Review Xiaomi Mi TV Stick

Cara Murah Mengubah TV Biasa Menjadi Smart TV Berbasis Android

svg%3E
9
Cek Harga

Kalau bicara soal ekosistem IoT, Xiaomi bisa dibilang merupakan salah satu brand yang paling rajin melengkapi rangkaian produknya di pasar Indonesia. Pilihan produknya amat banyak dan datang dari berbagai kategori yang berbeda-beda. Contohnya Mi TV Stick, sebuah perangkat mungil dan murah yang bisa mengubah TV lama Anda menjadi TV pintar berbasis Android.

Kehadiran Xiaomi Mi TV Stick menurut kami bisa menjadi solusi yang menarik bagi pengguna yang ingin menikmati ribuan konten dari platform Android di TV mereka, tapi belum memiliki dana untuk membeli Smart TV. Penasaran seperti apa kecanggihan dari Mi TV Stick? Yuk, langsung saja simak ulasan kami:

Desain Xiaomi Mi TV Stick

Seperti kami sebutkan di atas, Mi TV Stick merupakan perangkat berukuran kecil yang bisa dengan mudah Anda masukkan ke saku celana. Bodinya yang mungil dan minimalis membuat perangkat ini ideal untuk dipindahkan sesuai kebutuhan. Ingin memasangnya di TV yang terdapat di ruang keluarga lalu kemudian dilepas dan dipasang ke TV yang ada di kamar, semua bisa dilakukan secara plug and play.

svg%3E

 

Xiaomi Mi TV Stick tampil dengan bodi yang didominasi warna hitam. Selain interface HDMI, pada bodinya Anda akan menemukan port microUSB untuk menghubungkan kabel daya ke power adapter yang sudah termasuk dalam paket penjualan. Anda juga akan menemukan sebuah kabel HDMI extender yang amat berguna jika posisi port HDMI di TV Anda mengarah terlalu dekat ke dinding.

Masih dari paket penjualan Mi TV Stick, Xiaomi tidak lupa menyediakan remote berbasis Bluetooth yang mirip dengan yang digunakan pada Smart TV Xiaomi. Remote sederhana ini memungkinkan Anda untuk melakukan navigasi dan menelusuri semua fitur Android TV. Xiaomi juga menanamkan tombol khusus untuk akses cepat ke Google Assistant, Netflix, dan Amazon Prime Video.

svg%3E

Remote Mi TV Stick juga dibekali microphone untuk memudahkan Anda melakukan pencarian dengan suara. Untuk bisa menyala, remote ini membutuhkan dua buah baterai AAA sebagai sumber tenaganya. Perlu digarisbawahi adalah remote milik Mi TV Stick hanya mengandalkan koneksi Bluetooth, dan tidak ada dukungan IR blaster seperti pada remote Mi TV.

Cara mengoperasikan Xiaomi Mi TV Stick

Pada dasarnya tidak ada langkah-langkah rumit untuk memasang Mi TV Stick di TV Anda. Syarat utamanya hanya pastikan TV tersebut mempunyai port HDMI. Cukup hubungkan Mi TV Stick ke port HDMI di TV Anda, lalu pindahkan input pada TV sesuai port HDMI yang digunakan.

svg%3E

Menghubungkan kabel microUSB ke power adapter wajib hukumnya, agar menunjang daya yang dibutuhkan oleh Mi TV Stick. Kalau TV Anda memiliki port USB, Anda juga bisa menghubungkan kabel tersebut ke TV asalkan daya yang dihasilkan sesuai. Sejauh pengalaman kami dengan TV yang ada di rumah, kami lebih suka menggunakan power adapter karena menghubungkan kabel daya ke port USB di TV membuat kinerja Mi TV Stick kurang stabil.

Oh iya, untuk bisa menikmati konten dari Mi TV Stick Anda juga bisa memanfaatkan perangkat lainnya yang memiliki port HDMI. Ya, tidak harus TV konvensional. Anda bisa menggunakan monitor atau bahkan proyektor. Tapi yang wajib diingat, Mi TV Stick tidak memiliki port khusus untuk audio. Itu artinya, audio pada Mi TV Stick bergantung pada speaker internal yang ada di TV, monitor, atau proyektor. Pastikan TV Anda memiliki port audio out jika ingin menikmati konten dengan suara yang lebih menggelegar menggunakan speaker eksternal.

svg%3E

Performa Xiaomi Mi TV Stick

Xiaomi Mi TV Stick mengadopsi sistem operasi Android 9.0 untuk TV. Seperti pada Smart TV berbasis Android pada umumnya, dengan Mi TV Stick Anda bisa mengakses semua aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Sebut saja YouTube, Netflix, Viu, Disney+, Vidio, dan masih banyak lagi. Untuk urusan internet, Anda bisa menyambungkan Mi TV Stick dengan jaringan WiFi di rumah.

svg%3E

Antarmukanya juga kurang lebih sama dengan Android TV lainnya. Pada halaman Home Anda akan menemukan sederet aplikasi terpasang dan rekomendasi konten menarik dari aplikasi favorit. Untuk bisa mengunduh aplikasi lainnya, Anda bisa login ke Google Play Store menggunakan akun yang sama dengan yang ada di smartphone Anda. Karena memiliki Bluetooth, Anda juga bisa menghubungkan perangkat berbasis Bluetooth lainnya misalnya wireless headphone maupun keyboard Bluetooth.

svg%3E

Mi TV Stick dipersenjatai RAM 1 GB dan storage internal 8 GB. Sekilas memang terkesan pas-pasan. Tapi bagi kami, untuk menunjang fungsinya sebagai perangkat yang memungkinkan kami menonton konten dari berbagai aplikasi streaming video, spesifikasi tersebut sudah lebih dari cukup. Ketika pertama diaktifkan, Mi TV Stick juga masih memiliki sisa ruang penyimpanan kosong sekitar 4,7 GB yang bisa kami gunakan untuk mengunduh banyak aplikasi.

svg%3E

Perlu diketahui bahwa konten yang ditampilkan oleh Xiaomi Mi TV Stick masih terbatas di resolusi 1080p saja. Ya, belum bisa 4K. Kinerja yang disuguhkan juga belum bisa disebut gesit. Terkadang masih ada lagging saat berpindah aplikasi atau ketika sekadar menelusuri halaman Home. Mungkin melalui update terbaru, nantinya Xiaomi bisa lebih mengoptimalkan performanya. Sementara dari sektor audio, Mi TV Stick telah mendukung DTS dan Dolby multichannel HD.

Kesimpulan

Meski belum sempurna, kami menilai Xiaomi Mi TV Stick merupakan salah satu opsi terbaik untuk Anda yang ingin menikmati semua konten di Android TV tanpa harus mengeluarkan dana besar untuk membeli TV baru. Apalagi kalau di rumah Anda sudah memiliki TV lama dengan kualitas panel yang bagus, membeli Mi TV Stick menurut kami adalah langkah yang lebih menggiurkan dibanding membeli Smart TV Android kelas entry-level. Selain itu, Mi TV Stick juga cocok untuk Anda yang sering bepergian. Cukup bawa Mi TV Stick, Anda tetap bisa menikmati tayangan-tayangan favorit dengan menyambungkannya ke TV yang ada di kamar hotel.

Bagi yang berminat, Xiaomi Mi TV Stick dijual dengan harga 500 ribuan rupiah saja.

Kelebihan Xiaomi Mi TV Stick:

  • Praktis dan mudah dipasang
  • Sudah berbasis Android 9.0, bisa akses semua aplikasi di Google Play Store
  • Chromecast built-in
  • Remote dengan koneksi Bluetooth
  • Paket penjualan komplit
  • Harga cukup murah

Kekurangan Xiaomi Mi TV Stick:

  • Performa masih kurang mulus, terkadang ada lag
  • Akan lebih menarik jika sudah mendukung 4K

Xiaomi Mi TV Stick ideal untuk: Pengguna yang memiliki TV lama dengan port HDMI namun belum Smart TV. Pengguna yang ingin menonton konten dari YouTube, Netflix, Viu, atau Disney+ di TV.

Xiaomi Mi TV Stick kurang ideal untuk: Pengguna yang belum memiliki koneksi internet bagus di rumah. Pemilik TV 4K yang ingin menikmati konten dengan maksimal.

svg%3E
Xiaomi Mi TV Stick
Xiaomi Mi TV Stick merupakan salah satu opsi terbaik untuk Anda yang ingin menikmati semua konten di Android TV tanpa harus mengeluarkan dana besar untuk membeli TV baru
9
Cek Harga