Review Telkomsel Orbit: Solusi Internet Rumahan dengan Harga Terjangkau

svg%3E
3.1

Masa pandemi membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Sebagian perusahaan masih menerapkan Work From Home, sementara anak sekolah mengikuti kegiatan belajar mengajar secara online. Untuk mendukung kegiatan tersebut, setiap keluarga membutuhkan layanan internet yang bisa diandalkan.

Meski begitu, masih banyak wilayah di Indonesia yang belum terhubung jaringan kabel atau serat optik untuk berlangganan internet rumahan. Solusi inilah yang coba ditawarkan oleh Telkomsel melalui produk terbarunya yang diberi nama Orbit. Seperti apa keunggulannya dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati Telkomsel Orbit? Yuk, simak ulasan kami:

Modem Telkomsel Orbit

Bagi yang belum tahu, Telkomsel Orbit merupakan layanan internet rumahan nirkabel berbasis jaringan 4G LTE milik Telkomsel. Karena itu, Anda yang berminat untuk berlangganan tidak perlu memasang kabel apapun. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah perangkat modem WiFi dan jaringan seluler.

svg%3E

Telkomsel menawarkan Orbit dalam dua varian modem, yaitu Orbit Star seperti yang kami ulas dalam review kali ini, serta Orbit Max. Orbit Star menggunakan modem buatan Huawei B311 yang mampu terhubung hingga 32 perangkat sekaligus. Sudah sangat mencukupi untuk memfasilitasi kebutuhan internet pada gadget setiap anggota keluarga di rumah. Namun jika dirasa masih kurang, Anda bisa memilih Orbit Max yang mampu menampung hingga 64 perangkat.

Ketika pertama kali kami mencoba Orbit Star, menurut kami proses instalasinya sangat mudah. Kami hanya perlu menghubungkan modem ke sumber listrik melalui adapter, lakukan aktivasi, dan internet langsung bisa dinikmati. Modem bawaan ini mengusung teknologi WiFi 2.4 GHz dengan 2×2 MIMO LTE dan kecepatan downlink dan uplink di Cat 4.

svg%3E

Sedikit membahas tentang modemnya, Huawei B311 dilengkapi beberapa LED untuk menampilkan informasi seperti indikator daya, status jaringan, indikator WiFi, indikator LAN/WAN, dan kekuatan sinyal. Di bagian belakang ada satu slot untuk memasang SIM-card Telkomsel 4G, sebuah power input, port LAN untuk Anda yang ingin menghubungkan langsung ke laptop atau desktop, serta tombol reset.

svg%3E

Kecepatan internet Telkomsel Orbit

Jangkauan modem Huawei B311 menurut kami lumayan oke. Kami meletakkan modem Telkomsel Orbit di ruang tengah, dan ketika berada di dalam kamar smartphone masih mampu terhubung dengan baik. Untuk kecepatan internet sendiri, karena menggunakan sinyal Telkomsel 4G, tentunya bergantung pada kualitas jaringan di lokasi Anda masing-masing.

Yang pasti, Telkomsel telah memperhitungkan fitur dan konfigurasi perangkat BTS, kapasitas jaringan, jarak lokasi pelanggan ke BTS 4G LTE, serta jumlah pengguna maksimal yang dapat dilayani per BTS dalam menentukan lokasi penyelenggaraan layanan Telkomsel Orbit.

svg%3E

Ketika melakukan beberapa kali pengujian di area Cimanggis, Depok, dengan waktu yang berbeda-beda, Telkomsel Orbit mampu memberikan kecepatan download rata-rata di angka 10-15 Mbps, sementara upload cukup variatif di kisaran 5-17 Mbps. Bisa dibilang agak standar dan tidak terlalu menggiurkan.

Meski begitu, bagi kami kecepatan tersebut masih ideal untuk mendukung kebutuhan sehari-hari seperti browsing, chatting, video call, streaming YouTube, mengakses media sosial. Mengikuti video conference menggunakan aplikasi Zoom terasa lancar. Untuk gaming online seperti Mobile Legends atau PUBG Mobile pun lumayan oke dan jarang terjadi lag.

Kendali mudah lewat aplikasi MyOrbit

Telkomsel Orbit juga menyediakan aplikasi khusus bernama MyOrbit yang bisa diunduh secara gratis di smartphone Anda. Lewat aplikasi ini, Anda bisa mengendalikan semua hal yang diperlukan, mulai dari membeli paket, memantau pemakaian kuota, hingga melakukan pengaturan modem seperti password, durasi penggunaan internet, serta membatasi perangkat yang bisa terhubung dengan modem.

svg%3E

Cara berlangganan Telkomsel Orbit

Di awal peluncurannya pada Juli 2020 lalu, Telkomsel Orbit sudah menjangkau lebih dari 50 kota di Indonesia. Cara berlangganannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke website MyOrbit.id atau mengunduh aplikasi MyOrbit dari smartphone. Setelah itu, pilih modem Orbit yang diinginkan dan lakukan ‘Cek Jangkauan’ untuk memastikan area rumah Anda sudah masuk dalam jangkauan.

Ketika sudah oke Anda hanya perlu melengkapi akun dengan alamat rumah dan memilih metode pengiriman yang diinginkan. Lakukan pembayaran dan tunggu hingga modem Telkomsel Orbit diantar ke rumah Anda. Sekadar informasi, untuk Orbit Star biaya awal yang harus Anda keluarkan adalah Rp799.000. Sementara Orbit Max harganya Rp2.399.000. Setelah modem tiba, Anda wajib melakukan registrasi kartu SIM dengan nomor KTP dan KK untuk mengaktifkan layanan.

Kesimpulan

Sebagai solusi internet rumahan khususnya untuk keluarga yang tempat tinggalnya belum ada layanan internet berbasis kabel atau serat optik, Telkomsel Orbit menurut kami layak menjadi pilihan yang patut Anda pertimbangkan. Instalasinya mudah, dan harga paket untuk berlangganan setiap bulannya pun tergolong murah, yakni mulai dari Rp65.000 (harga promo) untuk kuota 30 GB.

Kelebihan Telkomsel Orbit:

  • Proses pembelian dan instalasi mudah
  • Aplikasi MyOrbit menawarkan fitur komplit
  • Pengaturan gampang dan bisa memantau pemakaian kuota
  • Harga paket tergolong murah

Kekurangan Telkomsel Orbit:

  • Kecepatan internet tergantung lokasi
  • Saat ini aplikasi MyOrbit baru tersedia di Android saja
  • Akan lebih menarik jika tersedia paket unlimited
svg%3E
Telkomsel Orbit
Sebagai solusi internet rumahan khususnya untuk keluarga yang tempat tinggalnya belum ada layanan internet kabel, Telkomsel Orbit patut Anda pertimbangkan.
3.1
Verified by MonsterInsights