Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

5 Fitur Canggih Smartphone yang Hanya Ada di Samsung Galaxy Note20 Series



Sponsored

Dari tahun ke tahun, Samsung tidak pernah main-main dalam menyempurnakan produk flagship andalannya, Galaxy Note Series. Selain penggunaan hardware terkini, setiap generasi terbaru dari keluarga Note selalu menawarkan sesuatu yang menarik sehingga membuatnya tampil beda dibanding ponsel dari brand lainnya di kelas yang sama.

Itulah yang membuat Galaxy Note Series selalu punya tempat spesial di hati para penggemarnya. Umumnya, orang yang sudah terlanjur jatuh cinta pada seri Note tidak mau berpaling ke smartphone lain.

Galaxy Note20 Series 2

Peluncuran duo Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra adalah bukti keseriusan Samsung dalam mengembangkan seri Note ke level yang lebih tinggi. Bukan cuma soal pamer teknologi tercanggih, fitur-fitur yang ditanamkan pada Galaxy Note20 Series dirancang secara seksama untuk memberikan pengalaman khusus yang tidak akan bisa didapatkan dari perangkat flagship lain.

Penasaran? Yuk, simak 5 fitur yang hanya bisa ditemukan pada Galaxy Note20 Series

1. S Pen yang lebih canggih

Fitur keren pertama yang membedakan Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra tentu saja S Pen. Pada seri baru ini, S Pen semakin powerful berkat teknologi ultra-low latency 9ms. Jeda (delay) antara sentuhan hingga sinyal diproses oleh software dan ditampilkan pada layar menjadi lebih cepat dan responsif, apalagi didukung oleh layar dengan refresh rate 120Hz. Menurut Samsung, pengguna dapat merasakan sensasi menulis yang natural dan amat mirip dengan ketika memakai kertas sebagai kanvas.

Selain dari segi hardware, S Pen pada Galaxy Note20 Series juga didukung banyak fitur praktis seperti mengubah tulisan tangan ke dalam bentuk teks lalu memindahkannya ke PowerPoint atau Word, kemampuan auto save dan sync yang memungkinkan pengguna melanjutkan catatan atau gambar di perangkat lain seperti Galaxy Tab S7, dan Screen off memo untuk menulis cepat tanpa harus menghidupkan layar. Anda tinggal mengeluarkan S Pen dari tempatnya.

Yang tidak kalah menarik adalah Screen Write, fitur agar pengguna dapat menambahkan catatan atau coretan apapun di hampir semua konten yang tampil pada layar Galaxy Note20 Series. Ada pula Smart Select untuk menangkap dan memotong bagian tertentu pada layar yang ingin disimpan atau dibagikan kepada orang lain.

S Pen terbaru ini dapat digunakan sebagai alat navigasi dengan dukungan beberapa fitur yang dapat membuat pekerjaan terasa lebih praktis. Misalnya mengayunkan S Pen di udara untuk membentuk pola tertentu untuk mengakses fungsi Back, membuka Recent Apps, kembali ke halaman Beranda alias Home, dan masih banyak lagi. Fitur yang disebut Air Actions ini juga amat berguna untuk presentasi. Berkat dukungan teknologi Bluetooth Low Energy pada S Pen, pengguna dapat menggerakkan halaman presentasi dari jarak maksimal 9-10 meter.

2. Pro-Grade Camera untuk sebuah smartphone

Galaxy Note20 Series dibekali Pro-Grade Camera yang memungkinkan pengguna menciptakan konten layaknya seorang profesional. Berbekal sensor 108 MP pada Galaxy Note20 Ultra dan 64 MP pada Galaxy Note20, perangkat ini mampu merekam video dengan aspect ratio 21:9 di 24fps (frame per detik) sehingga lebih sinematik. Bahkan, kamera tersebut dapat merekam video dengan resolusi maksimal 8K. Satu hal yang belum ditemukan di smartphone lain di kelasnya.

samsung galaxy note20 video aspect ratio

Samsung juga menambahkan fitur perekaman video canggih lainnya seperti opsi merekam video Full HD di 120fps yang super halus, Live Focus Video untuk merekam video dengan efek bokeh yang bisa dipilih seperti Blur (bokeh biasa), Big Circle, Color Point, dan Glitch. Jua ada fitur Single Take yang memungkinkan pengguna mengabadikan momen menjadi beberapa format berbeda hanya dengan sekali jepret saja.

Galaxy Note20 Ultra juga memiliki sensor 12 megapixel dengan lensa periskop 5x optical zoom dan Space Zoom 50x. Dengan kemampuan pembesaran seperti ini, pengguna bisa memotret obyek yang jaraknya amat jauh tanpa khawatir kehilangan banyak detail. Pada Galaxy Note20, kemampuan Space Zoom-nya mencapai 30x.

samsung galaxy note 20 ultra mic video setting

elite dragonfly yangcanggih 728

Satu fitur canggih yang jarang ditemukan di kamera smartphone lain adalah kemampuan untuk mengatur mikrofon saat merekam video. Anda bisa mengatur agar mikrofon menangkap suara dari belakang, depan atau segala arah. Bahkan aplikasi kamera bawaan Samsung Galaxy Note20 series juga mendukung mikrofon USB. Anda juga bisa menggunakan Galaxy Buds Live sebagai mikrofon wireless berkualitas tinggi.

3. Gorilla Glass Victus sebagai pelindung layar

Samsung Galaxy Note20 Ultra merupakan smartphone pertama yang menggunakan Gorilla Glass Victus sebagai pelindung layar. Sebagai informasi, Gorilla Glass Victus merupakan teknologi kaca pelindung generasi terbaru garapan Corning.

Samsung Galaxy Note20 Ultra layar

Dibanding pendahulunya, Gorilla Glass Victus punya lapisan yang lebih kuat terhadap goresan. Bahkan, kaca ini juga sanggup bertahan ketika terjatuh dari ketinggian dua meter. Kerennya, selain Galaxy Note20 Ultra, saat ini belum ada perangkat lainnya dari brand manapun yang telah dibekali perlindungan Gorilla Glass Victus.

4. Adaptive 120Hz Display

Di luar sana mungkin sudah ada beberapa perangkat yang menawarkan layar dengan refresh rate tinggi. Namun hanya Samsung Galaxy Note20 Ultra yang memiliki layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,5 inci dengan refresh rate 120Hz serta kemampuan Adaptive Display. Itu artinya, layar ini secara otomatis dapat menyesuaikan refresh rate tergantung kebutuhan dengan mendeteksi apa yang sedang pengguna kerjakan. Jadi ketika tidak butuh refresh rate tinggi, otomatis levelnya akan diturunkan untuk menghemat baterai.

Layar Galaxy Note20 Ultra juga mampu menyajikan tingkat kecerahan hingga 1500 nits. Dengan layar yang amat terang, Samsung Galaxy Note20 Series akan sangat nyaman digunakan di bawah sinar matahari yang terik. Reproduksi warna di layarnya termasuk amat baik. Terbukti dengan diraihnya sertifikasi VDE Germany dalam hal100 percent Mobile Color Volume untuk jangkauan warna DCI-P3.

5. Wireless Samsung DeX 

Fitur Samsung DeX di Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra kini lebih canggih lagi. Kali ini, pengguna bisa menikmati seluruh fitur yang ada pada DeX secara wireless alias tanpa kabel. Cukup menghubungkan Galaxy Note20 Series ke Smart TV melalui WiFi, dan konten yang diinginkan akan tampil di layar TV yang besar.

Wireless Samsung DeX

Satu skenario penggunaan Wireless Samsung DeX adalah saat presentasi. Anda hanya perlu memasukkan file presentasi ke Galaxy Note20 Series. Hubungkan smartphone ke Smart TV menggunakan koneksi WiFi. Setelah itu, aktifkan fungsi DeX lewat tombol yang ada pada ponsel dan presentasi akan tertampil di layar televisi.

Selain untuk presentasi, masih banyak kegiatan lainnya yang akan terasa lebih praktis jika dilakukan dengan Wireless Samsung DeX.

Contohnya menampilkan video di Smart TV atau membuat ruang kelas virtual bagi anak-anak. Saat memutar video di TV, Anda tetap bisa membalas pesan, mengakses media sosial, atau membuka aplikasi lainnya di layar Galaxy Note20 Series. Dalam mode DeX, pengguna pun bisa mengubah Galaxy Note20 Series menjadi touchpad. Jadi rasanya seperti memiliki komputer dalam saku yang bebas digunakan dengan berbagai layar.

Itulah sederet fitur canggih pada Galaxy Note20 Series yang membuatnya lebih canggih dan lebih fungsional dibandingkan smartphone kelas flagship saat ini. Berikut spesifikasi lengkap Samsung Galaxy Note20 & Galaxy Note20 Ultra.

Pilihan warna Galaxy Note20

Sebagai informasi tambahan, saat ini Galaxy Note20 sudah dijual resmi di Indonesia dengan harga Rp14.499.00. Sedangkan Galaxy Note20 Ultra dijual mulai dari Rp17.999.000. Informasi pembelian bisa dilihat di http://www.samsung.com/id/galaxylaunchpack/

More Stories
Review HP Pavilion x360