Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A11

Salah satu penawaran Samsung untuk pengguna yang mencari smartphone dengan harga terjangkau adalah Galaxy A11. Dijual di kisaran 2 juta rupiah, perangkat ini dinilai cocok untuk anak muda yang aktif maupun pengguna pemula yang baru beralih ke Android.

Untuk Anda yang ingin memiliki budget tidak terlalu besar tapi tertarik dengan produk-produk garapan Samsung, Galaxy A11 bisa menjadi opsi yang cukup menarik. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan apa saja kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A11:

Kelebihan Samsung Galaxy A11:

Dimensi cukup ideal, nyaman digenggam

svg%3E

Meski layarnya tergolong lebar, kami menilai Galaxy A11 masih memiliki dimensi yang cukup ideal sehingga nyaman digenggam. Bodinya juga tidak licin, dan bobotnya pun terasa pas. Selain itu, dari segi desain Galaxy A11 tampil cukup oke di kelasnya.

Layar lebar Infinity-O

Ukuran layar Galaxy A11 adalah 6,4 inci dengan panel PLS TFT dan mengusung resolusi HD+. Tingkat kecerahannya cukup memadai asalkan Anda tidak berada di bawah sinar matahari yang terlalu terik. Secara keseluruhan layar Galaxy A11 asyik untuk mendukung berbagai kebutuhan sehari-hari, baik untuk browsing, mengakses media sosial, bermain games, atau menonton film.

svg%3E

Kinerja mulus

Samsung kembali mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 450 untuk menunjang performa Galaxy A11. Bukan chipset baru, dan performanya cukup tertinggal dibanding lawan-lawannya. Sekadar informasi, beberapa brand pesaing di kelas harga setara sudah menggunakan chipset yang lebih kencang seperti Snapdragon 665 atau Helio G85.

Walaupun di atas kertas kurang menggiurkan, tapi menurut kami kinerja Galaxy A11 terasa cukup mulus untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Untuk gaming pun masih bisa. Mobile Legends dapat dimainkan dengan lancar tanpa kendala.

Kamera lumayan asalkan cahaya memadai

Smartphone ini menawarkan tiga kamera belakang yang terdiri dari sensor utama 13 megapixel, 5 megapixel dengan lensa ultra-wide, dan 2 megapixel depth sensor untuk membantu menciptakan efek bokeh. Untuk yang gemar selfie, Galaxy A11 punya kamera depan 8 megapixel lengkap dengan fitur Live Focus (bokeh) seperti pada kamera belakang.

Hasil foto Galaxy A11 (4)

Hasil foto Galaxy A11 (5)

Kualitas jepretannya oke-oke saja asalkan Anda memotret di kondisi cahaya yang ideal. Foto yang disajikan tajam, dengan warna yang tampak natural. Dari segi dynamic range pun Galaxy A11 cukup baik.

Baterai awet

Tidak seperti Galaxy M11 yang dibekali baterai 5.000 mAh, di Galaxy A11 Anda hanya disuguhkan kapasitas 4.000 mAh saja. Tapi karena memiliki sederet hardware yang tidak terlalu rakus daya, menurut kami baterai 4.000 mAh pada Galaxy A11 masih tergolong ideal untuk menemani dari pagi hingga malam hari, atau bahkan hingga keesokan harinya.

svg%3E

Kekurangan Samsung Galaxy A11:

Bodi mudah kotor oleh bekas jari

Sama seperti kebanyakan smartphone dengan finishing glossy, body Galaxy A11 mudah kotor oleh bekas jari. Anda harus lebih rajin membersihkannya agar tidak terlihat kusam. Solusi paling mudah tentunya dengan memasang casing.

White balance kurang konsisten

Saat kami melakukan pengujian beberapa waktu yang lalu, kemampuan white balance otomatis pada Galaxy A11 menurut kami kurang konsisten. Seringkali warna foto menjadi tidak akurat. Meski begitu, ada kemungkinan hal ini bisa diperbaiki melalui update OS di masa mendatang.

svg%3E

 

Belum didukung Night Mode

Night Mode mungkin bukan fitur wajib untuk smartphone terjangkau. Tapi tidak dapat dipungkiri, di level harganya sudah ada brand lain yang menawarkan fitur tersebut. Night mode sangat berguna untuk memudahkan mengabadikan momen di kondisi cahaya yang temaram.

Paket penjualan tidak ada softcase

Kami yakin bonus softcase bagi sebagian orang cukup penting. Beberapa brand pesaing pun sudah menambahkannya langsung di dalam paket penjualan smartphone-nya. Paling tidak, dengan softcase gratisan pengguna bisa memasang proteksi terlebih dahulu, sambil berburu softcase after market yang lebih bagus.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A11. Kesimpulan kami, smartphone ini cukup memadai sebagai daily driver jika kebutuhan Anda hanya seputar komunikasi, media sosial, dan game casual.

Bagi yang berminat, Samsung Galaxy A11 dijual dengan harga yang sama dengan Galaxy M11, yakni Rp2.099.000. Smartphone ini sudah banyak tersedia di pasaran baik secara online maupun lewat toko-toko offline.

Verified by MonsterInsights