Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Samsung SSD 980 Pro: SSD PCIe 4.0 Kencang dengan Kecepatan Hingga 7.000 MB/s



Samsung baru-baru ini mengumumkan kehadiran SSD kelas consumer pertamanya yang mengadopsi teknologi PCIe 4.0 NVMe. Mengusung nama Samsung SSD 980 Pro, perangkat penyimpanan data tersebut menawarkan performa super kencang untuk mendukung berbagai kebutuhan.

Spesifikasi Samsung SSD 980 Pro

Samsung SSD 980 PRO 1

Samsung SSD 980 Pro merupakan SSD yang dirancang untuk para profesional dan konsumen yang menginginkan storage berkecepatan tinggi untuk PC high-end, workstation, maupun konsol game mereka. Tidak tanggung-tanggung, Samsung SSD 980 Pro dijanjikan mampu memberikan kecepatan sequential read mencapai 7.000 MB/s, dan sequential write mencapai 5.000 MB/s.

Menurut Samsung, kecepatan yang SSD 980 Pro dua kali lipat lebih kencang dibanding SSD dengan interface PCIe 3.0 atau hingga 12,7 kali lebih kencang dibanding SSD SATA. Dengan performa yang ditawarkannya, Samsung SSD 980 Pro juga sangat ideal untuk menunjang pekerjaan seperti editing video dengan resolusi 4K atau 8K.

K413 728 yangcanggih

Samsung SSD 980 Pro

Perangkat ini dibekali solusi pengendalian hawa panas untuk menjaga kinerjanya tetap optimal. Meskipun banyak SSD NVMe saat ini yang mengandalkan heatsink tembaga, Samsung SSD 980 Pro menggunakan lapisan nikel yang diklaim lebih efisien. Sistem pengendali panas tersebut juga membuat desain SSD menjadi lebih ramping.

“Selama bertahun-tahun, Samsung terus menantang batasan solusi penyimpanan memori flash berkecepatan tinggi. SSD 980 Pro merupakan cermin komitmen berkelanjutan kami untuk menghadirkan produk yang diharapkan oleh konsumen,” kata Dr. Mike Mang, vice president of Memory Brand Product Biz Samsung Electronics.

Harga Samsung SSD 980 Pro

Samsung SSD 980 Pro tersedia dalam beberapa pilihan kapasitas, antara lain 250 GB, 500 GB, dan 1 TB. Samsung berencana melepas produknya ke pasaran mulai bulan September 2020 ini. Yang menarik, dalam waktu dekat Samsung juga akan merilis varian 2 TB. Bagi yang berminat, Samsung SSD 980 Pro dijual dengan harga mulai dari US$89.99 atau sekitar 1,3 juta rupiah.

More Stories
Nyko PlayPad
Nyko PlayPad & PlayPad Pro: Dua Kontroler Game Bluetooth Warna Warni