Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Review Lenovo Legion 5: Performa Kencang dengan AMD Ryzen 4000 Series, Harga Bersahabat



4.5

Laptop gaming dengan prosesor AMD Ryzen 4000 series memang sangat dinantikan oleh gamer di tanah air. Menjawab euforia tersebut Lenovo meluncurkan Legion 5. Laptop gaming pertamanya yang diotaki prosesor AMD Ryzen.

lenovo legion 5 4

Desain Lenovo Legion 5

Menjadi suksesor Legion Y540 di tahun lalu, Legion 5 masih tampil dengan garis desain yang mirip. Laptop gaming ini tetap mempertahankan desain minimalis. Dimensinya juga relatif ringkas dan ringan. Jadi mudah dibawa ke mana saja.

Lenovo Legion 5 2

Meski desainnya minimalis, Legion 5 tidak pelit konektivitas. Sederetan port konektivitas bisa ditemukan tersusun rapih di belakang bodinya.

Trik ini berhasil untuk menjaga tampilannya agar selalu terlihat rapih. Selain itu, port-port konektivitasnya menjadi lebih mudah dijangkau dan tidak menggangu saat bekerja atau gaming.

Lenovo Legion 5 3

Selain di belakang bodinya di sisi kiri dan kanan bodi juga masih tersedia port konektivtas. Di sisi kiri ada port audio jack 3.5mm dengan USB3.1 Gen 1 yang mendukung fitur always on untuk isi ulang baterai gadget lain. sisi kanan ada satu lagi port USB 3.1 Gen1 Type A yang ditemani dengan tombol Novo untuk masuk ke menu recovery. Satu yang absen dari Legion 5 hanyalah slot kartu memoriSD.

Layar Lenovo Legion 5

Di sektor layar Legion 5 datang dengan panel layar IPS 15.6 inci yang resolusinya Full HD. Bingkai layarnya relatif tipis.

lenovo legion 5 7

Ada sedikit notch di sisi atas untuk memuat webcam. Oh ya webcam Legion 5 juga sudah dilengkapi dengan fitur TrueBlock privacy shutter untuk melindungi privasi saat tidak digunakan.

Secara keseluruhan kami cukup puas dengan layar Legion 5. Visual yang tersaji terlihat tajam. Apalagi, panel layarnya sudah mendukung refresh rate 120 Hz yang ideal untuk gaming.

lenovo legion 5 6

Warna di layarnya juga cukup memanjakan mata. Bagi pengguna yang tidak terlalu mementingkan akurasi warna, menurut kami layarnya ini sudah sangat cukup untuk kebutuhan gaming, bekerja hingga menikmati konten multimedia.

Keyboard Lenovo Legion 5

Beralih ke sektor keyboard Legion 5 membawa keyboard Lenovo TrueStrike. Ukuran tombol-tombolnya sangat pas dengan jarak antar tombol sekitar 1,5mm. Keyboarnyd juga sangat responsif dengan fitur 100% anti ghosting. Keyboardnya ini mengingatkan kami dengan keyboard Lenovo ThinkPad. Mengetik atau bermain game dengan keyboardnya tersebut terasa sangat nyaman.

lenovo legion 5 5

Sementara, di bawah keyboard tersedia trackpad yang berukuran besar yang sangat responsif dengan sentuhan jari. Tombol klik kiri dan kanan trackpadnya juga sangat nyaman saat ditekan.

hp 200 g3 aio 728 yc

Tidak ketinggalan keyboard Legion 5 telah dilengkapi dengan lampu backlit yang berwarna putih. Di atas keyboard juga bisa ditemukan tombol power dengan indikator LED.

Warna Indikator LED ini akan berubah menyesuaikan opsi pengaturan di fitur Lenovo Q-control yang bisa diakses lewat tombol FN+Q. Biru untuk mode Quiet, Putih untuk Auto dan Merah untuk mode performace.

Audio Lenovo Legion 5

Bergeser ke sektor audio Legion 5 membawa audio dari pabrikan Harman. Kualitas Audionya ini sangat baik. Di atas rata-rata dengan suara yang sangat bertenaga dan jernih. Sekalipun di volume tinggi suaranya tetap terdengar jelas dan minim distorsi.

Tata suaranya juga masih didukung dengan fitur Dolby Atmos for gaming. Fitur ini menyediakan beragam preset audio yang secara spesifik dibuat untuk beberapa genre game. Bahkan, tersedia juga preset untuk menikmati konten film atau musik.

Performa Lenovo Legion 5

Lenovo Legion 5 1
Lenovo menghadirkan Legion 5 dengan beragam spesifikasi dengan opsi AMD Ryzen 5 dan Ryzen 7 4000 series. Untuk unit yang kami review ini hadir dengan AMD Ryzen 5 4600H, RAM 16GB, SSD M.2 NVMe 512GB dan kartu grafis Nvidia GeForce 1650Ti 4GB. Untuk menambah kapasitas ruang penyimpanannya gamer bisa memanfaatkan satu 1 slot kosong untuk menambah Hard disk.

Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut

Untuk produktivitas sehari-hari seperti mengolah dokumen dan browsing spesifikasinya sudah lebih dari cukup. Terasa sangat gegas dan nyaris tidak ada lag. Spesifikasinya juga sudah mumpuni untuk membuat konten seperti penyuntingan foto atau video. Bahkan, masih cukup mumpuni untuk kebutuhan rendering 3D.

Performa gamingnya juga memuaskan. Beberapa judul game kekinian bisa dijalankan dengan lancar di pengaturan grafis medium hingga ultra. Sebut saja seperti game RDR2, GTA V, metro exodus, dan shadow of tomb raider semua bisa dimainkan dengan rata-rata fps sekitar 30-50 fps.

Keistimewaan dari Legion 5 adalah manajemen thermalnya yang sangat baik. Berkat teknologi pendingin Legion ColdFront 2.0 dan empat lubang port pembuangan panas di bodinya, saat gaming kami hanya merasakan sedikit sensasi hangat di atas permukaan keyboardnya. Kinerja kipas pendinginnya juga relatif senyap.

Baterai Lenovo Legion 5

Manajemen dayanya juga sangat baik. Apalagi laptop ini juga didukung fitur Lenovo Q-Control yang bisa diakses dengan menekan tombol FN+Q. Lenovo Q-Control menawarkan tiga opsi pengaturan yaitu Quiet, Auto dan Performace.

Mode Quiet menjadi favorit kami untuk bekerja sehari-hari. Karena baterai bisa sangat irit. Dari pengujian kami di mode Quiet dengan pengaturan gelap terang layar 50%, terhubung ke WiFi, browsing dan digunakan hanya mengetik baterainya bisa bertahan hingga sekitar 7 jam. Sangat tahan lama untuk sebuah laptop gaming. Sementara, saat gaming atau menjalankan aplikasi penyuntingan foto atau video kami memilih mode performace.

Selain itu, baterai Legion 5 juga sudah didukung dengan teknologi RapidCharge Pro untuk waktu isi ulang baterai yang lebih singkat. Hanya perlu waktu sekitar 30 menit untuk isi ulang baterainya dari 0% hingga 50%.

Untuk mempermudah pengguna Lenovo juga sudah menghadirkan Lenovo Vantage. Lewat Lenovo Vantage pengguna bisa mengakses beragam pengaturan laptop ini, hingga melakukan update sistem dengan lebih cepat dan mudah.

Kesimpulan

Sebagai varian Legion pertama dengan prosesor AMD Ryzen, Legion 5 menurut kami sangat wajib diacungi jempol. Tidak hanya desain minimalisnya yang keren, Lenovo juga berhasil mengemasnya dengan performa yang bertenaga, kinerja yang sangat dingin dan baterai yang relatif irit.

Ini menjadikan Lenovo Legion 5 tidak hanya mampu diandalkan untuk gaming, tapi juga bisa untuk mendukung penciptaan konten ataupun produktivitas kerja sehari-hari. Jika tidak keberatan dengan harga jualnya yang ada di kisaran 16,499 juta Rupiah untuk spesifikasi Ryzen 5 4600H, RAM 16GB dan Nvidia GeForce GTX1650Ti 4GB, laptop ini sangat kami rekomendasikan untuk gamer, konten kreator, ataupun para pekerja yang masih doyan bermain game.

Yang canggih:
+ Performa kencang
+ Kinerja relatif senyap
+ Sistem pendingin amat baik
+ Baterai tahan lama untuk sebuah laptop gaming
+ Harga kompetitif
+ Kapasitas SSD besar dengan slot tambahan untuk ekspansi
+ Keyboard sangat nyaman digunakan
+ Webcam dilengkapi fitur Trueblock Privacy Shutter
+ Audio sangat baik

Yang Kurang:
– Tidak dilengkapi slot kartu memoriSD
– Panel layar rata-rata

Tidak hanya desain minimalisnya yang keren, Lenovo juga berhasil mengemasnya dengan performa yang bertenaga, kinerja yang sangat dingin dan baterai yang relatif irit.
4.5
More Stories
Acer Predator X32
[CES 2020] Acer Predator X32: Monitor Gaming Canggih Seharga 50 Jutaan Rupiah