Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Review EZVIZ C6N: Kamera Pengaman Murah, Fitur Lengkap dan Mudah Digunakan



Beberapa waktu lalu pabrikan EZVIZ mengumumkan kehadiran kamera pengaman EZVIZ C6N. Kamera pengaman ini diharapkan bisa jadi solusi untuk melengkapi sistem keamanan rumahan yang lebih murah dan mudah digunakan. Apakah EZVIZ C6N benar bisa diandalkan untuk mengamankan rumah Anda? Simak ulasannya berikut ini.

 

Desain EZVIZ C6N

EZVIZ C6N mengadopsi desain dome. Desainnya sendiri sangat cantik dan minimalis. Tidak ada satupun tombol bisa ditemukan di bodinya.

EZVIZ C6N 2

Di bodi EZVIZ C6N hanya ada dua port yaitu port Ethernet dan port usb untuk suplai daya. Satu hal yang menarik dari EZVIZ C6N adalah penempatan slot microSD dan tombol resetnya.

Slot microSD dan tombol resetnya ini disembunyikan di dalam modul kamera. Untuk mengaksesnya modul kameranya hanya perlu digeser ke atas. Memang agak sulit diakses, tapi trik ini menurut kami berhasil untuk menjaga tampilannya tetap rapih dan minimalis.

Satu hal yang cukup disayangkan EZVIZ C6N belum hadir dengan rancangan yang tahan cuaca. Jadi, kamera ini hanya cocok untuk penggunaan di dalam ruangan. Bisa juga digunakan di luar ruangan tapi pastikan posisinya agar terlindung dari hujan.

Kekurangannya yang lain ada di dudukannya. EZVIZ C6N belum mendukung dudukan magnet. Jadi, Anda tidak bisa menempelkan EZVIZ C6N ke permukaan besi. Jika ingin memasangnya di tembok atau langit-langit rumah, dalam paket pembeliannya sudah termasuk dengan mounting tambahan. Mounting ini bisa langsung dipasang ke tembok atau langit-langit untuk memasang EZVIZ C6N.

Fitur EZVIZ C6N

Hadir dengan model dome EZVIZ C6N didukung dengan motor penggerak. Berkat motor penggeraknya ini EZVIZ C6N bisa bergerak ke mana saja dengan rotasi horisontal 340 derajat dan rotasi vertikal 55 derajat. Kemampuannya menangkap gambar bisa mencakup semua area ruangan tanpa blind spot. Jadi, setiap sudut rumah bisa diawasi oleh EZVIZ C6N.

Di EZVIZ C6N juga bisa ditemukan sederetan fitur pintar. Seperti misalnya fitur Smart Tracking. Fitur ini bisa mendeteksi dan mengikuti gerak obyek, lalu mengirimkan notifikasi ke pengguna secara real time. Kemudian, tersedia juga fitur Smart IR yang akan sangat berguna untuk menangkap gambar di kondisi gelap atau malam hari.

Jika tidak ingin EZVIZ C6N aktif secara nonstop tersedia Sleep Mode. Fitur ini bisa menonaktifkan sementara fungsi kamera dan mic. EZVIZ C6N juga didukung layanan komputasi berbasis komputasi awan. Jadi, hasil rekaman kamera ini bisa langsung diunggah ke layanan tersebut. Layanan ini opsional dan bisa diakses lewat aplikasinya.

ezviz c6N 9
Fitur lain yang menurut kami menarik EZVIZ C6N telah mendukung ekosistem Google Home dan asisten virtual Google Assitant. Jadi, Anda bisa langsung menambahkan EZVIZ C6N dan menghubungkan EZVIZ C6N ke perangkat pintar lain seperti speaker pintar, chromecast atau TV pintar di ekosistem Google.

Ini menjadi nilai tambah jika Anda memang sudah mengembangkan ekosistem rumah pintar berbasis Google Home. Saat kami mencobanya, hanya dengan perintah suara, kami bisa meminta Google Assistant untuk mengendalikan EZVIZ C6N. Seperti misalnya, menyalakan EZVIZ C6N atau sekedar menampilkan tangkapan gambar EZVIZ C6N ke TV. Saat fitur deteksi geraknya diaktifkan Anda juga bisa mendapatkan notifikasi.

Setup dan performa EZVIZ C6N

EZVIZ C6N bisa digunakan dengan sangat mudah. Setup kamera ini bisa dilakukan dengan cepat. Sekalipun Anda yang awam dengan teknologi pasti bisa melakukan pengaturan EZVIZ C6N.

hp 200 g3 aio 728 yc

Untuk menggunakannya Anda hanya perlu unduh aplikasi EZVIZ yang tersedia untuk Android dan iOS dan buat akun EZVIZ. Setelah itu klik tombol tambah untuk menambahkan kamera. Pindai barcode yang ada di bawah EZVIZ C6N, lalu hubungkan EZVIZ C6N ke jaringan hotspot di rumah. Setelah terhubung kamera ini sudah siap digunakan.

ezviz c6n 1

Hasil tangkapan gambar dan semua pengaturan EZVIZ C6N bisa diakses di aplikasinya ini. Antarmuka aplikasinya menurut kami sangat sederhana dan juga mudah sekali digunakan.

Lewat aplikasinya pengguna bisa memonitor EZVIZ C6N dari mana saja secara real time. Melakukan pengaturan dan memanfaatkan fitur-fiturnya juga bisa.

Pengujian pertama kami coba menggerakkan kamera EZVIZ C6N lewat tombol D-pad yang tersedia. Gerakan kamera EZVIZ C6N memang terasa agak lambat dan kurang responsif. Kemudian, percobaan berlanjut ke fitur Smart Tracking. Di fitur ini EZVIZ C6N bisa melacak subyek dan mengikuti kemanapun subyek bergerak. Kami sangat terkesan dengan fitur ini. Pasalnya, EZVIZ C6N bisa mendeteksi subyek dengan akurat dan mengikuti pergerakan subyek dengan cukup cepat.

Lalu bagaimana dengan hasil tangkapan gambar EZVIZ C6N? Menurut kami sangat memuaskan. Modul kameranya ini dipersenjatai sensor 2 megapixel dengan kemampuan merekam di resolusi Full HD. Untuk opsi pengaturan video di aplikasinya tersedia tiga opsi yaitu Ultra HD, Hi-Def dan Standard. Di opsi Ultra HD yang kami gunakan hasil tangkapan gambarnya memang terlihat jelas dan tajam.

Untuk memperbesar tangkapan gambar EZVIZ C6N juga mendukung fitur zoom digital maksimum 8x. Tapi, patut dicatat ketajaman gambar saat zoom digital ini akan berkurang. Selain itu, tersedia opsi Flip Image untuk membalik tangkapan gambar. Opsi ini bisa dipilih jika Anda memasang EZVIZ C6N di atas langit-langit rumah dengan posisi kameranya di bawah. EZVIZ C6N juga mendukung fitur komunikasi. Tekan tombol mic di aplikasinya maka Anda bisa langsung mengirimkan suara lewat EZVIC C6N. Cocok untuk skenario sebagai kamera pengawas.

Kesimpulan

Di kelas harganya yang ada di kisaran 400 ribuan EZVIZ C6N tergolong kamera pengaman yang relatif murah. Kualitas rekam videonya juga jempolan. Tajam dan jelas di resolusi Full HD.

Semua fitur-fitur yang dibawanya pun sudah cukup sebagai kamera pengaman atau kamera pengawas untuk rumahan. Bisa juga untuk di lokasi bisnis Anda seperti toko, kedai kopi hingga restoran.

Ditambah setup yang sangat mudah dan dukungan ekosistem Google Home, EZVIZ C6N memang sangat kami rekomendasikan. EZVIZ C6N cocok untuk siapa saja yang mengincar kamera pengaman murah, fitur mumpuni dan mudah digunakan.

Yang Canggih:
+ Sangat mudah digunakan
+ Fitur lengkap
+ Kualitas gambar tajam dan jelas
+ Mendukung Google Home
+ Harga relatif murah
+ Didukung layanan komputasi awan untuk storage (opsional)

Yang Kurang:
– Slot microSD dan tombol reset sulit diakses
– Rancangan belum tahan cuaca
– Tidak dilengkapi dudukan magnet

EZVIZ C6N cocok untuk siapa saja yang mengincar kamera pengaman murah, fitur mumpuni dan mudah digunakan.
4.5
More Stories
P VK1Socle LR
AEDLE VK-1: Pesona Headphone Premium Asal Perancis