Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review realme C12 : Smartphone Baterai Besar dengan Harga Bersahabat



Dengan misi memberikan alternatif smartphone berspesifikasi menarik di segmen entry-level, realme C12 hadir melengkapi dua seri realme C yang sudah diperkenalkan dalam dua bulan terakhir ini, yaitu realme C11 dan realme C15.

Memopulerkan baterai 6000mAh di kelas pemula, satu hal yang membedakan realme C12 dengan C-series sebelumnya adalah kombinasi tatanan kamera belakang dan kapasitas baterai. Membawa slogan 6000mAh Triple Camera, realme C12 hadir dengan paket lengkap yang tetap ramah kantong.

Desain realme C12

Tampilan bodi belakang realme C12 identik dengan realme C15, mengadopsi apa yang disebut realme sebagai desain Geometric Gradient. Jadi bentuk trapezium membagi bodi belakang menjadi 3 area dengan tekstur bergaris yang berbeda. Selain teksture, gradasi warnanya juga berbeda saat terlihat dari sudut tertentu. Untuk warna, realme C12 tersedia dalam pilihan warna Marine Blue dan Coral Red.

Dari sisi desain, realme C12 tampil cukup baik dan tidak memberikan kesan sebagai ponsel dengan harga 2 juta ke bawah. Saat digenggam tanpa case, realme C12 juga tidak licin di tangan.

Di bagian depan, layar HD+ berukuran 6,5 inci dengan desain mini drop menjadi andalan realme C12. Modul kamera depan yang baru ini memiliki ukuran sekitar 30 persen lebih kecil dibandingkan poni tetesan embun biasa, sehingga rasio layar ke bodi juga lebih tinggi, hingga 88,7%.

Kualitas tampilan juga cukup baik, tidak menonjol di kelas harganya. Namun untuk membaca artikel di browser, menonton video di YouTube dan Tiktok, atau sekedar melihat-lihat foto di Instagram, layarnya sudah amat memadai bagi sebagian besar pengguna.

Tingkat kecerahan layar termasuk standar dan masih kurang terang jika digunakan di bawah pancaran sinar matahari yang kuat. Keluhan lain, ada beberapa waktu saat layarnya agak lambat merespons sentuhan jari kami. Biasanya ini terjadi saat mengakses aplikasi dan beberapa game saja.

Slot kartu SIM dan memory card ditempatkan di sisi kiri. realme C12 sudah dilengkapi 3 slot kartu, yaitu dua kartu SIM dan satu slot kartu memori microSD.

Satu hal yang terasa spesial adalah desain khusus dari kotak penjualan realme C12. Kotak berdesain khusus ini adalah hasil karya kreatif realme Fans pemenang kontes #GambarinBoxrealme. Nantinya realme C12 dengan desain spesial ini akan dijual secara terbatas di realme Store.

Daya tahan baterai realme C12

pcmark battery realme c12Salah satu fitur unggulan yang ditonjolkan realme C12 adalah kapasitas baterainya yang mencapai 6000mAh. Baterai berkapasitas besar memang masih jadi kemewahan di segmen smartphone 1 jutaan dan realme menjadi brand pertama yang memopulerkan baterai 6000mAh di segmen smartphone kelas pemula.

Dari pengujian, baterai realme C12 bisa bertahan hingga 18 jam dengan penggunaan intensif seperti browsing, memotret, mengobrol dengan aplikasi perpesanan, mengakses media sosial dan menonton YouTube.

Bagi gamer yang suka bermain maraton, realme C12 juga cocok. Tercatat realme C12 bisa bertahan hingga 10 jam untuk bermain PUBG Mobile sebelum harus diisi ulang. Penggemar media sosial juga akan terbantu dengan daya tahan baterainya yang lebih dari 1 hari jika hanya digunakan untuk mengakses media sosial.

Mengingat realme C12 masuk ke segmen harga terjangkau, tidak ada faslilitas fast charging atau pengisian cepat. Dibutuhkan sekitar 3 jam lebih untuk mengisi baterai realme C12 dari kosong hingga penuh. Cukup wajar mengingat kapasitas baterainya yang di atas rata-rata.

Super Power Saving Mode

power saving mode
Daya tahan baterai yang panjang ini masih bisa ditingkatkan dengan mode Super Power Saving. Dalam mode ini, Anda dapat memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif untuk memperpanjang usia baterai yang sangat lama.

Dalam mode ini, realme C12 akan lebih hemat saat digunakan. Kapasitas baterai 5% bisa digunakan untuk mengakses WhatsApp atau YouTube selama hampir 2 jam. Sisa baterai 5% dalam mode ini juga memberikan waktu panggilan hingga hampir 2,5 jam, dengan kondisi koneksi Internet non aktif. Cukup lama untuk kondisi darurat sekalipun.

Selain mode ini, ada juga beberapa optimalisasi yang diterapkan oleh realme di C12 seperti pembekuan cepat aplikasi (App Quick Freeze), pengoptimalan baterai layar (Screen Battery Optimization).

App Quick Freeze akan dapat secara cerdas membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Screen Battery Optimization akan menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Performa realme C12

realme C12 hadir dengan kombinasi chipset  Mediatek Helio G35, RAM 3GB dan memori internal 32GB. Dengan layar beresolusi HD+, spesifikasi ini sudah lebih dari memadai untuk kegiatan normal sehari-hari seperti browsing, mengakses media sosial, menonton video hingga bermain game di setting bawah dan menengah.

realme c12 asphalt gaming

Kami mencoba menggunakan realme C12 untuk bermain Asphalt 9 dan COD Mobile. Hasilnya cukup positif, dengan game berjalan cukup mulus di setting menengah dan rendah. Ada kalanya respons layar agak lambat, tapi hal ini cukup jarang dan tidak mengganggu keasyikan bermain game.

Suhu ponsel juga cukup stabil. Tidak terasa panas yang mengganggu di bodi saat kami menggunakannya dalam waktu yang lama. Jadi aman digunakan Anda yang suka berlama-lama main game atau menonton TikTok.

realme C12 juga punya sensor sidik jari di bagian belakang. Ukurannya lebih kecil dari sensor sidik jari smartphone kebanyakan. Jadi walaupun responsnya cukup akurat, kadang agak sulit menempatkan jari ke atas sensor jika tidak sambil melihat ponsel.

Kualitas kamera realme C12

Tiga kamera menghiasi bodi belakang realme C12. Selain kamera utama 13 megapixel dengan lensa f/2.2, ada kamera makro dan kamera monokrom 2 megapixel.

elite dragonfly yangcanggih 728

realme c12 belakang

Hasil foto kamera utamanya cukup baik di kondisi cahaya ideal. Ketajaman dan reproduksi warna di kondisi cahaya ideal juga amat baik, walaupun kontras kadang terlalu tinggi. Kamera realme C12 mengejar hasil foto yang terang, sehingga ada kalanya setting exposure terlalu terang untuk beberapa situasi, terutama dengan obyek berwarna gelap. Namun hal ini bisa diatasi dengan mudah menggunakan exposure compensation. Berikut hasil foto di realme C12 dalam kondisi cahaya ideal.

IMG20200809150029_00

IMG20200809150254_00

IMG20200809152931_00

Namun dalam kondisi cahaya redup seperti dalam ruangan dan malam hari, hasil foto kamera utamanya langsung menurun cukup drastis. Detil menurun jauh sehingga foto terlihat kurang tajam jika diperhatikan dengan seksama. Akurasi warna juga melenceng, apalagi di bawah lampu artifisial seperti lampu neon. Berikut hasil foto realme C12 dalam kondisi cahaya redup.

IMG20200809163844_00

IMG20200809151922_00

IMG20200810123015_00

realme C12 juga punya Night Mode yang bisa diandalkan untuk kondisi gelap. Hasilnya cukup baik, apalagi jika hanya dilihat di layar ponsel. Tapi jika dicermati di layar komputer berukuran besar, hasil foto malam hari dengan Night Mode terlihat kurang tajam dengan detil yang terkikis noise.  Meskipun begitu, hasil foto malam hari realme C12 masih di atas rata-rata ponsel sekelasnya. Berikut contoh hasil foto realme C12 dengan Night Mode tanpa penyuntingan.

realme C12 night mode

Hasil foto monokrom dan makro termasuk lumayan, tapi batasan resolusi yang hanya 2 megapixel membuatnya hanya layak dibagikan di media sosial saja. Mendapatkan foto yang tajam dengan mode ultra makro juga agak sulit mengingat tidak ada penanda jarak efektif di layar. Berikut contoh foto realme C12 dalam mode ultra makro dan monokrom.

IMG20200809163640_00

IMG20200813115644_00

Dalam kondisi cukup cahaya, realme C12 ternyata mampu menghasilkan video Full HD yang cukup baik. Penangkapan audio juga lumayan jelas. Ini membuatnya cocok digunakan bagi para pelajar yang harus membuat tugas sekolah dalam bentuk video. Berikut contoh hasil video realme C12 tanpa penyuntingan di kondisi cahaya cukup dalam ruangan (klik di Flickr untuk memutar video).

VID20200809152708

Pilihan menarik di segmen pemula

Dengan mengeluarkan trio seri C di segmen pemula, realme ingin memberikan banyak alternatif bagi konsumen yang ingin membeli smartphone dengan performa yang baik dan daya tahan baterai ekstra. Namun realitanya, ada kebingungan bagi konsumen yang ingin meminang realme C series.

Dengan harga resmi Rp1.899.000, fitur dan spesifikasi realme C12 cukup dekat dengan realme C15 yang sedikit lebih mahal. Perbedaan tiga kamera dan empat kamera sepertinya tidak akan terlalu berpengaruh bagi kebanyakan pengguna. Yang lebih berpengaruh mungkin adalah besaran memori internal C12 yang masih 32GB.

Jadi bagi Anda yang membutuhkan smartphone harga terjangkau dengan performa dan fitur memadai, serta ditunjang daya tahan baterai yang panjang, tapi tidak butuh kapasitas memori terlalu besar, realme C12 bisa jadi pilihan.

 

Bagi yang berminat, ada promo realme C12 di toko resmi realme di Lazada Indonesia yang menawarkan diskon khusus.

Kelebihan realme C12
+ Performa memadai untuk penggunaan umum
+ Hasil foto kamera utama cukup oke
+ Desain menarik untuk harganya
+ Ada sensor sidik jari yang cukup responsif
+ Harga cukup bersaing

Kekurangan realme C12
– Hasil foto malam hari kurang oke
– Kamera makro dan monokrom kurang berguna
– Ukuran sensor sidik jari agak kecil
– Memori internal hanya 32GB
– Hanya terpaut 100 ribu dengan realme C15

realme c12 belakang
Pilihan menarik di entry-level
Dengan mengeluarkan trio seri C di segmen pemula, realme ingin memberikan banyak alternatif bagi konsumen yang ingin membeli smartphone dengan performa yang baik dan daya tahan baterai ekstra. Namun realitanya, ada kebingungan bagi konsumen yang ingin meminang realme C series.Dengan harga resmi Rp1.899.000, fitur dan spesifikasi realme C12 cukup dekat dengan realme C15 yang sedikit lebih mahal. Perbedaan tiga kamera dan empat kamera sepertinya tidak akan terlalu berpengaruh bagi kebanyakan pengguna. Yang lebih berpengaruh mungkin adalah besaran memori internal C12 yang masih 32GB.Jadi bagi Anda yang membutuhkan smartphone harga terjangkau dengan performa dan fitur memadai, serta ditunjang daya tahan baterai yang panjang, tapi tidak butuh kapasitas memori terlalu besar, realme C12 bisa jadi pilihan. Dari ketiga seri tersebut, realme C12 sebenarnya merupakan pilihan yang terbaik menurut kami. Meskipun harganya yang ada di tengah-tengah dan masih di bawah 2 juta rupiah, fitur dan spesifikasinya cukup dekat dengan realme C15. Perbedaan tiga kamera dan empat kamera sepertinya tidak akan terlalu berpengaruh bagi kebanyakan pengguna. Tapi daya tahan baterai 6000mAh yang diberikan realme C12 akan langsung terasa, apalagi bagi Anda yang aktif menggunakan ponsel dari pagi hingga malam.Jadi bagi Anda yang membutuhkan smartphone harga terjangkau dengan performa dan fitur memadai, serta ditunjang daya tahan baterai yang panjang, realme C12 bisa jadi pilihan.
Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Harga
3.8
More Stories
Lenovo ThinkVision M14t 2
Lenovo ThinkVision M14t: Monitor Portabel Untuk Pebisnis dengan Fitur Sentuhan dan Rotasi Layar