Google Perkenalkan Android 11 untuk TV, Kini Didukung Auto Low Latency Mode

Seiring dengan meluncurnya sistem operasi Android 11 untuk smartphone, Google juga mengumumkan kehadiran Android 11 yang dirancang khusus untuk TV pintar berbasis Android. Google menyebutkan bahwa pengembangan OS anyar tersebut kini lebih berfokus pada urusan multimedia dan keamanan. Apa saja fitur terbarunya?

Fitur Android 11 untuk TV

svg%3E

Menurut Google, Android 11 untuk TV menawarkan beberapa pembaruan yang dapat meningkatkan performa, misalnya dalam hal manajemen memori. Sistem operasi ini juga menawarkan fitur privasi yang lebih baik, contohnya kehadiran fungsi one-time permissions seperti yang sebelumnya sudah tersedia pada smartphone Android.

Salah satu fitur baru yang cukup menarik adalah Auto Low Latency Mode. Bagi yang belum tahu, beberapa TV memiliki sistem post-processing untuk meningkatkan kualitas gambar yang ditampilkan pada layar. Meski gambar terlihat lebih memanjakan mata, post-processing ini berpotensi meningkatkan latency. Fungsi Auto Low Latency Mode adalah untuk meniadakan post-processing tersebut, sehingga latency menjadi lebih rendah dan minim lag. Cocok untuk para gamer.

Selain Auto Low Latency Mode, Android 11 untuk TV juga dibekali fitur lainnya seperti Low Latency Media Decoding, Tuner Framework terbaru, pembaruan pada dukungan Media CAS, HDMI-CEC HAL, dukungan gamepad yang lebih luas, silent boot mode untuk update sistem, dan masih banyak lagi.

Khusus untuk para developer, Google melalui Android 11 untuk TV kini menyediakan mode baru yang akan memudahkan mereka untuk menguji coba aplikasi atau game yang sedang mereka kembangkan.

Tanggal rilis Android 11 untuk TV

Google memang belum mengumumkan jadwal pasti kapan Android 11 untuk TV bisa dinikmati oleh para pengguna di seluruh dunia. Yang pasti, para produsen TV pintar yang memiliki TV berbasis Android bisa menyediakan update ke Android 11 dalam beberapa bulan ke depan.

Verified by MonsterInsights