Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Inilah Kelebihan dan Kekurangan OPPO A53, Smartphone dengan Layar 90Hz Paling Murah



OPPO A53 hadir sebagai salah satu opsi smartphone 2 jutaan paling menarik yang ada di pasaran sekarang. Pasalnya, OPPO A53 sejauh ini tercatat sebagai ponsel dengan layar 90Hz termurah dibanding beberapa pesaingnya. Cocok untuk Anda yang ingin mencicipi sensasi layar dengan refresh rate tinggi, tapi memiliki budget yang tidak terlalu besar.

Nah, kalau Anda memang berencana membeli OPPO A53 dalam waktu, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya dari ponsel yang satu ini:

Kelebihan OPPO A53:

Desain glossy terkesan mewah dengan warna atraktif

OPPO A53 kamera belakang

OPPO A53 hadir dengan desain khas OPPO yang selalu mengedepankan tampilan stylish dengan finishing glossy dan warna atraktif yang memberi kesan mewah. Bahkan menurut kami, kualitas yang ditawarkan oleh bagian eksterior dari OPPO A53 hampir setara dengan A92 yang harganya nyaris dua kali lipat.

Performa termasuk kencang untuk kelas harganya

Untuk urusan performa, OPPO A53 menjadi salah satu smartphone pertama yang dipersenjatai chipset anyar Qualcomm keluaran tahun 2020, yakni Snapdragon 460. Di kelas harganya, chipset ini mampu memberikan kinerja kencang. OPPO juga membenamkan RAM LPDDR4X 4 GB dengan storage UFS 2.1 64 GB yang jika masih kurang bisa ditambahkan microSD hingga 256 GB.

OPPO A53 biru

Kami mencoba memainkan beberapa game populer seperti Asphalt 9, Mobile Legends, dan PUBG Mobile. Semuanya dapat dijalankan dengan cukup lancar dan stabil. Salah satu kuncinya ada pada resolusi layar yang masih HD+ sehingga beban pada prosesor & GPU tidak terlalu berat.

Hasil foto dan video di kondisi cahaya ideal termasuk oke

OPPO A53 mempunyai 3 sensor di belakang yang terdiri dari 13 megapixel f/2.2, 2 megapixel portrait, dan 2 megapixel macro. Di depan, ada kamera selfie 16 megapixel f/2.0. Untuk kualitas foto dan videonya, menurut kami kamera OPPO A53 mampu melakukan tugasnya dengan baik di kondisi cahaya ideal.

IMG20200830145017

Portrait mode OPPO A53

IMG20200910161226

K413 728 yangcanggih

Hasil foto OPPO A53 di kondisi cahaya ideal termasuk tajam, dengan reproduksi warna yang kadang terlalu matang untuk warna tertentu. Fokus juga cukup akurat dan cepat. Terlihat sedikit noise di area shadow, tapi tidak mengganggu jika hanya dilihat di layar smartphone.

Daya tahan baterai cukup panjang

Smartphone ini punya baterai berkapasitas 5.000 mAh lengkap dengan teknologi fast charging 18W. Ada pula Super Power Saving Mode yang dapat memperpanjang masa pakai perangkat hanya dengan sisa baterai sebesar 5 persen, dan Sleep Standby Optimization untuk membuat konsumsi daya hanya sebesar 2 persen pada waktu tidur atau sekitar 8 jam lamanya.

OPPO A53 depan

Smartphone paling murah dengan layar 90Hz

Seperti disebutkan di atas, dibanding para pesaingnya, OPPO A53 masih menjadi smartphone dengan layar 90Hz paling murah yang dijual resmi di Indonesia saat ini. Sekadar mengingatkan, dengan layar 90Hz OPPO A53 mampu menampilkan gambar dengan gerakan yang lebih halus.

Kekurangan OPPO A53:

Tidak ada Night Mode

Sayangnya untuk sekarang kamera OPPO A53 belum dibekali Night Mode untuk membantu pemotretan di malam hari atau di dalam ruangan dengan kondisi cahaya yang minim. Karena itu, tidak heran hasil foto dan videonya di tempat gelap kurang memuaskan. Akan lebih menarik jika nantinya OPPO meluncurkan fitur ini melalui update sistem operasi.

OPPO A53 ai camera

Ukuran sensor sidik jari agak terlalu kecil

Meski memiliki sensor sidik jari yang responsif, menurut kami ukurannya agak terlalu kecil.

Suara yang ditangkap mikrofon agak pelan

Ketika merekam suara, kualitas audio yang ditangkap oleh OPPO A53 terdengar agak pelan. Itu artinya, Anda harus lebih mendekat dengan ponsel jika ingin mendapatkan rekaman audio yang jelas.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan OPPO A53. Dijual dengan harga Rp2.499.000, OPPO A53 bisa menjadi daily driver untuk Anda yang membutuhkan smartphone stylish sebagai perangkat komunikasi dan media sosial dengan daya tahan baterai ekstra. Untuk melihat review lengkap OPPO A53, langsung saja klik tautan berikut ini.

More Stories
hp envy 14 spectre
[CES 2012] HP Envy 14 Spectre: Laptop Langsing dengan NFC