Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Nikon Webcam Utility software: Permudah Live Streaming dengan Kamera DSLR dan Mirrorless



Nikon menjadi pabrikan kamera terakhir yang merilis software untuk mengubah kamera DSLR dan mirrorless miliknya menjadi webcam. Dengan diumumkannya Nikon Webcam Utility software, ini artinya semua pengguna kamera mirrorless atau DSLR dari pabrikan Nikon, Canon, Sony, Fujifilm, Panasonic, dan Olympus kini bisa melakukan streaming video atau konferensi video dengan kualitas gambar yang lebih baik.

Nikon Webcam Utility software 1

Fitur Nikon Webcam Utility software

Seperti software dari pabrikan lain, Nikon Webcam Utility software juga bisa digunakan dengan sangat mudah.

elite dragonfly yangcanggih 728

Pengguna kamera Nikon hanya perlu mengunduh software ini ke PC, kemudian sambungkan kamera ke PC lewat port USB dan kamera siap untuk digunakan. Tidak perlu lagi menggunakan perangkat tambahan seperti capture card yang umum digunakan. Menurut Nikon, Webcam Utility software besutannya bisa kompatibel dengan aplikasi video konferensi seperti Skype dan Zoom. Untuk siaran langsung atau live streaming Nikon Webcam Utility software juga kompatibel dengan program OBS Studio.

Sayangnya, Nikon Webcam Utility software tidak kompatibel dengan semua kamera mirrorless dan DSLR Nikon. Pengguna kamera saku Nikon juga tidak bisa menggunakan software ini. Kamera mirrorless dan DSLR Nikon yang kompatibel dengan Nikon Webcam Utility software antara lain Nikon Z7, Z6, Z5, Z50, D6, D850, D780, D500, D7500 dan D5600.

Ketersediaan Nikon Webcam Utility software

Nikon Webcam Utility software sudah bisa diunduh lewat situs Nikon. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk sistem PC berbasis Windows 10 64-bit. Belum ada informasi kapan Nikon akan menghadirkan versinya untuk pengguna MacOS.

More Stories
Sony GP VPT2BT 1
Sony GP-VPT2BT: Grip Nirkabel Untuk Kamera Mirrorless Sony