Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Mengenal Windows Hello di Laptop dengan Windows 10



Di sistem operasi Windows 10, Microsoft menghadirkan satu fitur yang bernama Windows Hello. Fitur ini memang canggih, tapi cukup disayangkan belum banyak dikenal. Cukup wajar mengingat Windows Hello hanya kompatibel dengan perangkat laptop tertentu saja. Nah, di artikel ini kami akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat dengan Windows Hello.

Windows Hello 1

Apa itu Windows Hello?

Windows Hello adalah sebuah metode yang dirancang Microsoft untuk mempermudah pengguna membuka akses pengaman laptop berbasis Windows 10. Bisa dibilang Windows Hello adalah alternatif dari kata sandi untuk login Windows.

Dibandingkan kata sandi Windows Hello jelas lebih cepat dan mudah. Ini karena pengguna tidak perlu lagi mengingat dan mengetik kata sandi untuk membuka kunci pengaman Windows.

Windows Hello lebih personal karena bisa memungkinkan pengguna membuka akses pengaman dengan data biometrik sensor sidik jari, pengenal wajah, atau pemindaian bola mata dalam waktu yang sangat singkat.

Apakah Windows Hello aman?

Dibandingkan kata sandi Windows Hello diklaim lebih aman. Kata sandi bisa diintip dan punya kemungkinan untuk dicuri. Sementara, data biometrik sensor sidik jari, pengenal wajah atau pemindaian bola mata pengguna akan lebih sulit dan nyaris mustahil untuk dicuri dan diduplikasi.

hp 200 g3 aio 728 yc

Windows Hello juga khusus dirancang untuk mengenali wajah manusia yang sesungguhnya. Ini berarti Windows Hello mampu mendeteksi dan mengenali wajah manusia dengan sangat presisi. Bahkan, tidak bisa ditipu menggunakan foto. Jadi, dengan Windows Hello jelas hanya pengguna saja yang bisa mengakses perangkat laptopnya.

Kriteria laptop dengan Windows Hello

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal artikel Windows Hello tidak kompatibel dengan semua laptop Windows 10.

Ada dua kriteria yang wajib dipenuhi sebuah laptop. Pertama, laptop harus dilengkapi fitur pengaman sensor sidik jari. Kedua, laptop juga wajib dilengkapi webcam dengan teknologi IR. Jadi, pastikan di laptop Anda ada salah satu fitur tersebut untuk menggunakan Windows Hello.

Untuk laptop yang belum memiliki kedua fitur tersebut, bisa memanfaatkan Windows Hello tapi menggunakan akses PIN.

Cara menggunakan Windows Hello

Jika laptop Anda sudah dilengkapi sensor sidik jari atau webcam IR, untuk pengaturan Windows Hello juga sangat mudah. Windows Hello bisa diatur melalui Windows Settings, Accounts, kemudian pilih Sign-in Options. Selengkapnya terkait Windows Hello bisa dilihat di sini.

More Stories
Review Fujifilm X100S