Inilah Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Legion 5

Tidak seperti tahun sebelumnya, di tahun ini lini laptop gaming dari Lenovo tambah lengkap. Legion 5 dengan AMD Ryzen 4000 berhasil menjadi salah satu favorit para gamer. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk mebeli laptop gaming ini berikut kelebihan dan kekurangan Lenovo Legion 5.

svg%3E

Kelebihan Lenovo Legion 5

1. Performa Kencang
Lenovo Legion 5 hadir dengan AMD Ryzen 5 dan Ryzen 7 4000 series. Untuk model yang dengan AMD Ryzen 5 4600H membawa RAM 16GB dan SSD M.2 NVMe 512GB. Kapasitas SSD yang dibawanya ini termasuk besar, bahkan masih bisa ditambahkan dengan hard disk opsional. Sementara, sektor grafisnya dipercayakan pada Nvidia GeForce 1650Ti 4GB.

svg%3E

Spesifikasinya ini tergolong kencang untuk gaming. Beberapa judul game kekinian bisa dijalankan dengan lancar di pengaturan grafis medium hingga ultra. Sebut saja seperti game RDR2, GTA V, metro exodus, dan shadow of tomb raider semua bisa dimainkan dengan rata-rata fps sekitar 30-50 fps. Laptop ini juga bisa diandalkan untuk penyuntingan foto, video hingga rendering 3D.

2. Sistem pendingin amat baik
Keistimewaan dari Legion 5 adalah manajemen thermalnya yang sangat baik. Berkat teknologi pendingin Legion ColdFront 2.0 dan empat lubang port pembuangan panas di bodinya, saat gaming kami hanya merasakan sedikit sensasi hangat di atas permukaan keyboardnya. Kinerja kipas pendinginnya juga relatif senyap.

3. Baterai tahan lama untuk sebuah laptop gaming
Di Lenovo Legion 5 kami menemukan fitur pengaturan kipas yang bisa diakses lewat tombol pintas FN+Q. Untuk menghemat baterai dan non gaming mode FN+Q Quiet bisa jadi solusi. Dari pengujian kami di mode Quiet dengan pengaturan gelap terang layar 50%, terhubung ke WiFi, browsing dan digunakan hanya mengetik baterainya bisa bertahan hingga sekitar 7 jam. Sangat tahan lama untuk sebuah laptop gaming.

4. Keyboard sangat nyaman digunakan
svg%3E
Legion 5 membawa keyboard Lenovo TrueStrike. Ukuran tombol-tombolnya sangat pas dengan jarak antar tombol sekitar 1,5mm. Keyboarnyd juga sangat responsif dengan fitur 100% anti ghosting.

Keyboardnya ini mengingatkan kami dengan keyboard Lenovo ThinkPad. Mengetik atau bermain game dengan keyboardnya tersebut terasa sangat nyaman. Keyboard Legion 5 juga sudah dilengkapi dengan lampu backlit. Sangat membantu saat sesi gaming di kondisi yang temaram.

5. Webcam dilengkapi fitur Trueblock Privacy Shutter
svg%3E
Privasi pengguna juga terlindungi lewat Fitur Trueblock Privacy Shutter. Fitur ini berguna untuk menutup webcam saat tidak digunakan.

6. Audio jempolan
Di sektor audio Legion 5 membawa audio dari pabrikan Harman. Kualitas Audionya ini sangat baik. Di atas rata-rata dengan suara yang sangat bertenaga dan jernih. Sekalipun di volume tinggi suaranya tetap terdengar jelas dan minim distorsi.

svg%3E

Tata suaranya juga masih didukung dengan fitur Dolby Atmos for gaming. Fitur ini menyediakan beragam preset audio yang secara spesifik dibuat untuk beberapa genre game. Bahkan, tersedia juga preset untuk menikmati konten film atau musik.

7. Harga kompetitif
Lenovo Legion 5 dijual dengan harga yang sangat kompetitif yakni 16,499 juta. Harganya ini sangat sepadan dengan performanya yang jempilan dan sederetan fitur yang dibawanya.

Kekurangan Lenovo Legion 5

1. Tidak dilengkapi slot kartu memori SD
svg%3E
Lenovo Legion 5 memang telah hadir dengan sederetan port konektivitas yang lengkap. Port konektivitasnya ini tersusun rapih di belakang dan samping bodinya. Tapi, ada satu yang absen dari Lenovo Legion 5 yaitu slot kartu memori SD. Bagi sebagian pengguna mungkin tidak masalah, tapi bagi yang masih membutuhkan bisa menggunakan aksesoris pembaca kartu memori SD.

2. Panel layar rata-rata
svg%3E
Panel layar Lenovo Legion 5 tergolong rata-rata di kelasnya. Tampilan yang tajam bisa didapatkan berkat resolusi layar Full HD 1920 x 1080 pixel. Panel layarya juga sudah mendukung refresh rate 120 Hz yang ideal untuk gaming. Bagi gamer yang mementingkan akurasi warna Lenovo Legion 5 dengan AMD Ryzen 5 memang bukan pilihan yang ideal. Pasalnya, panel layar Lenovo Legion 5 model AMD Ryzen 5 ini belum mendukung standar cakupan warna sRGB 100%.

Verified by MonsterInsights