Tokina SZX Super Tele 400mm F/8 Reflex MF: Lensa Super Telefoto yang Sangat Ringkas dan Ringan

Tokina kembali mendobrak dunia fotografi. Lewat lensa SZX Super Tele 400mm F/8 Reflex MF Tokina berhasil menciptakan lensa super tele yang sangat ringkas dan mudah dibawa ke mana saja.

svg%3E

Desain Tokina SZX Super Tele 400mm F/8 Reflex MF

Umumnya lensa super tele hadir dengan dimensi bodi yang panjang dan tidak hemat tempat. Nah, SZX Super Tele 400mm F/8 Reflex MF ini berbeda. Meski jarak fokalnya 400mm lensa ini bisa hadir dengan dimensi sangat ringkas dan ringan. Secara keseluruhan bodinya hanya sepanjang 77mm dengan bobot hanya 340gram.

Inovasi Tokina SZX Super Tele 400mm F/8 Reflex MF

Rahasianya, ada di rancangan optik yang sangat inovatif. Tokina SZX Super Tele 400mm F/8 Reflex MF mengadopsi desain optik Catadioptric. Mirip seperti teleskop. Rancangannya tersebut menggabungkan kaca dan elemen optik pembiasan ke dalam rancangan satu lensa. Dengan demikian, rancangannya bisa lebih ringkas hingga lima kali jika dibandingkan dengan lensa super telefoto pada umumnya.

svg%3E

Kendati demikian, tetap ada limitasi atau keterbatasan dari lensa ini. Petama, Tokina SZX Super Tele 400mm F/8 Reflex MF hadir dengan diafragma fix F/8 yang tidak bisa diatur dan hanya mendukung pengaturan fokus manual. Kemudian, lensa ini tidak mendapat dukungan fitur penstabil. Jadi, akan lebih cocok jika digunakan di kamera mirrorless yang sudah dilengkapi dengan fitur penstabil di bodinya. Walau begitu, Tokina SZX Super Tele 400mm F/8 Reflex MF mampu menghasilkan bokeh dengan karakter “donat” yang sangat unik dan artistik.

Harga Tokina SZX Super Tele 400mm F/8 Reflex MF

Tokina SZX Super Tele 400mm F/8 Reflex MF akan mulai tersedia di pasaran bulan Agustus 2020. Belum ada info terkait harganya nanti di pasaran. Walau begitu, lensa ini dipastikan akan tersedia dengan mount Canon EF, Nikon F, Sony E, Fujifilm X, dan MFT.

Verified by MonsterInsights