Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

Canon EOS R5 dan EOS R6 Resmi di Indonesia, Mulai 47 Jutaan Rupiah

Generasi terbaru kamera mirrorless dengan sensor full frame dari Canon memang sangat dinantikan. Untuk itulah tidak perlu waktu lama setelah peluncuran globalnya, PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia mengumumkan ketersediaan Canon EOS R5 dan EOS R6 untuk para fotografer dan videografer di tanah air.

“Kami percaya bahwa kehadiran Canon EOS R5 dan EOS R6 ini akan membuka ruang kreativitas baru bagi para pencinta fotografi dan videografi di tanah air,” ujar Merry Harun – Canon Business Unit Director, pt. Datascrip.

canon eos R5 dan Eos R6 launch 1

Spesifikasi Canon EOS R5 dan EOS R6

Canon EOS R5 dan EOS R6 hadir dengan sensor CMOS full frame yang berbeda. EOS R5 sensornya 45 megapixel, sementara EOS R6 hanya 20 megapixel. Kendati demikian, Canon EOS R5 dan EOS R6 dilengkapi prosesor gambar DIGIC X yang sebelumnya disematkan pada kamera DSLR flagship Canon EOS-1DX Mark III.

canon EOS R6 1

Prosesor DIGIC X ini mampu mengurangi noise dengan lebih baik sehingga EOS R5 dapat memotret hingga ISO 51.200 yang dapat ditingkatkan hingga 102.400, sementara EOS R6 yang dibekali sensor CMOS full-frame 20 megapiksel dapat memotret hingga ISO 102.300 dan dapat ditingkatkan hingga 204.800.

Berkat prosesor DIGIC X kemampuan rekam video kedua kamera ini juga sangat mumpuni. Canon EOS R5 mampu merekam video hingga resolusi 8K tanpa crop. Untuk EOS R6 bisa merekam video UHD 4K/60p. Selain itu, modus videonya juga mendukung perekaman video 10-bit 4:2:2 dengan C-Log atau HDR PQ.

Fitur Canon EOS R5 dan EOS R6

Electronic Shutter di EOS R5 dan EOS R6 mampu memotret pada mode continuous shooting hingga 20 fps pada resolusi penuh, bahkan dalam kondisi fitur pelacakan AutoFocus (AF) dan Auto Exposure(AE) yang tetap aktif. Sangat membantu untuk fotografer aksi cepat, seperti fotografi olahraga atau satwa liar. Teknologi ini menempatkan kedua kamera EOS R5 dan EOS R6 sebagai kamera mirrorless full-frame tercepat di kelasnya.

canon eos R5 1

Beralih ke sektor autofocus EOS R5 dan EOS R6 kini membawa autofocus Dual Pixel CMOS AF II. Kinerja autofocusnya diklaim semakin cepat dan sangat presisi. Autofocus di kamera ini juga didukung mode AF Priority untuk memilih prioritas fokus pada manusia atau hewan. Autofocus kedua kamera ini tidak hanya mampu mengenali tubuh, tetapi juga kepala dan mata subjek sehingga sangat bermanfaat bagi fotografer olahraga atau satwa liar yang membutuhkan kecepatan dan fokus yang maksimal.

Fitur lain yang sangat menarik adalah hadirnya fitur penstabil di bodinya. Canon EOS R5 dan EOS R6 hadir dengan teknologi 5-axis In-Body Image Stabilizer (In-Body IS). Dengan menggunakan algoritma baru, DIGIC X membaca data sinyal gyro dengan cepat untuk menghasilkan efek stabilisasi gambar yang lebih tinggi. Saat dipasang lensa berteknologi Optical Image Stabilizer (Optical IS) kinerja stabilisasi gambar bisa mengompensasi kecepatan rana hingga 8-stop.

Harga Canon EOS R5 dan EOS R6

Canon EOS R5 dan EOS R6 saat ini sudah tersedia di Indonesia dengan beberapa pilihan paket. Canon EOS R5 bodi saja dijual dengan harga Rp69.883.000. Untuk paket dengan lensa 24-105mm L IS USM, harga resmi di Indonesia adalah Rp88.648.000.

Sementara, Canon EOS R6 harganya Rp47.883.000 untuk bodi saja dan Rp54.353.000 paket dengan lensa 24-105mm IS STM, Rp 67.036.000 dengan paket lensa 24-105mm L IS USM. Artikel selengkapnya tentang Canon EOS R5 dan EOS R6 bisa dibaca di masing-masing tautan berita.

Back to top button