[Tips] Cara Seru Mempelajari Dinosaurus dengan Teknologi AR dari Google

Google menghadirkan katalog AR (Augmented Reality) terbaru yang kali ini menyediakan 10 spesies dinosaurus. Dengan bantuan teknologi AR, nantinya pengguna bisa seolah-olah menghidupkan dinosaurus di dunia nyata sekaligus menambah keasyikan bagi anak-anak yang ingin mempelajari berbagai hal terkait hewan purba tersebut.

Ada 10 spesies dinosaurus

svg%3E
source: Fonearena

Peluncuran katalog dinosaurus ini merupakan hasil kolaborasi Google dengan Universal Brand Development, Amblin Entertainment, dan Ludia. Semua spesies dinosaurus yang tersedia diadopsi dari film Jurassic World dan diimplementasikan lewat teknologi dari game Jurassic World Alive garapan Ludia. Total ada 10 spesies dinosaurus yang bisa Anda pilih, antara lain Tyrannosaurus Rex, Velociraptor, Triceratops, Spinosaurus, Stegosaurus, Brachiosaurus, Ankylosaurus, Dilophosaurus, Pteranodon, dan Parasaurolophus.

“Untuk membuat dinosaurus 3D, pertama-tama kami melakukan penelitian untuk menggali informasi tentang masing-masing makhluk tersebut. Tidak hanya melakukan penelitian dari berbagai literatur, kami juga bekerja dengan paleontologi dan tim Jurassic World untuk membuat aset seakurat dan serealistis mungkin,” kata Camilo Sanin, Lead on Character Creations di Ludia.

Berbeda dengan beberapa jenis hewan di Google AR sebelumnya seperti anjing atau harimau, Google menilai membuat model dinosaurus punya tantangan yang lebih berat karena ukurannya yang sangat besar. Namun berkat fitur skala otomatis baru di Android, Google dapat menghitung jarak antara ponsel dan ruangan sekitar lalu mengubah dinosaurus ke ukuran yang cocok dengan layar smartphone. Namun yang menarik, pengguna tetap diberikan opsi untuk melihat dinosaurus dalam ukuran yang sebenarnya.

Cara menampilkan dinosaurus dengan teknologi AR

Sama seperti rangkaian model hewan 3D yang sudah tersedia sebelumnya, dinosaurus bisa Anda tampilkan langsung dari smartphone Anda melalui fitur Google Search. Perlu digarisbawahi, fitur AR hanya bisa dinikmati oleh pengguna ponsel Android dengan OS Android 7 ke atas dan sudah didukung ARCore. Untuk iPhone, minimal sudah memakai iOS 11.

Kalau penasaran, yuk, ikuti langkah-langkah mudahnya:

  1. Buka Google Search di smartphone Anda.
  2. Ketik ‘Dinosaurus‘.
  3. Google akan menampilkan 10 pilihan dinosaurus yang tersedia serta beberapa informasi penting terkait spesies tersebut.
  4. Pilih ‘View in 3D‘ jika ingin melihat model dinosaurus dengan lebih detail.
  5. Pilih ‘View in your space‘ untuk menghadirkan dinosaurus ke kamar atau halaman rumah Anda melalui teknologi AR. Pastikan Anda mengarahkan smartphone ke permukaan yang datar.

Bagaimana? Mudah, ‘kan? Serunya lagi, Anda yang menggunakan smartphone Android bisa mendengar suara dinosaurus bahkan hingga langkah kakinya ketika ia berjalan.

Verified by MonsterInsights