai pena bisa dilihat dari aplikasi. Lenovo Digital Pen mengandalkan baterai AAAA untuk asupan dayanya. Jika baterai habis baterainya ini bisa diganti dengan mudah hanya dengan membuka bagian penutup atas pena.

Keyboard dan trackpad Lenovo IdeaPad Flex 5i

Lenovo IdeaPad Flex 5i membawa keyboard bergaya chicklet yang telah menjadi ciri khas laptop Lenovo. Jarak antar tombol sangat pas dan tidak terlalu rata dengan bodi.

svg%3E

Keyboardnya ini cukup nyaman digunakan untuk mengetik dalam jangka waktu yang lama dan tidak membuat tangan cepat pegal. Kekurangan dari keyboardnya hanyalah tombol navigasi panah atas page up dan panah bawah page down yang ukurannya relatif kecil.

Untuk mengetik di ruangan yang minim cahaya keyboard IdeaPad Flex 5i telah dilengkapi lampu backlit. Lampu backlit yang dibawanya berwarna putih. Tingkat kecerahan lampu backlit bisa diatur dengan dua opsi tingkat kecerahan.

Keyboard IdeaPad Flex 5i ditemani area trackpad mouse yang berukuran besar. Trackpad mouse tersebut sangat responsif dengan sentuhan jari dan nyaman digunakan. Tombol klik kiri dan kanan mouse menjadi satu kesatuan. Tombol klik kiri dan kanan di trackpadnya ini cukup mudah dan nyaman ditekan walau sedikit agak berisik.

svg%3E

Selain trackpad di area keyboardnya juga bisa ditemukan sensor sidik jari yang bisa digunakan untuk fitur perlindungan tambahan.

Performa Lenovo IdeaPad Flex 5i

Lenovo IdeaPad Flex 5i tersedia dengan beragam konfigurasi dari Intel Core generasi ke-10. Opsi yang tersedia dari Intel Core i3, Intel Core i5 dan Intel Core i7.

Untuk model yang kami review berikut ini performanya dipercayakan pada prosesor Intel Core i3-1005G1 dan RAM 8GB. Sementara untuk ruang penyimpanannya mengandalkan ruang penyimpanan SSD M.2 PCIe NVMe yang kapasitasnya 512GB. Cukup disayangkan tidak ada opsi upgrade RAM dan ruang penyimpanan di laptop ini. Jadi, Anda harus puas dengan spesifikasi standarnya tersebut. Untuk hasil benchmark IdeaPad Flex 5i sebagai berikut.

Dengan spesifikasinya tersebut IdeaPad Flex 5i sangat bisa diandalkan untuk mendukung produktivitas sehari-hari. Penggunaan komputasi dasar seperti mengolah dokumen, browsing, penyuntingan foto dan video sederhana hingga menikmati konten multimedia bisa dijalankan tanpa masalah.

Perlu dicatat Lenovo IdeaPad Flex 5i dengan Intel Core i3 belum dilengkapi dengan GPU diskrit Nvidia. Jadi, kurang ideal untuk kebutuhan komputasi yang membutuhkan kinerja grafis lebih berat seperti gaming dan penyuntingan video di resolusi tinggi dengan beragam efek yang kompleks. Untuk kebutuhan tersebut konfigurasi Intel Core i5 atau Intel Core i7 bisa jadi alternatif karena performa grafisnya sedikit lebih bertenaga dengan sokongan gpu diskrit Nvidia GeForce MX-Series.

Manajemen thermal tergolong memuaskan. Dengan mengaktifkan mode Intelligent Cooling Battery Saving kinerja kipas pendingin sangat senyap dan adem. Nyaris kami tidak merasakan sensasi hangat yang menggangu di bagian permukan bawah bodi atau area keyboard saat menggunakannya.

Fitur IdeaPad Flex 5i

Seperti laptop Lenovo yang lain IdeaPad Flex 5i juga didukung sederetan fitur pintar yang bisa diakses lewat Lenovo Vantage. Lenovo Vantage menyediakan beragam opsi pengaturan fitur laptop ini yang bisa diakses dengan mudah. Update Sistem juga bisa dilakukan lewat Lenovo Vantage. Keunggulan lain, antarmuka Lenovo Vantage sangat user friendly.

svg%3E

Untuk pengaturan performa IdeaPad Flex 5i didukung fitur Intelligent Cooling. IdeaPad Flex 5i membawa 3 opsi pengaturan performa dan kipas pendingin secara otomatis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Opsi yang tersedia yaitu Extreme Performance, Intelligent Cooling dan Battery Saving. Favorit kami adalah Battery saving karena mampu menawarkan waktu guna yang lebih lama.

Fitur lain yang dibawanya termasuk Flip to Boot untuk menyalakan laptop otomatis tanpa menekan tombol power, dukungan fitur Always on USB untuk isi ulang baterai perangkat lain saat laptop di kondisi off/sleep/hibernate, pengaturan mic, pengaturan keyboard, pengaturan kamera termasuk mode privacy untuk menonaktifkan kamera saat tidak digunakan dan fitur eye care untuk melindugi mata dengan mengurangi pancaran cahaya biru dari layar.

Baterai IdeaPad Flex 5i

Salah satu keunggulan dari IdeaPad Flex 5i yang cukup memuaskan kami adalah daya tahan baterainya. Dari pengujian kami, dengan skema penggunaan pengaturan manajemen daya Windows di mode Power Saver, mengaktifkan mode intelligent Cooling Battery Saver, tingkat gelap terang layar 30%, terhubung ke WiFi hotspot, digunakan untuk mengetik, browsing dan sesekali menikmati konten di Youtube baterainya bisa bertahan hingga nyaris 9 jam.

Baterainya ini termasuk tahan lama dan lebih dari cukup untuk menemai aktivitas kerja kami seharian. Didukung dengan fitur Rapid Charge untuk isi ulang cepat pengisian baterai juga tidak memerlukan waktu yang lama.

Kesimpulan

Meski performanya hanya mengandalkan Intel Core i3, Lenovo IdeaPad Flex 5i yang kami review berikut terbukti memadai untuk kebutuhan komputasi dasar dan mendukung produktivitas sehari-hari. Andai saja Lenovo menyediakannya dengan opsi kartu grafis diskrit Nvidia rasanya IdeaPad Flex 5i Intel Core i3 ini akan semakin menarik di kelas harganya.

Terlepas dari spesifikasinya tersebut, dengan harga jual di kisaran 9 juta Rupiah IdeaPad Flex 5i membawa desain premium yang terlihat keren dan fitur lengkap. Sebut saja seperti layar IPS sentuh Full HD, engsel fleksibel yang kokoh, dukungan pena Lenovo Digital Pen yang sangat nyaman digunakan, keyboard backlit, sensor sidik jari, kamera dengan fitur perlindungan privasi, dan daya tahan baterai yang di atas rata-rata.

Lenovo IdeaPad Flex 5i sangat kami rekomendasikan dan bisa menjadi solusi untuk siapa saja yang memerlukan laptop konvertibel dengan baterai tahan lama dan fitur lengkap di bawah 10 juta Rupiah. Laptop ini juga semakin menarik dengan dilengkapi Windows 10, mendapat Microsoft office Home and Student 2019 lisensi permanen gratis, serta dukungan garansi 2 tahun Lenovo Premium Care + ADP (Accidentally Damage Protection).

Yang Canggih
+ Desain premium
+ Dimensi ringkas dan ringan
+ Fitur lengkap di kelas harganya
+ Pena stylus sangat nyaman digunakan
+ Performa memadai untuk komputasi dasar dan multimedia
+ Baterai tahan lama
+ Layar IPS sentuh Full HD
+ Kamera dengan fitur Privacy Shutter
+ Konektivitas lengkap

Yang kurang
– Tingkat kecerahan panel layar terbatas
– Layar belum sRGB 100%
– Modul cantolan pena stylus mengorbankan konektivitas USB
– Tidak ada opsi gpu diskrit Nvidia
– Tombol klik kiri dan kanan touchpad agak berisik

Lenovo IdeaPad Flex 5i sangat kami rekomendasikan dan bisa menjadi solusi untuk siapa saja yang memerlukan laptop konvertibel dengan baterai tahan lama dan fitur lengkap di bawah 10 juta Rupiah.
8.5
Verified by MonsterInsights