Google Nearby Share: Permudah Berbagi File ke Sesama Pengguna Android

Bagi pengguna iOS mengirimkan file ke sesama pengguna iOS bisa dilakukan dengan sangat mudah lewat fitur Apple AirDrop. Nah, untuk itulah Google kini mengumumkan fitur Nearby Share. Cara kerjasamanya sama seperti AirDrop. Tapi, Nearby Share hanya untuk pengguna smartphone Android saja.

svg%3E

Fitur Nearby Share

Lewat Nearby Share pengguna smartphone Android dari vendor manapun kini bisa saling kirim file dengan sangat cepat dan mudah. File yang didukung Nearby Share seperti foto, video, URL, atau konten lainnya.

Untuk memulai mengirimkan file pengguna smartphone Android nantinya hanya perlu memilih opsi Nearby Share. Kemudian, smartphone akan mencari perangkat yang ada di sekitar dan memilih protokol yang tepat untuk mengirim file seperti menggunakan Bluetooth, NFC, WebRTC, atau WiFi peer-to-peer.

Nearby Share juga mendukung fitur mengirim file secara anonim. Ini artinya, Anda bisa langsung mengirimkan file ke pengguna smartphone Android lain tanpa perlu bertukar nomor ataupun saling menghubungkan smartphone. Selain itu, tersedia juga opsi untuk menonaktifkan Nearby Share. Jadi, smartphone Anda tidak akan terlacak oleh smartphone lain yang sedang menggunakan fitur ini.

Ketersediaan Google Nearby Share

Nearby Share saat ini sudah mulai digulirkan lewat pembaruan sistem Android. Beberapa smartphone dari Google dan pabrikan Samsung sudah mendapatkan pembaruan ini. Menurut Google, Nearby Share bisa dinikmati pengguna dengan sistem operasi Android 6.0 atau di atasnya.

Verified by MonsterInsights