Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

[Gadget Guide] Rekomendasi Smartphone: realme C15, realme C11, dan realme C3, Pilih Mana?



Dari sederet produk yang telah diluncurkan realme di Indonesia, C-series bisa dibilang merupakan salah satu lini yang paling menarik. Pasalnya, realme C-series dibekali komposisi hardware yang cukup mumpuni di kelasnya, sembari menjaga harga agar tetap berada di level yang ramah kantong. Tidak heran jika kehadiran anggota terbarunya selalu layak untuk dinanti.

Yang terbaru dari lini ini adalah realme C15, smartphone dengan baterai 6.000 mAh. Dibanding dua produk anggota C-series lainnya yang masih ada di pasaran Indonesia saat, yakni C11 dan C3, realme C15 dijual dengan harga yang paling tinggi. Namun apakah itu berarti C15 mampu memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik dibanding dua saudaranya itu? Tentunya semua kembali kepada kebutuhan Anda.

Pada artikel kali ini, kami ingin memandu Anda yang punya budget 2 juta rupiah dan berencana membidik salah satu anggota realme C-series, tapi masih bingung ingin memilih realme C15, realme C11, atau realme C3. Kami harap dengan panduan dari kami Anda bisa lebih mudah menentukan mana realme C-series yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Yuk, langsung saja simak:

Butuh daya tahan baterai ekstra?

Foto Peluncuran realme C15
realme C15

Baik realme C15, realme C11, maupun realme C3 sama-sama dibekali baterai berukuran jumbo sebagai nilai jual utamanya. Karena itu, kalau Anda menjadikan daya tahan baterai sebagai salah satu pertimbangan utama ketika membeli smartphone, pilihan Anda sudah tepat. Ketiganya menawarkan ketahanan baterai yang mumpuni, sehingga cocok diajak beraktivitas seharian penuh tanpa perlu khawatir harus mengisi daya di tengah jalan.

realme C15 menjadi seri dengan kapasitas baterai paling besar, yakni 6.000 mAh. Sementara dua saudaranya, C11 dan C3, sama-sama punya baterai 5.000 mAh. Tentunya di atas kertas realme C15 menjadi yang paling menggiurkan. Menurut hasil uji di realme Lab, dengan baterai 6.000 mAh realme C15 dapat bertahan selama 57 hari dalam mode siaga, mendukung 46 jam panggilan terus menerus, atau sama dengan 28 jam menonton YouTube.

Jadi kalau Anda mencari smartphone dengan daya tahan baterai paling lama, pilih realme C15. Perangkat ini cocok untuk tipe pengguna yang malas membawa power bank, sering menghabiskan waktu untuk menonton video, hingga driver berbasis aplikasi online yang tidak mau repot-repot mengisi daya berkali-kali saat bekerja. Apalagi, realme juga sudah membenamkan teknologi fast charging 18W.

Anda seorang gamer?

Realme C3
Smartphone Realme C3. (Foto: Kristian Tjahjono)

realme C15, realme C11, dan realme C3 masing-masing dipersenjatai chipset yang berbeda. Kalau realme C15 dan realme C11 sama-sama mengandalkan MediaTek Helio G35. Sedangkan realme C3 terlihat lebih menonjol berkat MediaTek Helio G70. Ketiga smartphone ini mampu memberikan performa mulus untuk pemakaian sehari-hari. Tapi kalau harus memilih mana yang paling kencang, jelas realme C3 jawabannya.

Kehadiran realme C3 seolah membuktikan bahwa perangkat dengan kemampuan gaming di atas rata-rata tidak harus selalu mahal. Anda yang gemar bermain game tapi memiliki budget terbatas pun bisa memiliki smartphone yang sanggup diajak menjalankan berbagai judul-judul populer.

K413 728 yangcanggih

Jika Anda termasuk pengguna yang menyukai game-game 3D seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, COD Mobile, Asphalt 9, Arena of Valor, Free Fire, dan sebagainya, maka realme C3 adalah pilihan yang paling ideal untuk Anda.

realme C11 tanpa sensor sidik jari

Kalau menurut Anda keberadaan sensor sidik jari cukup penting, maka mungkin realme C11 bukan perangkat yang cocok untuk Anda. Dari ketiga smartphone tersebut, hanya realme C11 yang belum dibekali sensor sidik jari. Jadi jika Anda menginginkan smartphone dengan perlindungan sensor sidik jari, maka Anda bisa memilih antara realme C15 atau realme C3.

realme C11 10
realme C11

Butuh kamera ultra-wide?

Satu hal yang perlu Anda ketahui pula, realme tidak membenamkan konfigurasi kamera yang sama pada C15, C11, dan C3. Bukan hanya soal perbedaan sensor, tetapi juga lensa yang diusungnya. realme C15 menjadi opsi dengan ketersediaan kamera yang paling lengkap di antara ketiganya.

Salah satu kamera menarik pada realme C15 yang tidak dipunyai oleh realme C11 dan realme C3 adalah kamera ultra-wide. Dengan kamera ini, Anda bisa memotret dengan sudut yang lebih lebar mencapai 119 derajat. realme C15 juga memiliki dua kamera unik lainnya yang, yakni B&W dan retro. Jadi, total ada 4 kamera di realme C15 termasuk kamera utama 13 megapixel.

realme C15

Mana yang paling murah?

Nah, sekarang soal perbedaan harga. Sesungguhnya realme C15, realme C11, dan realme C3 dijual di kisaran harga yang berdekatan satu sama lain. Meski begitu, kami yakin perbedaan 100 hingga 200 ribu rupiah juga sangat berarti bagi sebagian orang. Karena itu untuk artikel Gadget Guide kali ini kami memasukkan poin harga sebagai bahan panduan.

realme C15 varian 4/64 GB dijual dengan harga Rp1.999.000. Sementara realme C3 varian 3/32 GB bisa ditebus dengan dana Rp1.899.000. Terakhir, realme C11, varian paling bawah dengan RAM 2 GB dan storage 32 GB dijual dengan harga hanya Rp1.599.000. Kalau Anda mencari yang termurah, jelas realme C11 jawabannya. Namun kalau varian 2/32GB dirasa kurang menggiurkan, Anda bisa beralih ke varian 3/32 GB yang harganya Rp1.699.000. Masih lebih murah dibanding realme C3.

Itulah beberapa poin yang bisa Anda jadikan panduan saat memilih realme C-series. Yang perlu kami tekankan, smartphone yang bisa memenuhi kebutuhan Anda bukan berarti harus yang paling mahal. Semua kembali kepada gaya pemakaian Anda, apakah Anda seorang pengguna casual yang menggunakan ponsel sebagai alat komunikasi dan media sosial saja, pengguna yang gemar bermain games, atau pengguna yang menghabiskan sebagian besar waktu di luar rumah sehingga butuh baterai dengan daya tahan ekstra.

More Stories
Launching Evercoss Elevate Y2 Power 1
Andalkan Baterai 6200 mAh, Evercoss Luncurkan Elevate Y2 Power