Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review Logitech G633s 7.1 Lightsync Gaming headset: Fitur Komplit, Cocok Untuk Gaming dan Multimedia



4
Cek Harga

Untuk mendapatkan pengalaman gaming yang lebih optimal tidak bisa hanya mengandalkan monitor yang canggih atau keyboard dan mouse yang nyaman digunakan. Sektor Audio juga wajib mendapat perhatian. Logitech pun menjawab tantangan ini lewat headset gaming Logitech G633s 7.1 Lightsync. Apakah fitur dan kualitas suara headphone ini mampu memuaskan para gamer? Simak ulasannya berikut ini.

Logitech G633s 1

Desain Logitech G633s 7.1 Lightsync Gaming headset

Logitech G633s 7.1 Lightsync Gaming headset mengadopsi rancangan headphone tertutup atau close ear. Impresi kami headset ini sangat premium. Material plastik yang digunakan juga terasa kokoh.

Bagian earpad berukuran cukup besar. Keunggulannya, bisa menutup telinga secara penuh. Tapi, tidak memberikan isolasi suara yang terlalu maksimal. Headband headset ini berbahan metal. Sangat kokoh dan mudah diatur sehingga bisa terpasang pas di kepala.

Secara keseluruhan bobotnya masih relatif ringan. Nyaman dan tidak membuat cepat pegal saat sesi gaming yang panjang. Apalagi, bagian earpadnya juga dilengkapi dengan busa tebal yang empuk. Busa earpadnya dilapisi material kain. Pemilihan material kain menurut kami sangat tepat. Pasalnya, tidak seperti kulit material kain lebih adem dan tidak cepat menimbulkan sensasi hangat. Nilai plus pada rancangan earpadnya adalah bisa dilepas pasang untuk dibersihkan.

Logitech G633s 7

Fitur lain, sesuai namanya di headset ini gamer bisa menikmati fitur lampu LightSync RGB yang bisa diatur sesuai selera lewat software Logitech G Hub. Cocok untuk mendongkrak penampilan saat gaming di ruangan yang gelap. LightSync RGB di headset ini juga mendukung beragam efek, preset, dan bisa sinkron dengan keyboard atau mouse Logitech yang dilengkapi LightSync RGB.

Logitech G633s 7.1 Lightsync Gaming headset a

Untuk konektivitas Logitech G633s 7.1 Lightsync Gaming headset mendukung microUSB dan audio jack 3.5mm. Dalam paket pembeliannya juga sudah tersedia dua kabel tersebut. Ini artinya, Logitech G633s 7.1 Lightsync Gaming headset tidak hanya bisa digunakan untuk gaming di PC atau laptop lewat port USB, tapi juga bisa ke smartphone atau game konsol lewat audio jack 3.5mm. Walau begitu, semua fitur utama yang dibawanya seperti Lightsync RGB ataupun surround 7.1 terbatas hanya bisa dinikmati saat terhubung lewat USB.

Mic dan Tombol Logitech G633s 7.1 Lightsync Gaming headset

Logitech G633s 5
Di Logitech G633s 7.1 Lightsync Gaming headset gamer bisa menemukan banyak tombol. Semua tombolnya ditempatkan di earpad sebelah kiri. Tersusun rapih dari paling atas tombol untuk mengubah mode dari PC (USB) ke audio jack 3.5mm, 3 tombol yang bisa di program sesuai selera, tombol mute dan pengatur volume suara dengan mekanisme kendali putar.

logitech ghub 3

Semua tombol-tombolnya berukuran besar dan nyaman ditekan. Hanya tombol pengatur volume suaranya saja yang menurut kami agak terlalu licin saat diputar.

Di bagian earpad sebelah kirinya ini juga bisa ditemukan mic. Rancangan mic-nya wajib diacungi jempol. Sangat selaras dengan rancangannya keseluruhan. Jadi, saat dilipat nyaris tidak terlihat.

Mic tersebut bisa dipanjangkan untuk menangkap suara lebih jelas. Saat kami coba mic Logitech G633s 7.1 Lightsync Gaming headset tergolong baik. Didukung fitur penangkal bising mic-nya mampu menangkap suara dengan cukup jernih dan jelas.

Kualitas suara Logitech G633s 7.1 Lightsync Gaming headset

Logitech G633s 7.1 Lightsync Gaming headset membawa driver suara PRO-G 50 mm. Ukuran drivernya cukup rata-rata seperti headset gaming kebanyakan.

elite dragonfly yangcanggih 728

logitech ghub 2

Sebagai sebuah headset gaming Logitech G633s 7.1 Lightsync memang tidak bisa disejajarkan dengan headphone kelas audiophile. Walau begitu, kualitas suara yang ditawarkan headset gaming ini tergolong memuaskan.

Saat digunakan bermain game, menonton film atau mendengarkan musik, bass terasa bertenaga dan vokal terasa cukup tebal. Treble untuk suara di sektor high agak sedikit menyakitkan telinga. Tapi, masih tergolong aman dan bisa diatasi dengan menurunkan sedikit volume suara.

logitech ghub 1

Jika kurang cocok dengan karakter suaranya tersebut, lewat software Logitech G Hub ada fitur EQ untuk mengatur output suara sesuai selera. Bahkan, tersedia preset dan ada opsi mencoba preset dari pengguna lain yang bisa diunduh.

Fitur Logitech G633s 7.1 Lightsync

Menurut kami, memang bukan kualitas audio yang menjadi daya tarik Logitech G633s. Tapi, fitur-fitur penunjang yang dibawanya. Sebut saja seperti dukungan fitur 7.1 Surround dan DTS Headphone X 2.0. Kedua fitur ini sukses mendongkrak pengalaman gaming lebih optimal dan menyenangkan.

Saat menggunakan Logitech G633s 7.1 Lightsync untuk bermain game Shadow of Tomb Raider, fitur yang dibawanya ini bisa memberikan efek suara 3D surround suasana hutan di game dengan sangat nyata. Menjadikan seolah-olah kami berada di dalam game tersebut.

Digunakan untuk bermain game FPS seperti CS:Go atau PUBG headset ini pun mumpuni. Kami bisa mendengar dengan cukup jelas arah suara tembakan dan langkah kaki musuh sehingga bisa memperkirakan arah gerakan musuh saat bermain game.

Demikian halnya saat menggunakannnnya untuk menonton film. Logitech G633s 7.1 Lightsync tetap mampu menghadirkan tata suara yang jempolan sehingga menonton film semakin seru dan terasa hidup.

Kesimpulan

Sederetan fitur dan opsi kustomisasi yang dibawa Logitech G633s 7.1 Lightsync Gaming tergolong lengkap di kelasnya. Headset gaming ini termasuk all-arounder. Kualitas audio dan fiturnya cocok untuk beragam genre game dan menikmati konten multimedia. Rancangan yang premium, lampu RGB, nyaman digunakan dan dukungan opsi konektivitas USB dan 3.5mm menjadi nilai tambah. Sangat kami rekomendasikan untuk para gamer jika tidak keberatan dengan harga jualnya yang ada di kisaran 2,499 Juta Rupiah.

Yang Canggih:
+ Mendukung Surround 7.1 dan DTS X 2.0
+ Rancangan premium
+ Nyaman digunakan
+ Kualitas suara memuaskan
+ Dilengkapi lampu RGB
+ Opsi kustomisasi banyak
+ Busa earpad bisa dilepas pasang
+ Mic dilengkapi fitur penangkal bising

Yang Kurang:
– Roda kendali putar volume agak licin
– Belum dilengkapi dengan fitur penangkal bising aktif
– Isolasi suara rata-rata

4
Cek Harga
More Stories
meizu m6 blue
JD.ID Gelar Flash Sale Meizu M6 dengan Harga Khusus 999 Ribu Rupiah